Hasil Tes Tabrak Honda Mobilio : Antara 0 Bintang dan 3 Bintang

0  komentar

AutonetMagz.com – Di antara semua MPV murah non-LCGC yang dijual di Indonesia, baru 2 mobil yang sudah menjalani tes tabrak dari lembaga yang berwenang. Dua mobil itu adalah Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga, keduanya dites oleh Asean NCAP dan mendapatkan 4 bintang, alias cukup baik. Chevrolet Spin? Boro-boro, hasil tesnya belum ada, mobilnya pun keburu stop produksi di sini karena kalah bersaing secara angka penjualan.

Karena Daihatsu Xenia bisa dianggap sama dengan Toyota Avanza, berarti tinggal satu mobil yang belum dites, yakni Honda Mobilio. Kebetulan, Global NCAP sudah melakukan tes tabrak terhadap Honda Mobilio dan hasilnya sudah keluar. Ada 2 tipe yang dites, tipe basic yang tidak pakai airbag dan tipe lengkap yang sudah dipasang 2 airbag depan. Lalu, bagaimana hasilnya?

hasil-tes-tabrak-honda-mobilio

Siap-siap tahan napas anda, karena tes tabrak Honda Mobilio yang dilakukan Global NCAP menghasilkan rating 0 bintang dan 3 bintang. Hasil 0 bintang berlaku untuk Honda Mobilio yang tanpa airbag, sementara yang 3 bintang berlaku untuk yang pakai 2 airbag. Mengingat Honda Mobilio di sini dijual dengan 2 airbag, jadi bisa mengacu ke hasil yang 3 bintang saja jika anda berandai-andai seberapa baik perlindungan Low MPV Honda ini.

hasil-tes-tabrak-honda-mobilio-global-ncap

Hasil 0 bintang bagi Honda Mobilio sebenarnya agak memalukan, karena hasil separah itu biasanya hanya milik mobil-mobil murah macam Datsun GO tanpa airbag, KIA Morning dan Hyundai EON. Lalu, apakah ini berarti tingkat keselamatan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga lebih baik daripada Honda Mobilio? Jawabannya : Belum tentu.

Ingat, Honda Mobilio dites oleh Global NCAP, sementara Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga dites oleh Asean NCAP. Hasilnya tidak bisa dipukul rata karena ada beda standar antara Global NCAP dan Asean NCAP. Biar sama-sama adil, Global NCAP harus menguji Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga dulu, baru setelah itu bisa dibandingkan.

honda br-v crash test

Selain itu, Honda BR-V yang aslinya hanya Honda Mobilio yang di-crossover-in bisa meraih 5 bintang (4 bintang jika tanpa VSA) di Asean NCAP. Nah, 5 bintang di Asean NCAP belum tentu 5 bintang juga di Global NCAP, harus diuji ulang, bisa saja hasilnya sama-sama 3 bintang juga kan? Apa opinimu mengenai hasil tes tabrak Honda Mobilio ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: