Hyundai Exter, SUV Kompak Khusus Pasar India?

by  in  Berita & Hyundai & International
Hyundai Exter, SUV Kompak Khusus Pasar India?
0  komentar

AutonetMagz.com – Untuk segmen SUV kompak, sebenarnya Hyundai sudah meluncurkan Hyundai Casper pada pertengahan 2021 lalu. Namun, sepertinya itu masih dirasa terlalu mahal untuk pasar India. Mereka tampaknya membutuhkan lini produk dibawah Hyundai Venue untuk bersaing dengan Suzuki Ignis. Setelah gambar siluet pada teaser-nya keluar, baru-baru ini muncul sebuah foto Hyundai Exter tanpa penyamaran apapun yang difoto sedang diparkir di Seoul, Korea Selatan.

Courtesy : Instagram @seoul_car_spotting

Diposisikan Dibawah Hyundai Venue

Difoto oleh akun Instagram @seoul_car_spotting pada tanggal 3 Mei malam. Di ujung depan terdapat lampu LED berbentuk H untuk DRL atas, yang sepertinya akan menjadi ciri khas Hyundai nantinya. Lampu utama terletak lebih rendah dalam intake bumper besar, mirip dengan flagship Hyundai Grandeur/Azera. Greenhouse dan garis bodi samping Hyundai Exter memiliki kemiripan yang mencolok dengan Hyundai Venue, menampilkan pilar hitam, roof rail, spatbor mengotak, dan spion yang hampir identik.

Nama “Exter” menurut Hyundai mewakili tema petualangan luar ruangan, perjalanan, dan rekreasi. Hyundai Exter didasarkan pada platform K1, yang digunakan bersama dengan Hyundai Grand i10 Nios / Aura, Hyundai i10 di India, dan Hyundai Casper di Korea. Model ini, masih lebih pendek dari Venue (3.995 mm) dan diposisikan untuk bersaing di segmen micro SUV dengan rival seperti Suzuki Ignis, Tata Punch, dan Mahindra KUV100.

Courtesy : Instagram @seoul_car_spotting

Pilihan Mesin

Menurut laporan dari Gaadiwaadi, Hyundai Exter mungkin ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Yang pertama mesin bensin 1.2 liter naturally-aspirated yang menghasilkan 82 HP (83 PS) dan mesin bensin 1.0 liter turbocharged yang menghasilkan 99 HP (100 PS). Varian bermesin CNG kemungkinan juga akan dijual di masa mendatang. Tenaga akan disalurkan ke roda depan baik melalui transmisi manual maupun otomatis.

Exter akan memiliki beberapa kesamaan dengan Grand i10 Nios di bagian dalamnya. Varian teratas akan mendapatkan banyak airbag, sistem infotainment touch screen dengan Apple CarPlay dan Android Auto, auto climate control, kluster instrumen semi-digital, tombol audio di setir, dan sebagainya. Produksi Hyundai Exter dilaporkan akan dimulai pada paruh kedua tahun ini, dengan peluncuran pasarnya di India dijadwalkan untuk Agustus 2023.

Read Prev:
Read Next: