Gugatan Ditolak, CEO Jaguar Land Rover Kecewa dengan Penjiplak Model Evoque di China

Gugatan Ditolak, CEO Jaguar Land Rover Kecewa dengan Penjiplak Model Evoque di China
0  komentar
Range-Rover-Evoque

AutonetMagz.com – “Capek juga adu urat dengan produsen China,” mungkin kira-kira begitulah yang sedang dipikirkan Ralf Spelth, CEO Jaguar Land Rover. Dia sedang kecewa berat atas praktek plagiat merek China, Jiangling Landwind X7 yang menjiplak habis model Range Rover Evoque. Menurutnya, negeri sebesar China harusnya sudah bisa mendesain mobil sendiri, tidak usah meniru-niru segala.

Saat Jiangling meluncurkan Landwind X7 di Guangzhou Motor Show 2014 lalu, Ralf Spelth memberikan konfirmasi ke Autocar UK kalau ia akan melayangkan komplain ke pihak berwenang di China karena sudah mengalami pencurian properti atau hak kekayaan intelektual. Lalu bagaimana hasilnya?

jiangling-landwind-x7

Bisa ditebak, pihak berwenang China tidak menggubris gugatan dari CEO Jaguar Land Rover dan melindungi Jiangling, bahkan Jiangling diizinkan memproduksi Landwind X7 pada awal tahun ini. Memang, pemerintahan China begitu memanjakan industri lokal dan tak jarang membuat merek lain gerah dengan hobi menjiplaknya.

“China, menurut pandangan saya sudah punya cukup kreativitas dan kemampuan engineering untuk membuat sesuatu sendiri dan tidak usah terus-terusan menjiplak model-model lain,” ujar Speth saat ditemui dalam sebuah acara di Mumbai, India. Tambahnya lagi, tak ada hal yang bisa menolong merek-merek mobil yang desainnya dijiplak oleh produsen China.

range-rover-evoque-5-door

Speth juga berkata kalau di China tidak ada aturan hukum yang melawan aksi plagiat yang bisa membuat produsen China jera. “Kita tak bisa melakukan apa-apa. Saya harap konsumen China akan mengerti bahwa pada akhirnya ada perbedaan jelas antara produk asli dan produk bajakan. Kami harap mereka segera menyusun regulasi yang bisa mengakhiri kebiasaan plagiat ini,” katanya.

landwind-x7-china

Selain itu, sudah jadi rahasia umum kalau mobil China harganya bisa jauh lebih murah dari mobil yang dibajaknya. Kalau Range Rover Evoque di India harganya sekitar 824 jutaan, maka Jiangling Landwind X7 hanya dibanderol 288 jutaan saja. Hanya sepertiga dari harga Evoque asli, dan itu jelas bisa mengganggu penjualan Evoque.

Jika anda tanya pendapat kami, ya kesal juga. Sudah capek-capek mendesain mobil cakep, malah dijiplak, lalu pas ditegur atau diperingatkan malah ngelawan, pusing pala berbi. Bagaimana menurut anda? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Jose FR

    Saya tau alasannya, karena dia bikin untuk rakyatnya sendiri dan dia tidak menomor satukan produk luar negeri tpi produk dalam negeri jadi dia membuat atu meniru model mobil lain

    • Muhammad Hafizh Tusanda

      bener bgt

  • Jose FR

    Dia bikin begini karena dia mau rakyatnya itu menggunakan produk dalam negeri sendiri kaya contohnya baju polo disono yang di impor harganya 1 juta tpi hasil buatan produk sendiri cuma sekitar ratusan ribu saja

    • siapa ya

      Ya buat rakyatnya sih gapapa tapi masak harus jiplak gitu kan kasihan produk yang di jiplak. Indonesia aja bisa buat mobil sendiri tanpa menjiplak apapun kecuali mesin dan asesoris mungkin. Tapi si cina udah kebangetan dulu aja udah jiplak picanto sekarang range rover evo dengan harga yang murah kan gila.

