Honda akan Memulai Layanan Kendaraan Otonom di Jepang

by  in Berita&Hi-Tech&Honda
Honda akan Memulai Layanan Kendaraan Otonom di Jepang
0  komentar

Autonetmagz.com – Pada tanggal 8 September 2021 kemarin, Honda mengumumkan bahwa Honda akan memulai program pengujian untuk kendaraan otonom pada September 2021. Langkah ini diambil untuk menuju bisnis layanan mobilitas kendaraan otonomdi Jepang, yang rencananya akan diluncurkan oleh Honda. Dalam program ini, Honda berkolaborasi dengan Cruise dan General Motors. Honda dan Cruise akan bersama-sama mengerjakan program pengujian dan juga akan dilakukan di lokasi uji operasi baru yang akan didirikan di dalam fasilitas Honda di Prefektur Tochigi

Masih dalam Tahap Pengujian

Program pengujian teknologi layanan mobilitas kendaraan otonom ini akan dilakukan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pengujian secara menyeluruh. Area tersebut akan dibuatkan peta dengan high-definition menggunakan kendaraan khusus untuk pemetaan. Setelah peta tersebut siap, kendaraan otonom Cruise AV dapat mulai dikendarai di jalan umum pada tahun 2022 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dan menguji kendaraan otonom yang disesuaikan dengan lingkungan lalu lintas serta undang-undang dan peraturan terkait di Jepang.

Dikutip dari Japantimes, GM akan bekerja dengan Microsoft untuk mempercepat inisiatif digitalisasi pembuat mobil, termasuk artificialintelligence, dan mengeksplorasi peluang untuk merampingkan operasi di seluruh supply chain digital dan menghadirkan layanan mobilitas baru, termasuk robotaxis dan pengiriman jarak jauh. Honda dan GM telah memperdalam kemitraan mereka. Keduanya telah bersama-sama mengembangkan mobil listrik sambil berusaha untuk berbagi platform kendaraan dan bekerja sama dalam penelitian dan pengembangan yang berpusatdi Amerika Utara.

Bisnis Mobil Otonom di Masa Depan

Di masa yang akan datang, Honda bertujuan untuk meluncurkan bisnis kendaraan otonom (MaaS) di Jepang menggunakan Cruise Origin, kendaraan yang dikembangkan bersama oleh Honda, Cruise dan General Motors, khusus untuk bisnis layanan mobilitas kendaraan otonom. Honda Mobility Solutions Co., Ltd., anak perusahaan Honda untuk bisnis MaaS, akan menjadi operator bisnis tersebut di Jepang. kedepannya, Honda akan berusaha untuk menciptakan makna baru untuk mobilitas dan kehidupan sehari-hari masyarakat dengan menawarkan kepada pelanggannya dalam mengembangkan potensi hidup mereka melalui bisnis kendaraan otonom.

Di Jepang sendiri, sudah ada eksperimen untuk menggunakan bus tanpa pengemudi secara praktis, termasuk salah satunya oleh East Japan Railway Co. Produsen mobil lainnya, seperti Volkswagen dan Toyota Motor Corp., telah menggunakan Azure untuk operasional dan layanan selain self driving. “Melalui kolaborasi aktif dengan mitra yang memiliki minat dan aspirasi yang sama, Honda akan terus mempercepat realisasi bisnis kendaraan otonom MaaS kami di Jepang,” kata Presiden Honda Takahiro Hachigo dalam Japantimes, mengacu pada layanan mobilitas otonom tersebut. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: