Great Wall Motors Berencana Investasi Besar di Thailand

by  in  Berita & Great Wall & International
Great Wall Motors Berencana Investasi Besar di Thailand
0  komentar

Autonetmagz.com – Great Wall Motors (GWM) dikenal sebagai salah satu perusahaan mobil SUV dan truk pick-up kondang di China. Dalam beberapa tahun terakhir mereka mengalami perkembangan yang sangat cepat dengan ekspansi fasilitas produksi internasionalnya. Sekarang GWM sedang merencanakan ekspansi besar-besaran di Thailand dengan mengakuisisi pabrik milik General Motors serta menginvestasi tiga miliar Yuan kedalam Negara Gajah tersebut. Jadi apa rencana besar GWM? Yuk kita bahas.

Sebuah laporan dari Bangkok Posts menyatakan bahwa GWM berencana untuk meningkatkan eksistensinya di Thailand dengan mengivestasi sebanyak tiga miliar Yuan kedalam pengembangan fasilitasnya. Setelah mengakuisisi pabrik bekas General Motors di Rayong, GWM tengah meng-upgrade fasilitas tersebut dan berencana untuk menyelesaikan project-nya pada kuartal akhir 2020. Dengan fasilitas ini mereka bakal menjual model-model SUV dan Pick Up-nya kepada konsumen Thailand mulai tahun depan. Namun, mereka tidak hanya ingin memproduksi mobil dengan mesin pembakaran internal tapi kendaraan bertenaga listrik (EV) serta hybrid juga.

Suriya Jungrungreangkit selaku Kementrian Industri Thailand menyatakan bahwa pengembangan dan ekspansi GWM di Thailand akan membuka sekitar 3.435 lapangan pekerjaan baru. Beliau menambahkan kalau GWM berinvestasi besar-besaran di Thailand dikarenakan potensi besar pasar Thailand dan negara-negara ASEAN, serta kebijakan nasional untuk mempromosikan industri EV. GWM akan menggunakan 45 persen bahan lokal Thailand dalam proses produksi mobil-mobilnya dengan rencana meningkatkan angka tersebut menjadi 90 persen pada tahun 2025.

Pabrik di Thailand akan menjadi fasilitas internasional terbaru milik GWM setelah Bulgaria, Iran, Russia, Senegal, Ukrainia, Indonesia, Nigeria, Ekuador, Mesir dan Ethiopia. Dengan penambahan fasilitas produksi di Thailand, ini akan membantu GWM untuk menggarap pasar ASEAN yang memiliki potensi besar. GWM selaku pabrikan SUV dan Pick Up terbesar dari China harus berlawanan dengan nama-nama seperti Nissan, Ford dan Toyota untuk mendapat bagian dari pasar yang cukup sengit, especially segmen Pick Up di Thailand dimana kompetisi sangat ketat.

Akankah GMW mampu bertahan dalam pasar SUV dan Pick Up yang sangat kompetitif di Thailand serta ASEAN? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: