Blasteran Jepang-Korea : Honda dan LG Kolaborasi Bikin Baterai!

by  in  Mobil Baru
Blasteran Jepang-Korea : Honda dan LG Kolaborasi Bikin Baterai!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kala pembahasan soal mobil listrik kian hangat, para produsen mobil akan berusaha tampil hebat. Kunci kesuksesan mobil listrik ada di bagian baterai, makanya banyak sekali produsen mobil bekerja sama dengan produsen elektronik, khususnya baterai. Sebut saja AESC dan Panasonic dari Jepang, CATL dan BYD dari China, lalu Samsung SDI dan LG dari Korea Selatan. Mereka kebanjiran banyak kerjasama dari produsen mobil.

Meski negara Jepang bisa dibilang sebagai pemimpin teknologi hybrid, tapi mobil Jepang bukanlah yang terdepan untuk mobil listrik murni. Maka dari itu, pentingnya memilih rekan yang tepat baik bagi produsen mobil maupun produsen baterai. Nah, Honda belum lama ini mengumumkan kolaborasinya dengan LG Energy Solution dalam rangka membangun pabrik untuk bikin baterai mobil listrik khusus untuk mobil Honda dan Acura.

Pabrik Honda dan LG Berbasis di Amerika

Honda dan LG sudah memiliki kesepakatan senilai USD 4,4 juta, dan pabrik baru untuk baterai mobil listriknya akan dibuat di Amerika Serikat. Perkiraan kapasitas target produksi per tahunnya mencapai 40GWh, dan baterai yang dibuat adalah baterai lithium-ion berjenis pouch. Nah, baterai ini tentu akan dipakai untuk mobil Honda dan Acura, tapi sementara untuk pasar lokal Amerika Utara dulu saja sebelum akhirnya skalanya diperluas.

Pabrik tersebut akan mulai dibangun pada awal tahun 2023 mendatang dengan target produksi massal sel baterai lithium-ion canggih pada akhir tahun 2025. Karena Honda sendiri punya rencana memperbanyak varian mobil berteknologi elektrifikasi dalam 10 tahun ke depan, kerjasama dengan LG bisa menolong mereka mencapai target tersebut. Saat ini, mobil listrik Honda hanya ada satu, yaitu Honda e, namun ke depannya akan tambah banyak dengan kehadiran Honda Prologue dan Acura ZDX.

Target 30 Mobil Listrik Honda di Tahun 2030

Youngsoo Kwon, CEO LG Energy Solution mengatakan, “Peresmian kerjasama dengan Honda selain dapat meningkatkan reputasi brand kami, hal ini juga dapat menjadi tonggak kerjasama jangka panjang kami untuk mendukung tren elektrifikasi yang berkembang secara pesat di kawasan Amerika Utara. Karena tujuan utama kami adalah untuk mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat pelanggan kami yang berharga, kami juga bercita-cita untuk memposisikan diri kami sebagai penyedia baterai terkemuka, dan kami bekerja dengan Honda dalam mencapai inisiatif untuk elektrifikasi, serta menyediakan solusi energi berkelanjutan untuk konsumen. ”

Toshihiro Mibe, President, CEO and Representative Director of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan “Honda terus berupaya untuk mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan juga aktivitas perusahaannya pada tahun 2050 sesuai dengan visi perusahaan kami. Selaras dengan komitmen kami ini, Honda berkomitmen untuk mewujudkan pengadaan baterai EV yang merupakan komponen penting untuk kendaraan EV. Inisiatif dengan LGES sebagai produsen baterai global terkemuka, akan menjadi bagian dari pendekatan Honda tersebut di wilayah Amerika Utara”. Honda sendiri mematok mereka harus punya 30 mobil listrik di tahun 2030. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: