Gokil, Sepeda Berpendorong Air Ini Lari 0-100 Dalam 0,5 Detik!

by  in International
0  komentar

AutonetMagz.com – Figur akselerasi 0-100 yang dahsyat biasanya adalah milik supercar atau hypercar bertenaga puluhan miliar Rupiah. Mulai dari Ferrari F40, Bugatti EB110, Porsche 918 Spyder, Lamborghini Sesto Elemento hingga Koenigsegg Agera. Semua mobil itu mengincar akselerasi 0-100 di bawah 3 detik, lalu muncul Dodge Demon dan Tesla Model S yang berani lari dari 0-100 di bawah 2,5 detik.

Nah, tapi bagaimana kalau ada sesuatu yang sanggup lari dari 0-100 dalam waktu setengah detik saja? Serius, setengah detik, diketik pakai kata-kata biar tidak ada yang menyangka kami salah ketik. Mungkin kedengarannya sableng, tapi ada lho! Bukan mobil sih, bukan motor juga, melainkan sebuah sepeda atau trike yang menggunakan tangki air dan tenaga pendorong berbasis pompa yang bisa bikin trike ini melejit.

Adalah François Gissy yang bertanggung jawab atas trike gila ini. Trike hasil rancangannya punya mesin pendorong air yang kekuatannya bak roket NASA. Setelah melakukan uji coba di Sirkuit Paul Ricard di Prancis, trike buatan Gissy bisa lari dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu 0,55 detik dan berlari sejauh 12,8 km dalam 3,95 detik saja. Sadis? Banget. Tak terbayang seluruh effort para pabrikan mobil bakal bablas sama jet pump yang kena santet ini.

Tapi memang efeknya juga sadis kepada penunggang trike roket air itu. Akselerasi trike ini sangat brutal sehingga Gissy mengalami G-Force yang lebih besar dari yang dirasakan astronot saat roket meluncur. Persisny ada di angka 5,13 G. Dari alat pencatat yang tertera di video, akselerasi dari 0 ke 250 km/jam tuntas dalam sekitar 3 detik. Kencang banget ya? Mercedes-AMG Project One saja mengklaim 0-200 dalam 6 detik.

Namun tentu saja trike setan ini tidak punya top speed segila supercar atau hypercar. Saat pengujian, kecepatan maksimal yang tertera adalah 261 km/jam. Wajar, soalnya sangat mengerikan lari hingga 200 km/jam lebih menggunakan trike yang keamanannya dipertanyakan, apalagi dengan G-Force yang bisa bikin badan remuk. Bagaimana, ada yang mau mencoba memecahkan rekor 0-100 dengan 0,4 detik misalnya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: