Hyundai Custin Dirilis di Vietnam, Indonesia Menyusul?

by  in  Berita & Hyundai & International
Hyundai Custin Dirilis di Vietnam, Indonesia Menyusul?
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan Hyundai Custo? salah satu MPV Hyundai yang diluncurkan di Tiongkok pada pertengahan 2021 lalu baru-baru ini juga dirilis di negara tetangga kita, Vietnam dengan nama Custin. Tersedia dalam 3 varian dengan 2 pilihan mesin yakni 1.5 dan 2.0 yang dua-duanya turbo. Mobil ini dibanderol dengan harga mulai 850 juta dong (Rp 535 jutaan) dampai 999 juta dong (Rp 629 jutaan).

Perbandingan Dengan Innova

Menurut Autopro, mobil ini akan bersaing dengan Toyota Innova disana. Hyundai Custin memiliki dimensi panjang 4.950 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.734 mm dan jarak sumbu roda 3.055 mm. Sebagai perbandingan, Toyota Innova (masih generasi reborn, karena pasar Vietnam belum menjual generasi Zenix) memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Toyota Innova sendiri disana dibanderol mulai 755 juta dong (Rp 472 jutaan) hingga 995 juta dong (Rp 627 jutaan).

Selain itu, di Toyota Vietnam juga tidak menjual Toyota Voxy secara resmi, dan Boxy MPV dengan pintu geser disana juga tidak tersedia secara resmi. Tidak seperti pasar Indonesia yang secara resmi tersedia Toyota Voxy dan Nissan Serena. Sehingga bisa dibilang mobil ini belum punya pesaing yang benar-benar mirip, kecuali Innova secara mesin dan dimensi (walaupun Custin lebih panjang). Hyundai Custin menggunakan mesin Smartstream 1.5T-GDI bertenaga 167 hp dengan torsi 253 Nm, versi lainnya ada Smartstream 2.0T-GDI bertenaga 232 hp dengan torsi 353 Nm. Kesemuanya dilengkapi transmisi otomatis 8-speed dan penggerak roda depan.

Peluang Masuk Indonesia

Sebagaimana yang kita ketahui, pangsa pasar 7-seater sangatlah besar di Indonesia. Hyundai sendiri baru punya Hyundai Stargazer, Santa Fe, Palisade, dan Staria untuk lini produk 7-seater di pasar Indoensia. Hyundai Staria sendiri dirasa terlalu besar bagi sebagian orang, sementara Hyundai Santa Fe dengan format SUV mungkin dirasa kabinnya tak selega MPV. Melihat kondisi tersebut, sepertinya Hyundai Custin cocok mengisi kelas tersebut.

Dengan banderol serupa dengan di Vietnam, mobil ini akan bersaing dengan Toyota Innova Zenix dan MPV Boxy seperti Nissan Serena dan Toyota Voxy. Selain itu, bila kita mengacu pada harganya di Vietnam, banderol mobil ini akan mirip dengan Hyundai Santa Fe yang dijual mulai Rp 575,2 – 736,8 juta. Anehnya, di Vietnam harga Santa Fe mulai 678 juta dong atau sekitar Rp 472 jutaan sampai 950 juta dong (Rp 598 jutaan) untuk varian hybrid premium (varian disana cukup banyak menurut ccarprice). Untuk mengisi kekosongan segmen antara Hyundai Stargazer dengan Staria kayaknya cocok nih, bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: