GM Patenkan Fitur ‘Foot Massage’ Dalam Mobil

by  in Berita&Cadillac&Hi-Tech
GM Patenkan Fitur ‘Foot Massage’ Dalam Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat ini memang banyak fitur-fitur yang disediakan oleh pabrikan roda empat untuk menunjang kenyamanan baik pengendara maupun penumpangnya. Dari mulai fitur simpel seperti sistem infotainment, hingga yang advanced seperti fitur autonomous, mobil masa kini dibuat lebih dari sekadar alat transportasi saja. Terlebih dengan adanya fitur yang meningkatkan kenyamanan seperti ventilated dan massage seats, sebuah mobil bisa menjadi hotel bintang lima berjalan. Mobil aja bisa bikin nyaman ya, nah kamu bisa gak bikin nyaman doi?

Namun seiring dengan berkembangnya zaman, seluruh ‘kemampuan’ mobil yang telah disebut akan menjadi hal yang umum di masa mendatang. Maka dari itu tiap manufaktur mobil haruslah berinovasi agar tetap bersaing dan bisa menarik hati para konsumennya. Hal ini turut disadari oleh General Motors (GM) selaku pemain ‘senior’ dalam dunia transportasi, dan akhirnya mereka kembali menghadirkan sebuah inovasi dalam fitur kenyamanan sebuah mobil. Tertera pada judul di atas, inilah pengajuan paten ‘foot massage‘ ala GM.

Pemijat Kaki Sistem Pneumatic

Pemijat kaki dari GM ini bukan bekerja lewat getaran atau gerakan roller, melainkan dari sistem pneumatic yang berarti menggunakan udara yang terkompresi. Sistem tersebut membuat kantong udara yang mengompres akan menggerakkan beberapa titik strategis pada lantai mobil di mana penumpang bisa mengistirahatkan kakinya. Soal posisi konfigurasi kantong pneumatik-nya, dari gambar pengajuan paten terlihat bahwa posisinya bisa saja paralel maupun tegak lurus. Fitur ini tentunya hanya bisa dirasakan dan dikendalikan oleh penumpang yang tidak butuh konsentrasi saat menggunakan mobil. Kebayang kan kalau pengemudi dapat fitur ini? Kaki nyaman, fokus terancam.

Karena gambar pengajuan paten ini bocor bukan secara resmi, maka belum ada alasan yang pasti mengapa pihak GM lebih memilih memakai sistem pneumatik dibandingkan yang lebih mekanikal seperti lewat getaran atau roller saja. Apa karena sistem pneumatik lebih ringan dibanding yang mekanikal? Atau karena lebih efektif saja dalam satu dan lain hal? Mari kita tunggu GM menjelaskan inovasi ‘nyeleneh‘ ini. Untuk sekarang, belum ada kejelasan juga mengenai apakah fitur pijat ini turut menyediakan penghangat kaki seperti alat pijat refleksi kebanyakan.

Fitur Yang Sudah Ada Sebelumnya

Sebelum GM menerbitkan pengajuan paten ini, manufaktur asal Jerman yaitu Audi, telah mengaplikasikan fitur pijat kaki pada A8 generasi terbarunya. Tapi bukan berarti manufaktur Amerika ini keduluan, karena konfigurasi posisi serta sistem foot massage A8 berbeda dengan paten GM. Di mobil full-sized sedan tersebut, pijat kaki diletakkan menggantung pada bagian belakang bawah kursi penumpang depan. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk satu penumpang belakang saja dan hadir eksklusif pada trim long wheel base saja. Sementara pihak GM sepertinya mengajukan paten ini dengan tujuan membuat seluruh penumpang bisa merasakan foot massage. One point for General Motors.

Melihat dari cara kerjanya, pemijat ini kemungkinan besar akan hadir pada mobil yang menargetkan konsumen kelas menengah – atas. Walaupun memang pengajuan paten tidak semuanya berhasil diaplikasikan ke dalam mass production, namun kehadiran fitur ini bisa menambah nilai jual dari mobil GM yang akan segera rilis seperti Cadillac Celestiq ataupun Lyriq. Jadi wahai para lelaki, tak ada alasan lagi kalian datang ke panti pijat kalau ada fitur ini ya.

Sambil menunggu kejelasan dari pihak GM, apakah menurutmu fitur ini cukup diperlukan untuk sebuah mobil high-end? Berikan komentar terbaik kalian pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: