Honda Siapkan Forza Baru, Kubikasi Lebih Besar!

by  in Berita&Honda&International
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ada yang ingat dengan nama Honda Forza? Yap, di Indonesia nama Honda Forza sebenarnya dipasarkan secara resmi, hanya saja banderolnya yang cukup tinggi membuatnya tak terlalu banyak di jalan. Nah, kali ini pihak Honda dikabarkan tengah mempersiapkan sebuah produk baru dalam keluarga Forza, dan kali ini diklaim akan menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Kabar ini beredar pasca pihak Honda menebar teaser berupa video beberapa waktu lalu. Dalam video tersebut, Honda tidak secara gamblang memperlihatkan bentuk dari sang maxi scooter. Hanya saja, ada beberapa tulisan yang membuat kami berspekulasi. Pertama, motor ini akan diperkenalkan pada tanggal 14 Oktober 2020 mendatang. Kedua, Honda menyebut nama motor ini ‘The All New Forza” dengan taglineThe Forza Family is Getting Bigger”. FYI, untuk saat ini Honda Forza dipasarkan dalam 4 variasi mesin. Yang terkecil menggunakan unit 125cc, diikuti unit 250cc seperti di Indonesia, serta unit 300cc. Bulan Juli lalu, Honda memperkenalkan varian 350cc sebagai versi update dari unit 300cc.

Kalau berpaku pada kalimat dalam video, maka Honda Forza terbaru akan menggunakan kubikasi mesin yang lebih besar, at least lebih besar dari 350cc. Dan segmen berikutnya yang masuk akal dihuni oleh Honda Forza adalah segmen dari Yamaha T-Max. Sebenarnya, Honda sudah memiliki maxi scooter dengan mesin diatas 500cc. Sebut saja Honda Integra 750 dan Honda X-ADV. Tetapi, eksistensi dari Honda Integra 750 kabarnya tidak akan dilanjutkan karena bertabrakan dengan regulasi emisi. Sedangkan Honda X-ADV memiliki segmen yang niche, yaitu scooter petualang. Kedua kondisi ini membuka jalan bagi Honda Forza untuk naik kelas ke segmen Big Scooter, setidaknya menggantikan peran dari Honda Integra (bukan mobil).

Kita tunggu saja apa kejutan dari Honda kali ini, toh tinggal 1 bulan lagi. Apakah produk ini juga akan masuk ke Indonesia kelak? Jika melihat manuver dari Astra Honda Motor (AHM), nampaknya ada peluang tersebut. AHM selama ini cukup berani memasukkan jajaran big bike dari Honda di pasar global, termasuk yang nichemarket seperti Honda NM4 Vultus dan Honda X-ADV. Masuknya Honda Forza berkubikasi lebih besar juga berpeluang untuk mengangkat nama ‘Forza’ di segmen 250cc. Karena kita tahu, di segmen tersebut Honda harus berhadapan dengan Yamaha X-Max 250. Dan Yamaha memiliki 1 keunggulan dibandingkan Honda, yaitu di sektor harga, karena Yamaha X-Max 250 statusnya dirakit lokal di Indonesia.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: