Menggeser Ford, Renault Jadi Mobil Terlaris Kedua di Eropa

by  in International&Renault&VW
Menggeser Ford, Renault Jadi Mobil Terlaris Kedua di Eropa
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada periode tahun 2015 hingga sekarang, Renault mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan otomotif atas line up terbarunya. Model yang didesain dengan cantik dan fitur yang tepat guna serta tampil baru di semua lini membuat brand ini berhasil mengukuhkan pertumbuhan penjualan hingga 14.2% di kuartal pertama tahun ini dibandingkan tahun 2015.

Hal ini berbanding terbalik dengan Ford yang kalah saing dengan Renault, hanya membukukan pertumbuhan 4.8% saja. Perkembangan ini sedikit terobati dengan Ford meluncurkan Edge facelift dibantu dengan EcoSport dengan perolehan 527,502 unit di kuartal pertama. Meski begitu Ford belum bisa menahan laju Renault sebanyak 561,238 unit, jumlah ini belum ditambahkan Dacia yang diset sebagai merek murah Renault.

renault clio rs 220

Sementara Ford sedang mempersiapkan Fiesta untuk tahun 2017 sehingga praktis tahun ini Ford tidak berkutik membungkam laju Renault. Apalagi di awal tahun sudah dibuka dengan Renault Megane generasi keempat dan Renault Clio facelift yang mencetak jumlah penjualan terbanyak Renault. Lalu bagaimana dengan peringkat pertama penjualan di Eropa? Posisinya kini justru dipegang oleh Volkswagen.

Yup Volkswagen memang masih nyaman di peringkat pertama dengan menjual 850,000 unit mobil di Eropa. Meski begitu seperti yang diutarakan media Autocar, pertumbuhan penjualan brand Jerman ini hanya mencapai 0,1% bila dikomparasikan dengan penjualan di tahun sebelumnya. Menariknnya Volkswagen masih mengukuhkan sebagai merk dengan penjualan terbaik di Eropa meski tidak semua mobil yang terkena dampak Dieselgate di Amerika diperbaiki semuanya. Ditambah lagi region Eropa tidak mendapatkan insentif recall seperti yang dilakukan di Amerika.

VW-e-Golf-grille

Hal ini membuktikan bahwa beberapa konsumen, bahkan di Eropa sendiri tidak terlalu mempersoalkan  emisi mobil. Sementara ini yang cukup perhatian akan emisi sendiri adalah Uni Eropa dan beberapa lembaga hukum di negara-negara Eropa. Meski begitu perihal soal emisi, Wolkswagen bukan berarti tidak perhatian, mereka akan segera merilis beberapa produk dengan penggerak rotor listrik. Sepertinya masih sangat-sangat panjang bagi Renault untuk mengejar penjualan Volkswagen.

Read Prev:
Read Next: