Gila, Volvo Rancang Mesin 3 Silinder Bertenaga 180 HP!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Gila, Volvo Rancang Mesin 3 Silinder Bertenaga 180 HP!
0  komentar
Cover-Volvo-Pedestrian-Airbag

AutonetMagz.com – Hampir semua pabrikan mobil kini hijrah ke mesin kecil dengan tenaga besar berkat teknologi induksi paksa. Lihat saja Volkswagen dengan mesin TSI-nya, Ford dengan EcoBoost, MINI dengan mesin Twin Power Turbo dan Hyundai yang juga ikut mengembangkan mesin serupa. Selain itu, penurunan kapasitas mesin juga diharapkan mampu meringankan pajak kendaraan dan menurunkan emisi gas buang.

New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-L as the International Engine of The Year 2012 dan 2013

Penghargaan yang didapat mesin yang “kecil-kecil cabe rawit” ini juga tak main-main, seperti mesin TSI dari VW dan EcoBoost dari Ford yang sudah berkali-kali mendapatkan gelar International Engine of The Year berkat keunggulannya di hampir segala aspek mesin. Mesin-mesin yang jamak kita jumpai di jalanan Indonesia yang bangga dengan teknologi pengaturan katupnya seolah tak ada apa-apanya dibanding mesin-mesin ajaib ini.

Tergiur dengan kesuksesan pabrikan lain seperti Ford dan VW, Volvo juga tengah membangun mesin kecil bertenaga badak di Swedia. “Mesin ini sedang dibangun dengan arsitektur CMA terbaru kami, tapi juga akan menjadi penggerak bagi Volvo 60 Series berkat kemajuan teknologi turbo Volvo yang akan memenuhi standar emisi Euro 7,” ucap Michael Fleiss, Vice President Volvo.

Mesin-Volvo-3-Silinder-Turbo

Dr. Peter Mertens, Senior Vice President dari departemen riset dan pengembangan, berkomentar bahwa program pengembangan unit ini sudah mulai maju, bahkan Volvo sudah menguji sebuah prototipe. Mesin 3 silinder turbo ini akan diproduksi di lini produksi yang sama dengan mesin 4 silinder dan akan tersedia dalam berbagai level performa, hingga sekitar 180 HP.

Wah, kandidat mesin ajaib makin banyak saja ya. Apa kabar merek yang masih betah dengan teknologi pengaturan katup saja?

Read Prev:
Read Next: