Honda HR-V Turbo Rilis di Jepang Bulan Desember, Indonesia?

by  in Berita&Honda&International
Honda HR-V Turbo Rilis di Jepang Bulan Desember, Indonesia?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelumnya kami sempat berpikir apakah penggunaan mesin turbo di sebuah Honda HR-V adalah sebuah hal yang diperlukan, karena bisa dikatakan bahwa pemain di segmennya rata- rata tak menggunakan skema mesin dengan induksi paksa, kecuali Chevy Trax. Namun nyatanya malah Honda HR-V Turbo rilis terlebih dahulu di pasar Eropa. Namun, faktanya sosok Honda HR-V Turbo sendiri belum dijual di sana, dan baru dipasarkan pada musim semi 2019 mendatang. Dan nampaknya pasar Jepang akan mendapatkan Honda HR-V Turbo terlebih dahulu.

Yap, sosok Honda HR-V yang dikenal dengan nama Honda Vezel di Jepang akan mendapatkan mesin Turbo dalam waktu dekat ini. Mengutip dari laman BestCarWeb Jepang, Honda HR-V Turbo disiapkan untuk diperkenalkan di Jepang pada bulan Desember 2018 mendatang. Tak jelas apakah Honda HR-V Turbo akan mengusung mesin 1.500cc VTEC Turbo seperti sang kakak, Honda Civic dan Honda CR-V di Indonesia, atau malah menggunakan mesin yang kubikasinya lebih kecil. Namun jika merujuk ke spesifikasi Honda HR-V Turbo di Eropa, besar peluangnya mesin 1.500cc Turbo-lah yang akan disematkan di Honda HR-V Turbo versi Jepang. Menarik? Tentunya, karena kita tahu bahwa mesin VTEC Turbo yang digunakan di SUV dan sedan Honda yang dijual di tanah air punya spesifikasi yang gahar di atas kertas.

Dan sosok Honda HR-V tentunya punya bobot dan dimensi yang lebih kecil dibandingkan Honda CR-V, yang akan membuat mesin turbo Honda ini akan makin asyik diajak bermanuver. Nah, selain mesin yang makin kentjang, pihak Honda kabarnya juga akan membuat ubahan pada suspensi dari Honda HR-V Turbo. Suspensi dari Honda HR-V Turbo ini akan dibuat lebih kaku sehingga menghadirkan handling yang lebih oke. Ubahan ini juga dilakukan untuk memberikan keseimbangan saat mobil ini melaju dengan kecepatan tinggi, walaupun kami merasa bahwa ubahan ini akan berdampak pada kualitas berkendara sehari – harinya. Nah, belum jelas pada tanggal berapa pihak Honda akan memperkenalkan sosok Honda HR-V Turbo ini, namun yang jelas, varian bermesin Turbo ini akan dijual dalam trim sporty yang merujuk pada trim RS.

Nah, sosok Honda HR-V Turbo sendiri akan menjadi senjata terakhir dari pihak Honda sebelum nantinya merilis generasi terbaru dari Honda HR-V di tahun 2020 mendatang. Lalu, bagaimana dengan sosok Honda HR-V di Indonesia? Apakah sosok Honda HR-V Turbo akan diperkenalkan juga di tanah air. Sejatinya, kami agak sangsi dengan kepastian apakah Honda HR-V Turbo akan dibawa ke Indonesia atau tidak. Mengapa? Karena harga dari Honda HR-V di Indonesia kini sudah tembus 400 juta, dan jikalau menggunakan mesin turbo, pasti akan semakin menanjak naik dan mendekati harga dari Honda CR-V Turbo. Artinya? Jelas hal semacam ini tak akan benyak menguntungkan pihak Honda. Apalagi pasar otomotif di Indonesia masih belum bisa disejajarkan dengan Jepang, dan sekali lagi, selain jadwal peluncuran generasi terbarunya sudah dekat, tak ada pemain di kelas CUV yang menggunakan mesin turbo selain Chevy Trax.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Apakah kalian mendukung sosok Honda HR-V Turbo juga dibawa ke Indonesia? Atau biarkan saja di Jepang dan Eropa. Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: