Honda Civic Hybrid & Civic Type R Rilis Tahun Depan

Honda Civic Hybrid & Civic Type R Rilis Tahun Depan
0  komentar

Autonetmagz.com – Honda Civic Hatchback generasi 11 resmi diluncurkan dihadapan publik. Kehebohan tidak berhenti sampai disitu, karena untuk model hatchback di generasi ini akan mendapatkan varian hybrid yang mungkin juga akan diaplikasikan pada Honda Civic Type R. Apabila itu terjadi, maka di generasi ini akan menjadi Honda Civic Type R yang merusak tradisi yang selalu melekat pada dirinya, yakni berpenggerak roda depan (FF). Kenapa begitu?Karena Honda Civic Type R generasi 11 digosipkan menjadi AWD, dan kalau ini terjadi, maka Honda Civic Type R generasi 11 akan menjadi yang pertama kalinya memakai AWD. Apakah sistem Hybrid untuk Honda Civic tahun depan sama dengan yang dipakai saudara-saudaranya? Mari kita simak.

Honda Civic Type R Menjadi Mesin Bensin Terakhir Untuk Honda Eropa

Mengutip laporan dari press release Honda, tahun 2022 akan menjadi debut Honda Civic Hybrid & Honda Civic Type R. Yang menjadi bahan ghibahan dari Honda Civic Type R ini selain penggerak AWD yang akan dipakainya adalah system hybrid yang digunakannya, yakni Plug-In Hybrid yang dikombinasikan dengan mesin turbo 2.000cc dengan tenaga 400 PS. Apabila ini benar, maka Civic Gen11 ini menjadi Civic Type R perdana yang selain memakai AWD, adalah yang pertama memakai mesin hybrid. Tenang saja, Type R tetap menjaga tradisi dengan memakai transmisi manual, namun dengan PHEV biasa? Sepertinya akan sulit direalisasikan. Kabar sedihnya untuk Honda Civic Type R ini adalah info bahwa ini adalah mobil terakhir bermesin bensin dari Honda di benua biru. Namun mengenai pengaplikasian AWD pada Honda Civic Type R masih simpang siur dan desas desus lainnya adalah kemungkinan akan tetap memakai mesin K20C1, 2.000cc turbo 4 silinder dengan tenaga 320 HP.

Sekilas Mirip E-Power Nissan

System hybrid Honda e:HEV ini mengkombinasikan mesin bensin 1.500cc siklus Atkinson dengan 2 motor baterai yang menghasilkan tenaga 108 HP untuk Honda Jazz & 129 HP untuk Honda HR-V. Yang dipakai pada Honda CR-V memiliki mesin lebih besar lagi, yakni mesin bensin 2.000cc, namun belum ada konfirmasi untuk unit yang akan dipakai untuk Honda Civic ini. Honda e:HEV ini memiliki konsep Multi Mode Drive (MMD) yang memungkinkan pengemudinya memiliki beberapa mode. Dimulai dari mode Hybrid, dimana mesin bensin berperan sebagai genset untuk menyuplai daya ke baterai dengan motor listrik berperan untuk menggerakkan roda, jadi keinget merk sebelah nih. Lanjut lagi mode EV Drive, dimana motor listrik bekerja sendirian untuk menggerakkan roda dan menyuplai tenaga baterai.

Ada 3 mode berkendara yang bisa dipakai dari MMD ini, yakni Sports, Normal, Econ & B Mode. B Mode ini sendiri berfungsi untuk pengaturan seberapa sigap atau santuy kinerja regenerative braking yang anda inginkan. Pengaturan regenerative braking dan engine brake bisa dieksekusi via Descelerator Selector di belakang stir kemudi. Bicara kiprah Honda i-MMD di ASEAN, Thailand adalah negara perdana yang memakai teknologi ini. Dimulai dari Honda City Sedan hingga akhirnya bisa diaplikasikan pada Honda City Hatchback, recently. Disusul oleh Malaysia yang menjadi negara kedua yang mengaplikasikan teknologi hybrid pada Honda City terbaru. Menarik untuk dimasukkan ke pasar Indonesia, sehingga selain semakin banyak pilihan mesin, kita juga memiliki basic foundation sebelum menuju elektrifikasi.

Apa pendapat kalian? Silahkan berkomentar, kawan.

Read Prev:
Read Next: