Wah, Ternyata Mesin Honda Civic 2016 Lebih Kuat Dari Dugaan!

Wah, Ternyata Mesin Honda Civic 2016 Lebih Kuat Dari Dugaan!
0  komentar
honda civic 2016

AutonetMagz.com – Biasanya, untuk mengetahui berapa tenaga mesin yang dikeluarkan, kita menggunakan mesin dyno. Normalnya, karena kerugian mekanis saat mesin menyalurkan tenaga dan torsi ke roda, umumnya angka tenaga dan torsi yang diukur dengan cara dyno on wheel akan sedikit di bawah angka dyno on engine atau angka spesifikasi di penjelasan tentang mobil. Tenang, hal ini wajar kok, bukan bagian dari sunatan yang biasa dilakukan ATPM.

Tapi Honda Civic 2016 yang bermesin 1.500 cc VTEC Turbo ini malah kebalikannya. Menurut kertas spesifikasi resmi yang sudah dicap Honda, mesin ini mampu menghasilkan 174 hp dan 220 Nm. Angka yang fantastis meski masih di bawah Ford Focus Ecoboost, tapi apa iya? Oleh karena itu, tim Hondata menjajal sebuah Civic EX 2016 baru untuk disuruh berlari di atas treadmill mobil, alias di-dyno. Apa hasil yang didapat?

mesin honda civic

Ternyata setelah diukur di mesin dyno, tenaga yang didapat adalah 177 hp dan 258 Nm, alias lebih besar 3 hp dan 38 Nm dari yang dijanjikan Honda. Hal ini jarang terjadi, dan tentu saja kami terpukau, tapi hanya sesaat. Kami memang tidak bisa mengetahui apa penyebabnya, tapi saat kami ingat bahwa tidak semua mesin dyno punya kalibrasi yang sama, kami bisa mengandaikan hal ini sebagai salah satu faktor penghasil angka tersebut.

Selain itu, Honda mendapat angka 174 hp dan 220 Nm dari pengetesan dyno on engine, tanpa transmisi CVT, sementara pada video Hondata, dyno diukur dari wheel hub roda depan. Dengan kata lain, metode pengukuran Honda dan Hondata tidaklah sama. Memang, hal seperti ini tinggal “mau percaya mau tidak” karena memang bukan kita yang mencobanya. Tidak hanya dyno saja, Civic baru ini juga diadu dengan Civic Si sedan lawas.

honda-civic-2016-white-rear

Di video di akhir artikel, terlihat akselerasi 0-100 km/jam (0-62 mph) Civic baru ini jika dihitung sendiri ada di sekitar 9 detikan. Cukup cepat bukan? Makanya kami tidak sabar menanti sedan ini hadir di sini, karena kami penasaran, bisakah ia mengembalikan kejayaan Civic seperti dulu kala. Kamu juga penasaran? Simak video ini dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: