Honda Jual 79 Ribu Mobil di 2020, Brio Laris Manis

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Honda Jual 79 Ribu Mobil di 2020, Brio Laris Manis
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu pihak GAIKINDO telah merilis data resmi dari capaian penjualan di tahun 2020 kemarin. Datanya memang tidak terlalu menggembirakan, namun setidaknya industri otomotif masih bisa bertahan. Nah, kali ini kami akan membahas lebih dalam mengenai capaian Honda di Indonesia tahun lalu. Penjualan pabrikan berlogo H asal Jepang ini anjlok cukup banyak, namun di satu sisi juga menorehkan rekor yang positif. Yuk kita bahas.

Turun 70 Ribu Unit, Brio Melesat

Jadi, sepanjang tahun 2020 lalu Honda berhasil membukukan 79.451 unit mobil . Angka itu turun cukup banyak dibandingkan capaian Honda di 2019 yang ada di angka 149.439 unit. Jadi, penurunannya mencapai 70 ribu unit. Walaupun begitu, Honda Prospect Motor (HPM) perlu bersyukur karena ada prestasi lain yang berhasil mereka torehkan. Entah kenapa, di tahun 2020 ini penjualan Honda Brio sangat moncer. Pandemi berhasil membuat Honda Brio menjadi primadona baru, bahkan mengalahkan lawan di segmen paling laris di Indonesia, yaitu LMPV. Honda Brio mendominasi penjualan Honda di Indonesia dengan angka 43.021 unit.

Dari angka tersebut, Honda Brio Satya mengumpulkan angka 31.713 unit, sedangkan Honda Brio RS di angka 11.308 unit. Gabungan keduanya menyumbang 54% dari total penjualan Honda di tahun 2020 silam. Selain Honda Brio series, Honda HR-V juga memberikan sumbangsih yang positif, utamanya di varian 1.500cc. Crossover Honda ini mampu menyumbangkan 11.936 unit atau sekitar 15% dari total penjualan. Sedangkan Honda Mobilio berada di posisi ketiga dengan penjualan sebanyak 6.889 unit. Posisi berikutnya diisi oleh Honda Jazz dengan 6.533 unit dan Honda CR-V dengan 5.759 unit.

Modal Baik Untuk 2021

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, “Penjualan Honda di tahun 2020 memang sejalan dengan kondisi pasar yang turun sebagai dampak dari pandemi dan kondisi ekonomi di Indonesia. Meskipun demikian, tren pertumbuhan penjualan positif di 7 bulan terakhir merupakan modal yang baik untuk memasuki tahun 2021. Di tahun ini, kami tetap akan fokus menjaga penetrasi di tengah kondisi pasar yang belum stabil, sambil tetap berupaya menghadirkan program penjualan yang meringankan konsumen untuk melakukan pembelian.”

Seperti yang kita ketahui, Honda memang banyak berkreasi dengan program – program penjualan selama pandemi ini. Langkah ini memang harus dilakukan, karena sepanjang 2020 Honda tidak memiliki produk baru. Salah satu program terbaru mereka adalah ‘Sehat Bersama Honda’ yang dilaksanakan hingga bulan Maret 2021 mendatang. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: