Harga Daihatsu Copen Mulai 416 Juta dan Bisa Dipesan Sekarang, Tertarik?

by  in Daihatsu&Mobil Baru&Nasional
Harga Daihatsu Copen Mulai 416 Juta dan Bisa Dipesan Sekarang, Tertarik?
0  komentar

2014 New Daihatsu CopenJakarta, AutonetMagz – Akhirnya Daihasu Copen dijual juga oleh Astra Daihatsu Motor Indonesia setelah sekian lama hanya menjadi pajangan di IIMS 2013 dan 2014 silam. Tapi karena situasi ekonomi dan nilai tukar Dollar terhadap Rupiah yang tidak begitu baik, Daihatsu terpaksa menjual mobil ini tanpa selebrasi.

Awalnya kami cukup excited dengan Daihatsu Copen karena menurut desas-desus dari internal Daihatsu, mobil ini akan dibanderol dengan harga berkisar 300 hingga 350 juta Rupiah. Namun ternyata Daihatsu justru menjual mobil ini dengan harga yang cukup mahal di angka 416 juta Rupiah untuk varian manual, dan 431 juta Rupiah untuk varian CVT.

Daihatsu Copen 2nd second generation production model 2014Di Jepang, mobil ini masuk ke dalam kategori Kei Car, yaitu mobil kecil yang harus memenuhi kriteria tertentu agar mendapatkan pengurangan pajak di Jepang. Karena pengurangan pajak tersebut, harga mobil ini dibanderol sangat terjangkau di angka 1.7 juta Yen hingga 2 juta Yen untuk varian tertingginya yang sudah menggunakan transmisi CVT. Harga terdekat dari mobil ini ada pada Daihatsu Be-Go atau yang dikenal dengan nama Terios di Jepang yang dibanderol dengan harga 2.2 juta Yen. Dengan banderol harga yang mungkin mirip dengan Terios jika tidak masuk ke dalam kategori Kei Car, jika ditambah bea impor dan kawan-kawan, seharusnya mobil ini tidak sampai menyentuh 400 juta menurut pendapat kami.

Oke, tidak perlu membahas harga lebih lanjut karena memang harganya tidak menarik bagi kantong saya, jadi lanjut saja kita bahas tentang kelebihan yang dimiliki mobil ini. Pertama, mobil ini memiliki desain yang cantik, imut dan sangat memikat siapa saja yang melihatnya, pernah liat di IIMS tahun lalu? Ya, mobil ini sempat mencuri perhatian pengunjung disana pada waktu itu, apalagi atap convertiblenya sangat menggemaskan.

Harga Daihatsu Copen IndonesiaKedua, karena mobil ini di impor langsung dari Jepang, maka tidak heran jika Daihatsu memberikan spesifikasi yang sama dengan varian yang ada di Jepang. Fitur-fiturnya juga sangat mutakhir untuk sebuah Daihatsu, dan Daihatsu Copen merupakan Daihatsu pertama di Indonesia yang mengadopsi teknologi keyless entry dengan push start stop engine button, automatic air conditioner, heated seat dan tentu saja immobilizer.

Ketiga, Daihatsu Copen juga memiliki keunikan lain pada bodinya, mobil ini memiliki bodi yang terdiri dari 13 buah panel resin yang bisa dilepas dan dipasang seperti halnya sebuah casing telepon genggam, sehingga pemiliknya bisa mengganti motif dan cat mobil dengan mengganti 13 buah panel bodi mobil ini. Namun kami tidak melihat bahwa Daihatsu Indonesia akan menawarkan opsi panel-panel bodi dengan warna tau motif lain pada mobil ini.

replaceable body panels Daihatsu Copen 2014Soal spesifikasi mesin, Daihatsu Copen menggunakan mesin 660 cc dengan turbocharged yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 64 Ps dan torsi 92 Nm, lumayan untuk sebuah mesin ukuran 600 cc, karena output tenaganya hampir mirip dengan Datsun GO Panca yang mengeluarkan tenaga 68 PS dengan kapasitas mesin yang hampir 2 kali lipatnya. Namun kami agak ragu jika mobil ini bisa berakselerasi lebih baik dari LCGC Datsun, karena meskipun kecil, mobil ini memiliki bobot cukup berat di 850 dan 870 kilogram, sedangkan Datsun GO Panca hanya 785 Kilogram saja.

Lihat Juga Review Datsun GO Panca

Sebenarnya kami lebih senang dengan Daihatsu Copen generasi pertama di tahun 2002 karena mereka menawarkan dua buah pilihan mesin, mesin pertama ialah mesin Kei Car 660 cc turbocharged bertenaga 64 Ps dan torsi 110 Nm, mesin kedua tidak lain adalah mesin K3-VE 1.300 cc yang digunakan oleh Daihatsu Sirion saat ini. Dengan tenaga mesin 85 PS dan torsi 120 Nm. Daihatsu Copen 1.3 non turbo dapat melesat dari 0 ke 100 di rentang angka 10 detik-an karena bobotnya lebih ringan di angka 830 kilogram saja (varian 660 cc hanya 810 kilogram).

Interior dashboard Daihatsu Copen 2015Jika ingin menyasar pasar luar Jepang seperti Copen Generasi pertama, seharusnya Daihatsu tetap menyediakan mesin 1.300 cc dan diberikan turbo agar terlihat inovasi di generasi terbaru, Daihatsu cukup aneh menurut kami, mereka membuat Copen generasi kedua dengan mesin yang sama dan tenaga mesin yang sama, namun torsinya menurun dan bobotnya bertambah, duh!

Soal hemat bahan bakar, tentu saja mobil ini sangat hemat bahan bakar. CC-nya kecil, dibekali turbo dan memiliki transmisi CVT. Daihatsu Jepang menclaim konsumsi bahan bakar mobil ini bisa mencapai 22 hingga 25 kilometer perliter seperti halnya sebuah LCGC masa kini.

Daihatsu Copen Indonesia di IIMS 2014Oke, mungkin memang Daihatsu tidak bisa menawarkan performa mesin tinggi seperti halnya sebuah sportscar, tetapi Daihatsu menjamin bahwa mobil ini memiliki keasyikan mengemudi kelas wahid. Daihatsu merancang sasis mobil ini dengan tingkat rigiditas yang sangat tinggi dan suspensi yang sudah di optimasi agar untuk memberikan kesan mengenmudi natural. Sepertinya kami percaya hal tersebut, karena Copen generasi pertama banyak mendapatkan pujian dari segi pengendalian.

Terakhir, mobil ini sudah bisa anda pesan sekarang dengan dua ketentuan, pertama, anda harus menunggu inden mobil ini sekitar 2 hingga 5 bulan setelah pemesanan, dan kedua, jika anda bukan berada di lingkaran internal Daihatsu, maka anda hanya bisa membeli Daihatsu Copen varian transmisi manual 5 percepatan saja, karena varian CVT dari mobil ini hanya dijual untuk lingkungan Astra Daihatsu Motor.

Nah jika anda adalah orang yang mengutamakan penampilan dan ingin menjadi pusat perhatian, rasanya tidak ada salahnya untuk membeli mobil ini. Namun jika anda adalah orang yang membeli mobil ini karena fun-to-drive. Hmm… ya, mobil ini fun to drive, tapi tidak bisa dibilang kencang. Dengan uang sebesar 416 juta anda bisa mendapatkan Suzuki Swift Sport atau Ford Fiesta Ecoboost, atau jika anda punya budget berlebih, tambah sedikit anda sudah bisa mendapatkan VW Golf TSi Mk7 dan Mini Cooper.

Read Prev:
Read Next:

Ridwan Hanif Penulis sekaligus pecinta dunia otomotif, kadang-kadang suka ngebut walaupun hanya pada saat jalanan sepi, paling benci dengan kemacetan Jakarta tetapi enggan untuk pindah keluar kota. Soal irit-iritan konsumsi BBM jangan ditanya, dia jagonya... Maksudnya jago ngabisin bensin... Hehehe | twitter: @ridwanhr

  • Jose FR

    Desain sih menurut saya menarik cuman harganya saja yang ga menarik untuk 660 cc

  • denni

    660cc hrga 416jt ??
    mending mazda mx5 atw toyota 86 (2nd).

    • EVOX

      yah namanya juga mobil hobi anti mainsteam bro2

      klo punya duit berapapun harganya mobil pasti dijabanain hahaha

    • EVOX

      yah namanya juga mobil hobi anti mainsteam bro2

      klo punya duit berapapun harganya mobil pasti dijabanain hahaha

  • motorfreaks

    Mahal yah
    Kalo ane mending delica
    Biar buruk rupa tapi nyaman buat mudik lebaran

  • ap88

    copen cocok utk mobilitas bekerja weekdays sehari hari dan weekend fun junkie serta show off dgn atap terbuka diakhir pekan tanpa memikirkan unsur performa

  • kabe kabe

    tu kan mahalll … cc cuma 660 pula.. 400an juta bro.. haha… menang atap nya doank bs d buka .. sisanya SO SO lah… ngajak cew juga males kali cew nya di buka atapnya d jabodetabek.. SKIP ah.. mending mazda 2 – top variant

    • ap88

      mazda2?biasa2 aja kali jika dibandingkan dgn copen,mendingan mx5

      • kabe kabe

        masasih biasa2 aja. dalam pandangan w sih cuma menang atap terbuka doank. . Mx5 ?? Bagus sih.. Tp w lebih suka audi TT.

        • ap88

          TT atapnya gak bisa dibuka,terus handlingnya gak senatural mx5 dan copen

        • ap88

          TT atapnya gak bisa dibuka,terus handlingnya gak senatural mx5 dan copen

      • wowkeren

        MX-5 berapaan ya bro? Kalo beda dikit mending MX-5 hehe

        • ap88

          perkiraan ane 650jt ampe 700jt

        • ap88

          perkiraan ane 650jt ampe 700jt

        • Walter White

          MX-5 Rp. 647,500,000 untuk OTR Jakarta.

        • Walter White

          MX-5 Rp. 647,500,000 untuk OTR Jakarta.

      • rudy

        Tyt 86, luar biasa.. πŸ˜€

  • denverio

    kemahalan, mazda mx-5 yg baru lebih baik dan lebih layak ditunggu

  • er satria

    mending beli fiat 500 lebuh lucu

  • ayla facelift 2016… πŸ˜€

  • bigbos

    cb review plus plus dengan videonya :v

  • wowkeren

    Ya ok sih. Bodi lepas pasang udah duluan ada di smart loh. Trus kenapa yang CVT cuma buat orang ADM? Harusnya yang CVT dijual buat umum juga dong. Ga kasian sama orang yang capek nyetir mobil manual di kemacetan Jakarta?? Aduuuh… Harganya segitu pula. Mending beli smart aja ya, cuma 200 jutaan, ato ga fiat 500, mini cooper, vw golf, bmw 116i, dll.

    • Ezraawibisono

      soalnya transmisi cvt nya itu didesain buat jepang yang jarang debu dan jalannya mulus,sedangkan indonesia? Tau sendiri kan? Mangkanya ADM gamau ngecawain konsumen indonesia

    • Ezraawibisono

      soalnya transmisi cvt nya itu didesain buat jepang yang jarang debu dan jalannya mulus,sedangkan indonesia? Tau sendiri kan? Mangkanya ADM gamau ngecawain konsumen indonesia

    • ap88

      500 paling value for money,golf sederhana minim fitur,mini cooper overprice,bmw116i desainnya jelek bgt

    • ap88

      500 paling value for money,golf sederhana minim fitur,mini cooper overprice,bmw116i desainnya jelek bgt

  • Tresna Wardana

    ini mobil ada bagasi belakang ga sih?
    just in case bawa ni mobil belanja bulanan sama istri, lah terus belanjaannya ditaro dmn?
    dipangku? ato dicantelin di spion?
    kalo ditaro dibagasi belakang pas buka / tutup atep nanti brodol semua lagi. πŸ˜€

    • ardi

      yang beli mobil niche kayak gini pasti udah punya mobil banyak dan sekedar untuk koleksi aja. ga mungkin lah buat bawa banyak barang belanjaan di pasar. ga sekalian tanya “kok kursinya cuma 2? kalo punya anak dan pembantu mau ditaruh dimana? anak dipangku penumpang? pembantu dipangku sopir? kan bahaya?” πŸ˜€
      bagasi ada dibelakang.meski atapnya masuk bagasi masih ada ruang kosong yang tersisa

  • Tresna Wardana

    ini mobil ada bagasi belakang ga sih?
    just in case bawa ni mobil belanja bulanan sama istri, lah terus belanjaannya ditaro dmn?
    dipangku? ato dicantelin di spion?
    kalo ditaro dibagasi belakang pas buka / tutup atep nanti brodol semua lagi. πŸ˜€

  • ardi

    strategi daihatsu menurut saya cukup bagus. dijualnya mobil ini di indonesia jelas bukan untuk cari untung, tapi untuk membangun brand image daihatsu yang sepertinya ingin dianggap sebagai specialist mobil compact, bukan mobil murah / versi murahnya toyota.

  • penggemar otomotif

    Baru sadar kalau di dalam lubang ac cuman hanya ada 3 saja hahahaha

  • tim

    Daihatsu mau menjual mobil yg sangat segmented tpi brandnya gak mendukung. Coba bayangin, selama ini, daihatsu yg ada di pikiran org indonesia itu apa?xenia, gran max, bhkn di daerah jateng daihatsu itu sebutan utk angkot, semua dibilangnya ya daihatsu. Kalo dia brandnya unik spt mini cooper, jualan mobil kaya gini pasti laris. Tpi daihatsu? Emg misalnya juragan air galon yg biasa pake gran max tiba” mau beli ini buat gaya gayaan? Mending beli xtrail 2.5 hrg sama, drpd beli mobil sok unik kaya gini.

    • penggemar otomotif

      Ini mobil di kususkan untuk org muda/eksekutif muda yg ingin berduaan saja sma pacar bkn untuk keluarga..
      Coba bayangin anda dan pacar anda berdua dgn mobil ini saat malam minggu atapnya lo buka gmana rasanya seru kan ? Mobil ini di kususkan buat begituan broo..

      • tim

        Di jakarta malem” pake atep terbuka mau dibegal lu bro?

    • ardi

      justru itu, daihatsu sepertinya ingin merubah pandangan orang terhadap brand daihatsu yang selama ini identik dengan mobil murah, padahal di jepang sendiri daihatsu identik dengan mobil compact. seperti dulu chevrolet identik dengan mobil pickup untuk angkut barang, sekarang kan brand imagenya udah berubah drastis.

      • tim

        Mslhnya ini bkn di jepang bro. Disini udh tertanam dari jaman thn kapan itu daihatsu sbg mobil niaga. Susah mau ngerubah pandangan orang thdp brand daihatsu yg sdh mengakar selama puluhan tahun.

    • ap88

      justru daihatsu mau merubah pandangan orang2 bahwa daihatsu yg selama ini identik dgn mobil kualitas nol dgn membuat mobil yg oke dan berkualitas bintang lima dan berdesain unik,daihatsu dijepang terkenal dgn mobil berkualitas bintang lima,jadi kualitasnya udah beda 180 derajat dari daihatsu indo

      menurut saya mobil ini unik dan keren kok meski memang haragnya bikin sakit hati,dan terpenting jika saya disuruh pilih xtrail ato copen saya akan milih copen krn xtrail mobil mainstream banyak bekeliaran dijalan dan terkesan biasa2 aja(meski jika dibandingkan dgn fiat 500 saya akan tetap milih 500 dibanding copen)

      • tim

        Kita tinggal di indonesia mikir yg realistis ajalah bro.. lu pake itu atep terbuka disini bisa” kena radang paru” ntar.. gw sih ttep milih xtrail 2.5 klo dibanding copen, mewahnya dapet, fiturnya dapet, nyamannya dapet, prestise brandnya jg dapet. Kalo copen? Orang awam kalo ngeliat brandnya aja ya pasti mikirnya xenia granmax. Saya jg mending fiat 500 klo bwt mobil hobi, dpt uniknya, hrg jg ramah dikantong.

        • ap88

          sudah lah xtrail vs copen nya
          sekarang fiat 500 vs xtrail,bung tim pilih mana?

    • subaru

      hmm..daihatsu ya? pikiran pertama gw justru taft….

      • tim

        Pasti mainannya lumpur terus nih bang subaru hehe

        • penggemar otomotif

          Ya maksut gue keluar malam minggu jam 6-8 malam lah max jam 9 lah mana berani begal keluar jam segitu begal beraninya keluar jm 11 keatas bisa mampus di hajar masa klau jam segitu keluar hhaha
          Oh ya copen sma xtrail 2.5 jgn lo bandingin lah satu suv satu lagi mobil sport kecil lah beda kebutuhan hahaha
          Gue berani bertaruh lebih cepat mana dpt cewek atau paling tidam dihampirin cewek xtrail 2.5 atau copen
          Silahkan di jawab sendiri bro hehehe

        • penggemar otomotif

          Ya maksut gue keluar malam minggu jam 6-8 malam lah max jam 9 lah mana berani begal keluar jam segitu begal beraninya keluar jm 11 keatas bisa mampus di hajar masa klau jam segitu keluar hhaha
          Oh ya copen sma xtrail 2.5 jgn lo bandingin lah satu suv satu lagi mobil sport kecil lah beda kebutuhan hahaha
          Gue berani bertaruh lebih cepat mana dpt cewek atau paling tidam dihampirin cewek xtrail 2.5 atau copen
          Silahkan di jawab sendiri bro hehehe

  • orangbaru

    Duit segitu Mending beli ayla satu..terios dan xenia..ayla utk pribadi, terios dan xenia di rentalin..profitnya ditabung buat beli mini mx5 :v

    • Andy

      Keren..

  • rudy

    416jt, untuk daihatsu..????

  • ju

    416juta !
    budget segitu tetep suzuki swift sport, sama2 mobil hobi. sisanya buat kawin lagi..

  • Walter White

    Lama-lama ADM main di segmen kei car macam di Jepang nih. Tapi ya gak papa sih, ubah dogma sebagian masyarakat indonesia kalau cc mobil minimal 1000 cc.