Honda WR-V Jepang : Beda Model Dengan Indonesia, Rakitan India

by  in  Berita & Honda & International
Honda WR-V Jepang : Beda Model Dengan Indonesia, Rakitan India
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada perbedaan yang cukup kentara jikalau kita memperhatikan line up Honda di Indonesia dan Jepang. Bisa dikatakan, model yang sama dan dijual di kedua negara ini kini makin minim. Dan disinilah makin terlihat diferensiasi kebutuhan antara 2 negara ini. Namun, ada juga fakta unik bahwa nama Honda WR-V kini menjadi salah satu dari sekian persen model yang dijual di kedua negara ini. Tapi, Honda WR-V yang dijual di Jepang dan di Indonesia ternyata berbeda. Apa bedanya? Yuk kita bahas.

Bukan Honda WR-V Versi Indonesia

Jadi, kalau kita bicara nama Honda WR-V di Indonesia, maka kita merujuk pada Honda BR-V versi SWB & 5 seater. Atau, ada yang mengasosiasikan Honda WR-V Indonesia adalah Honda Brio versi SUV. Sah-sah saja. Namun, Honda WR-V yang ada di Jepang bukanlah model yang sama dengan versi Indonesia. Honda WR-V versi Jepang adalah Honda Elevate yang dipasarkan di India. Dan faktanya, nantinya Honda WR-V Jepang statusnya adalah CBU Jepang. Hmmm, Honda nampaknya mulai terpengaruh Suzuki. Tapi, ini bukan kali pertama Honda Jepang melakukan impor produk mereka sendiri.

Sebelumnya, sudah ada Honda Odyssey yang kini statusnya rakitan China dan diekspor ke Jepang. Nah, kembali ke urusan Honda WR-V, dimana mobil ini tampil dengan bodysize yang sebenarnya mirip dengan Honda Vezel a.k.a Honda HR-V. Namun, Honda WR-V ditawarkan dengan harga yang ditengarai jauh lebih terjangkau. Kabar yang beredar, Honda WR-V akan dijual di bawah 2 juta Yen atau di bawah 200 jutaan. See, bahkan lebih murah ketimbang Honda WR-V di Indonesia, padahal mobil tersebut berstatus CBU di Jepang. Apakah artinya Honda kompromi dalam hal fitur? Sepertinya tidak.

CBU India Tapi Fitur Melimpah

Honda WR-V Jepang dijual dengan 3 tipe yaitu X, Z, dan Z+. Kesemuanya menggunakan mesin 1.500cc i-VTEC yang tentunya tak asing bagi kalian. Yang unik, fitur yang ditawarkan masih cukup menggiurkan, bahkan bagi kita di Indonesia. Honda WR-V Jepang dibekali Honda Sensing dengan 11 fitur. Mulai dari ACC, LKAS, CMBS, RDM, AHB, short distance collision mitgation brake, start prevention function, rear start prevention function, lead car notification, sign recognition hingga pedestrian braking. Belum selesai, Honda WR-V juga dibekali in car wifi, auto map update service, emergency support center, Honda ALSOK, dan Honda Remote Control App.

Komplit? Yes, dan itulah mengapa kami tetap kagum dengan bertapa lengkapnya fitur mobil di Jepang. Walaupun rakitan India. Nah, Honda WR-V Jepang sendiri statusnya masih pre release semata. Mobil ini kabarnya baru dijual di musim semi 2024 atau sekitar kuartal kedua tahun depan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: