Honda Everus VE-1 : Mobil Listrik Produksi Massal Pertama, Khusus China

by  in Berita&Honda&International
Honda Everus VE-1 : Mobil Listrik Produksi Massal Pertama, Khusus China
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan sosok Honda Everus EV Concept yang muncul di China beberapa bulan lalu? Yap, mobil tersebut suka tidak suka memang merupakan sebuah Honda HR-V, yang diubah sedikit di fascia depannya dan menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Nah, kini sosok Honda Everus kembali muncul di publik, namun statusnya bukan lagi sebagai mobil konsep, melainkan sebuah mobil produksi massal. Inilah Honda Everus VE-1, sebuah mobil listrik murni produksi massal pertama dari Honda. Yuk kita kupas lebih jauh.   

Jadi, Honda Everus VE-1 sendiri diproduksi oleh rekanan alias JV dari Honda di China, yaitu Guangzhou Automobil Group. Jika diamat – amati secara bentuk, sosok Honda Everus VE-1 tak jauh berbeda dengan Honda Everus EV Concept yang sebelumnya kita kenal. Tak mengejutkan, karena sosok konsepnya saja sudah cukup mendekati versi produksi kala itu. Dibandingkan dengan Honda HR-V yang jelas – jelas menjadi basisnya, Honda Everus VE-1 terlihat memiliki perbedaan paling kentara di sisi depan. Walau masih menggunakan lampu yang 11-12 dengan Honda HR-V ataupun Honda Vezel, nyatanya wajah dari Honda Everus VE-1 harus melupakan cue design ala Solid Wing Face Honda. Mengapa? Karena di bagian grille mobil ini terdapat slot untuk mengisi daya, yang disamarkan dengan cantik oleh Honda.

Selain itu, bumper depannya juga cukup minimalis, tanpa lampu kabut, tanpa tarikan garis yang aneh – aneh, dan hanya ada LED DRL yang diposisikan secara vertikal. Oiya, posisi yang biasanya adalah radiator grille diberikan aksen warna hitam glossy, lumayan oke. Dari samping, selain penggunaan velg berwarna gelap, atap dan spion dilabur warna hitam, dan juga side skirt dengan foot step berkelir sama, tak ada ubahan yang terlalu berarti dibandingkan dengan sebuah Honda HR-V. Sisi belakang? Sama saja, tak ada ubahan yang terlalu berarti. Nah, berarti kita akan masuk ke bagian yang sangat membedakan Honda Everus VE-1 dengan sebuah Honda HR-V, yaitu mesin yang menggerakkannya. Honda Everus VE-1 menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaganya, dan faktanya cuma ada 1 motor listrik.

Jadi, bisa dikatakan juga setara dengan Honda HR-V yang Fwd. Untuk motor listriknya, pihak Honda menggodoknya supaya mampu menghasilkan tenaga maksimal 161 hp dan torsi maksimal 280 Nm, lebih dari cukup untuk sebuah CUV. Lalu, yang paling penting, bagaimana jarak tempuhnya? Dengan baterai Lithium ion 53,6 kWh, Honda Everus VE-1 mampun menempuh 340 km dalam sekali pengisian daya hingga habis, menurut NEDC. Berapa lama waktu pengisian dayanya? Sayang, belum dibocorkan. Yang jelas, Honda Everus VE-1 memiliki 3 mode berkendara, Normal, Sport, dan satu mode berkendara yang pastinya diperlukan, yaitu Battery Saver. Untuk harga, Honda Everus VE-1 dibanderil dengan harga 170,8 ribu Yuan, atau setara 357 jutaan Rupiah. Praktis, Honda Everus VE-1 lebih mahal 87 juta Rupiah dari sebuah Honda HR-V biasa disana.

Honda Everus VE-1 sendiri hanya akan dijual di China saja, sejauh ini. Belum ada info apakah pihak Honda akan memasarkan mobil ini di negeri lain, apalagi negeri kita. Tunggu saja, mungkin mereka punya kejutan. Nah, bagaimana menurut kalian, sob?

Read Prev:
Read Next: