Honda Angkat Kaki dari F1, Mau Fokus Elektrifikasi!

by  in  Berita & Honda & International
Honda Angkat Kaki dari F1, Mau Fokus Elektrifikasi!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun suram bagi otomotif, walaupun nyatanya memang kini sudah berangsur membaik. Namun, anjloknya penjualan sejak awal tahun memberikan shock therapy pada beberapa Pabrikan, sehingga mereka meninjau ulang sejumlah kegiatan mereka yang menghabiskan biaya, termasuk di arena balap. Yap, F1 menjadi salah satu ajang yang prestisius, namun juga menghabiskan dana. Dan ini membuat Honda akhirnya menyerah dengan F1.

Patut kalian ketahui, Honda bukan satu – satunya pabrikan yang memutuskan untuk angkat kaki dari F1. Mercedes-Benz dan Renault juga memutuskan untuk meninggalkan ajang balap jet darat tersebut. Pertanyaannya, mengapa Honda memilih langkah ini? Dalam rilis resminya, Honda menyebutkan bahwa mereka sebagai produsen kendaraan bermotor akan lebih fokus terhadap pengembangan mesin ramah lingkungan dalam upaya mengurangi polusi karbon. Dengan keputusan tersebut, maka Honda Motor Co., Ltd. mengumumkan untuk mengakhiri keikutsertaannya dalam Kejuaraan Dunia FIA Formula One (F1) World Championship pada akhir musim 2021.

Sedikit flashback, pada tahun 2015 Honda kembali berkompetisi di F1 sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim. Honda memasok mesin untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri. Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih  tiga kemenangan di musim lalu serta dua kemenangan sejauh ini di musim 2020. Takahiro Hachigo sebagai Representative Director and CEO of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan, “Di ajang F1, Honda telah sukses mencapai tujuan kami untuk meraih kemenangan. Dan sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon

Ini akan menjadi tantangan yang berat dan sulit seperti berkompetisi di F1, dan juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda bersama masyarakat“, ujar beliau. FYI, Honda sendiri telah memutuskan untuk mengupayakan “realisasi pengimbangan karbon pada tahun 2050”. Dan tentunya pabrikan berlogo H tegak ini perlu merintisnya dari sekarang. Sebagai bagian dari langkah ini, pada bulan April 2020, Honda membuat penelitian baru yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy. Honda akan mengalokasikan manajemen energi & teknologi bahan bakar serta pengetahuan yang terkumpul dari aktivitas F1 sambil berfokus pada realisasi pengimbangan karbon di masa depan.

Jadi, apa pendapat kalian? Ada penggemar Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri disini?

Read Prev:
Read Next: