Hadapi Kerasnya Pasar EV di Tiongkok, Honda Bikin Divisi Khusus EV!

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Hadapi Kerasnya Pasar EV di Tiongkok, Honda Bikin Divisi Khusus EV!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagaimana kita ketahui, pasar EV di Tiongkok sangatlah masif. Banyak EV-EV menarik dengan beragam keunggulan yang harganya dibawah pabrikan Jepang disana. Menanggapi hal itu, Honda membuat divisi khusus EV untuk pasar Tiongkok dengan nama “Ye”. Ye (烨) memiliki arti “bersinar” dalam bahasa Tiongkok, melambangkan emphasis pada “joy of driving and individuality”. Model-model ini nantinya akan menggunakan logo H khusus EV.

Akan Ada 6 Model!

Pada divisi Ye ini, Honda berencana akan merilis 6 model. Saat ini, honda baru memperkenalkan 3 model diantaranya crossover P7 dan S7 yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2024. Sementara GT Concept akan dijadwalkan tiba pada akhir 2025. Selain itu, tiga model EV Ye lainnya akan diperkenalkan pada tahun 2027. Model-model Ye ini nantinya akan dijual berdampingan dengan varian Honda e:N series yang sudah dijual sebelumnya.

Honda Ye P7 digambarkan sebagai mobil yang “sophisticated”, Sementara Honda Ye S7 lebih ke “emotional”. Kedua EV ini memiliki profil serupa dengan boasting black pillar, handle pintu flush, dan kamera untuk spion. Perbedaan terlihat pada desain depan dan belakangnya, dimana Ye P7 masih menampilkan Honda-esque appearance, sedangkan Ye S7 lebih ke Cadillac. Lalu, ada lagi Ye GT concept yang mengadopsi bahasa desain serupa, namun dengan siluet yang lebih sleek dan garis atap melandai. Grand tourer ini memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan Honda Civic.

Akan Hadir di Beijing Auto Show 2024

Seri Ye akan menggunakan arsitektur khusus EV yang dikembangkan di Tiongkok. Interiornya sendiri belum ada gambaran, namun Honda biasanya akan menjanjikan kabin yang lapang. Model-model ini juga akan dilengkapi AI-powered assistant, yang mengatur pencahayaan LED di sekitar dasbor dan panel pintu. Honda juga belum mengungkapkan spesifikasi teknis apa pun, tetapi telah dipastikan bahwa crossover tersebut akan tersedia dalam pilihan motor listrik tunggal dan ganda.

Ye P7, S7, dan GT Concept akan ditampilkan di Beijing Auto Show 2024 mendatang. Honda sendiri berencana akan memperkenalkan total 10 EV di Tiongkok pada tahun 2027, termasuk enam model dari Seri Ye. Kedepannya, Honda juga mendedikasikan akan menjadi brand khusus kendaraan listrik di Tiongkok pada tahun 2035 mendatang. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: