Honda Keukeuh Menjual Crosstour Meski Tergolong Gagal di Pasaran Amerika

Honda Keukeuh Menjual Crosstour Meski Tergolong Gagal di Pasaran Amerika
0  komentar
Honda-Crosstour

AutonetMagz.com – Masih terasa kekuatan Honda yang belakangan ini sangat jor-joran di kelas SUV dan CUV. Bukti pertama yang paling terasa adalah kemunculan Honda HR-V atau Vezel yang jadi fenomena di kelas crossover, lalu melakukan ubahan untuk CR-V facelift agar bisa bertahan melawan gempuran dari SUV sekelasnya, berikutnya ada big SUV Honda Pilot dan D-cab Honda Rodgeline yang juga dapat ubahan tahun ini. Sementara CR-V dan HR-V bisa kita rasakan dampaknya di Indonesia, Pilot dan Ridgeline tidak.

Tapi keseriusan Honda di kedua segmen kendaraan ini membuat salah satu kendaraan crossover-nya sendiri menjadi anak bawang. Perkenalkan, Honda Crosstour, mobil yang dibangun dari Accord dan diubah menjadi sebuah crossover dengan konsep wagon berdaya jelajah ala SUV. Mobil ini masih dijual sejak pertama kali muncul tahun 2009, tapi nampaknya tak ada yang peduli dengan mobil Honda yang satu ini.

Honda-Crosstour-belakang

Fakta berbicara, Crosstour amat sangat jauh tertinggal dibanding rival-rival sekelasnya. Subaru Outback misalnya, perbandingan penjualan Outback vs Crosstour adalah 10:1. Miris ya? Segmen yang dihuni Crosstour pun persaingannya makin sulit dengan munculnya Ford Edge dan Nissan Murano baru. Bahkan rival terdekatnya, Toyota Venza sudah mengaku kalah dan stop produksi karena tak tahan menghadapi serangan dari Edge, Outback dan Murano.

Saat pertama kali peluncurannya diumumkan di halaman Facebook Honda, banyak komentar yang mengatakan kalau mobil ini jauh dari kata bagus, alias tak enak dilihat. Berikutnya, dengan harga jual sekitar 30.000 dollar AS atau sekitar 395 juta rupiah, mobil ini tergolong kemahalan.

Wallpaper-Subaru-Outback-2015

Imbas dari desain yang aneh dan harga yang mahal langsung terasa pada gagalnya mobil ini mencapai target penjualan 30 ribu unit per tahun, bahkan tahun kemarin hanya terjual 12 ribu unit saja. Kembali ke perbandingan 10:1 antara Crosstour dengan Outback, jika Crosstour hanya mampu 12 ribu unit, berarti Outback jauh di depan dengan 120 ribu unit. Kontras sekali bukan?

Menurut carscoops, publik di Amerika terus meminta kepada Honda untuk melupakan Crosstour dan buat Accord Wagon yang normal-normal saja, yang tak seaneh Crosstour. Tak perlu ada versi Si (Sport Injected) pun tak apa-apa, asal bentuknya wajar dan tak aneh-aneh, publik negeri Paman Sam sepertinya bakal lebih mudah menerima Accord Wagon normal ketimbang Crosstour ini.

Honda-Crosstour-depan

Namun Honda Amerika belum menyerah. Crosstour masih dijual dan beredar rumor akan dibuat Crosstour model baru. Jujur saja, jika anda tanya pendapat kami, Crosstour bukan mobil yang enak untuk dipandang lama-lama dari segi bentuk mobil dibanding Accord Wagon generasi lawas yang masih proporsional.

Bagaimana dengan anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • always35

    Ternyata gak cuman saya aja yang ngerasa belakangan ini model mobil honda pada aneh2, nih mobil menurut saya juga malah gak enak dilihat …

  • mickey

    Daripada malu ngakuin mobilnya g laku
    Mending lanjoetttt terosss 😀

  • ap88

    honda di amrik itu lakunya cuma crv dan accord serta pilot

  • ari

    Wah saingannya ford mondeo..

  • rizki

    Venza yang lebih cakep dan proporsional aja nyerah, harusnya yang ini juga

  • aum

    Boleh juga nih kalo masuk Indonesia. Saya minat

  • agogo

    Mirip panamera ya, terutama buritannya…

  • Raynald

    Belakangnya baby porsche