      • ap88

        memang jauh bagusan anak bangsa kita(indonesia), daripada china dalam menciptakan mobil tapi sayangnya pemerintah kita cuek dan malah bikin kebijakan “mobil murah” yg makin mahal

        • siapa ya

          Yup betul sekali. Sayangnya pemerintah indonesia gak mendukung produknya. Kalau prmerintah indonesia mendukung kan nama indonesia bisa dibawa kemana mana mengalahkan produk cina.

          • Jose FR

            Anak pintar aja di ambil orang luar malahan orang dalam negeri sendiri yang pintar tidak di perhatikan

          • ap88

            lihat aja tuh contohnya selo desainnya keren gila,sporty abis bisa diadu ama desain mclaren

      • Jose FR

        Mereka menjiplak ga kebangetan kok masih beda kalo mobil rajawali kita sih masih aga ikut honda

        • siapa ya

          Eiiiiitttt ga kebangetan? Gila itu usah mirip banget sama evoque dari desainnya dan lain lain dan kayaknya tu mobil cuma ganti bumper, lampu, sama emblem doang yang lain sama persis bro harganya murah banget lagi kan keterlaluan. Kalo rajawali indo kan masih ada usahanya gk kaya si mobil cina itu cuma ganti bumper lagi pula rajawali indo gk mirip honda kok meskipun punya indo sfetinya masih gitu deh…
          l

          • Jose FR

            Kita sih mobil rakyat sudah bisa bikin mobil cuman. Mereka harus di biayain sama pemerintah agar lebih bagus, iya juga sih bro mobipnya memang sama dengan evoque kwkwkwkkwkw

  • er satria

    klo masuk indo belum tentu ad yg beli kali ya?

  • siapa ya

    Gila si china ini sukanya jiplak besar besaran mirip banget pula. Tapi kalo masuk indonesia lumayan hehe kan murah jadi nisa kayak beli range rover gitu tinggal ganti emblem hehe.

    • siapa ya

      Sory bisa*

  • agung ardy

    Sekarang evoque ada versi kw nya hehehehehe….

  • subaru

    Feeling gw 10 tahun ke depan industri otomotif cina udah bisa mulai ngejar korean car… Jepang juga mengawali dari menjiplak american car sampai bisa bikin aliran sendiri.. Korean car dari super rewel sampe bisa jadi seperti sekarang..

  • Rafi M. P.

    Kalo mencegah mereka menjiplak susah banget bro, soalnya “menjiplak” itu tradisi budaya China itu sendiri dan menjiplak itu merupakan seni tersendiri bagi mereka. That was culture shocks

  • Ada yang pernah nonton top gear china? everything fake, sampe starbucks pun fake…. wkwkwk

    • fake country bang ckckck

    • Abe

      ngakak liat jeremy clarkson nenteng tas isinya produk fake semua..
      pas ending makin parah music ending nya jadi musik china.. wkwkwk

    • Abe

      ngakak liat jeremy clarkson nenteng tas isinya produk fake semua..
      pas ending makin parah music ending nya jadi musik china.. wkwkwk

  • ANdri Ahmad

    cinta lagi..cinta lagi… untung muka manusia bukan buatan cinta, kalo iya uda mirip semua hahahahha

    • rey

      berarti ridwan hanif sama ryan D’masiv buatan cina ya? mirip hahaha

  • ojon

    99% di bumi di buat tuhan ya 1% nya made in china. Seenggak nya pemerintah china melindungi industri negara nya sendiri. Klo gk mau di buat kw ya land rover harus joint partner sm otomotif lokal china, spt vw, gm dll.

  • alfian

    memang sampah pemerintah China kalau soal menanggapi plagiat produsen negaranya.. bo huat..

  • agismaniax

    biar gak sakit hati dan pusing pala berbi, mending land rover jangan jualan di cina

  • Muhammad Hafizh Tusanda

    dasar china,negara maju masih aja ngecopas