Honda dan LG Bekerjasama Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika Serikat

by  in  Berita & Honda & International
Honda dan LG Bekerjasama Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Amerika Serikat
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda Motor Co., Ltd dan LG Energy Solution menggelar acara seremoni peletakan batu pertama untuk menandai dimulainya pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Ohio, Amerika Serikat. Acara ini dihadiri oleh Toshihiro Mibe selaku President and CEO Honda Motor Co., Ltd.; Dong-Myung Kim selaku President and Head of the LG Energy Solution, Mike DeWine selaku Gubernur Ohio, Jon Husted selaku Letnan Gubernur serta pejabat masyarakat setempat.

Rampung Akhir 2024

Pabrik baterai tersebut memiliki luas 186.000 m2 dan mulai dibangun pada bulan Maret 2023. Sementara pembangunannya ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024. Pabrik ini akan menciptakan 2.200 pekerja dengan target kapasitas per tahun sebesar 40Gwh. Honda dan LG sebelumnya telah mengumumkan kerjasama pada kuartal ketiga tahun 2022 lalu dengan total investasi senilai $ 4,4 Miliar (Rp 67 triliunan).

Kedua belah pihak sebelumnya meresmikan kerjasama produksi baterai kendaraan listrik pada akhir Agustus 2022 lalu. Pabrik ini akan memproduksi jenis baterai pouch-type yang akan disuplai untuk pabrik perakitan kendaraan listrik Honda di kawasan Amerika Utara. Pabrik tersebut memiliki target produksi massal advanced lithium-ion battery cells pada akhir tahun 2025.

Sejalan dengaan Rencananya

Robert H selaku Leaders of Joint Venture Company mengatakan, ”Merupakan suatu kehormatan untuk mewakili dua perusahaan besar, Honda dan LG Energy Solution, keduanya memiliki sejarah kesuksesan yang panjang dan membanggakan.  Kami sangat antusias untuk memulai kemitraan ini dengan Honda, pemimpin dalam industri otomotif global dengan reputasi kualitas dan kehandalan. Kami yakin perusahaan ini akan menjadi pabrik baterai paling sukses di dunia.”

Sebagai tambahan, Honda juga telah menyampaikan rencana globalnya untuk meluncurkan hingga 30 mobil bertenaga listrik pada 2030 dengan volume produksi mencapai 2 juta unit setiap tahunnya. Selain itu, Honda juga berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua lini produk serta aktivitas yang dilakukan oleh perusahaannya pada 2050. Saat ini, mobil listrik Honda baru ada satu yaitu Honda e, namun ke depannya bertambah dengan kehadiran Acura ZDX, dan Honda Prologue

Read Prev:
Read Next: