Honda Civic Hatchback RS 2020 Meluncur, Harga 499 Juta Rupiah

by  in  Berita & Honda & Mobil Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun lalu, PT. Honda Prospect Motor (HPM) sebagai tangan yang mengurus merek Honda di Indonesia sudah resmi merilis Honda Civic Turbo sedan facelift, maka seharusnya yang hatchback ikut menyusul. Benar saja, tanggal 6 Februari 2020 Honda resmi meluncurkan Honda Civic Turbo Hatchback facelift dengan harga OTR Jakarta 499 juta Rupiah. Dibandingkan versi sebelumnya, ada beberapa catatan untuk versi baru ini.

Jika sebelumnya Honda menyodorkan Honda Civic Hatchback dengan 2 tipe, yakni S dan E, sekarang hanya ada 1 tipe saja, yakni Civic RS. Perubahan pada bagian depannya minim, namun sama dengan versi global. Ventilasi palsu pada bumper depan kini ditutup dengan panel plastik solid plus aksen sirip sewarna bodi. Pada gril depan, ada emblem RS dan semua lampu depan sudah full LED, bahkan hingga lampu kabut.

Pelek Honda Civic Hatchback RS desainnya masih mirip Civic Hatchback E sebelumnya, namun warnanya lebih gelap. Side skirt dan lis jendela pada mobil ini kini diberi warna hitam supaya nuansa sport-nya lebih dapat, dan memang lebih cocok daripada lis chrome sebelumnya di bagian jendela. Pada bagian belakang, sayang sekali lampu remnya masih bohlam biasa, padahal lampu senja/malamnya sudah LED.

Namun kami suka ubahan knalpotnya. Tidak seperti versi sebelumnya yang knalpotnya ngumpet malu-malu, kini Honda Civic Hatchback RS punya knalpot ganda yang terpasang di tengah, sangat berkesan sport. Kamera parkir sudah tersedia, tapi sayangnya tidak ada sensor parkir. Fitur lain seperti remote engine start yang satu-satunya di kelasnya juga masih terpasang di versi facelift ini.

Ubahan pada bagian dalam bisa dibilang amat-sangat minim. Fitur-fitur baru yang pantas disebut hanya sebatas auto dimming mirror dan head unit baru dengan koneksi smartphone Android dan iOS. Sisanya hanya hiasan, yakni pedal yang lebih sporty dan jahit-jahitan merah pada setir, persneling dan jok depan-belakang mobil ini.

Mesin Honda Civic Turbo hatchback RS ini masih mengandalkan teknologi sebelumnya, yakni mesin 1.500 cc 4 silinder VTEC turbo bertenaga 173 PS dan torsi 220 Nm, lebih besar daripada kontestan lain dari Mazda dan Toyota. Transmisi juga masih CVT dan penggerak roda depan. Bagaimana menurutmu, apakah mobil ini masih oke untuk tahun 2020 dan setelahnya? Sampaikan di kolom komentar!

Buat yang ingin tahu lebih jelas, tonton video first impression review New Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020 di bagian atas artikel ini.

Read Prev:
Read Next: