Tesla Direncanakan Masuk ke Indonesia, Apa Kita Sudah Siap?

Tesla Direncanakan Masuk ke Indonesia, Apa Kita Sudah Siap?
0  komentar
Tesla Model S mobil paling aman jarang dicuri

AutonetMagz.com – Bagi penggemar otomotif, mungkin sudah tidak asing dengan merek Tesla. Ya, ini adalah merek mobil listrik tercanggih di dunia saat ini. Setelah dipasarkan di beberapa negara, akhirnya Indonesia akan masuk daftar negara yang akan menikmati kecanggihan dan performa mobil Tesla. Sebagai gambaran, Tesla Model S dengan 60 kWh microprocessor controlled, lithium-ion battery dan single speed fixedgear dengan rasio 9,73 : 1 sanggup mempermalukan BMW M5 di sebuah drag race, padahal M5 bertenaga diatas 500 HP.

Menurut MedanBisnis, Tesla akan masuk ke Indonesia melalui importir umum, Prestige Image Motorcars. “Tahun depan kita mau masukin mobil listrik Tesla,” kata Presdir Prestige Image Motorcars, Rudy Salim di Jakarta. Desember ini, mereka sudah mulai memesan Tesla Model S dan diklaim bulan Januari akan tiba untuk dijual.

Tesla-model-s-photo-gallery

Ada dua sisi yang menarik untuk dibahas. Pertama, dengan hadirnya Tesla, akhirnya ada mobil zero emission yang layak di jalanan Indonesia meski baru bisa dinikmati oleh kalangan berkantong tebal saja. Model yang sudah pernah menapakkan jejak di sini seperti Mitsubishi dengan i-MIEV dan Smart ForTwo Electric Drive saja hanya jadi wacana abadi oleh masing-masing APM-nya, belum lagi mobil listrik lokal seperti Tucuxi yang malang atau Selo yang nasibnya tak jelas. Mobil-mobil LCGC pun seolah jadi seperti barang yang lebih layak dipajang di museum jika dibandingkan dengan Tesla. Selain ramah lingkungan, performa Tesla juga tak akan memalukan saat dibawa untuk event track day di sirkuit.

Namun di sisi lain, kesiapan Indonesia dalam mengoperasikan mobil listrik masih dipertanyakan. Pertama, urusan surat-surat kendaraan, sebab bila di STNK kendaraan kita ada kolom isi silinder untuk membantu menentukan pajak, Tesla akan membingungkan, sebab ia tak punya isi silinder. Mau tak mau, solusinya di STNK harus tertulis 0 cc. Kedua, perpajakan kita yang sedikit menggelitik bisa menyebabkan harga jual Tesla sangat mahal, tapi sebenarnya harga Tesla sendiri memang sudah mahal, jadi sudah jelas siapa yang akan membeli Tesla ini.

Tesla Model X Concept mobil tanpa kaca spion samping

Ketiga, masih ada masalah perihal tempat pengisian daya baterai. Seperti kita tahu, jumlah stasiun pengisian baterai di Indonesia lebih sedikit daripada jumlah rambut seseorang yang kepalanya gundul. Dengan demikian, tempat dimana pemilik Tesla bisa mengisi daya mobilnya hanya di rumah atau kantor saja. Berita baiknya, dengan jarak tempuh hingga 469 kilometer saat baterai penuh, mungkin sedikit membuat lega para pemilik Tesla.

Mengenai perihal servis dan suku cadang, pihak importir mengklaim bahwa mereka siap menyediakan segalanya. “Kita akan kerja sama dengan salah satu perusahaan di Singapura yang memang ahli listrik untuk bikin service center di Jakarta,” imbuh Rudy.

Hayo, mobil listrik tercanggih di dunia sudah mau tiba nih, masa fasilitas pendukungnya belum siap? Malu dong sama negara tetangga.

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    harusnya mobil ramah lingkungan seperti tesla gini yang dapat insentif pajak dari pemerintah. bukan mobil rongsokan LCGC. Pemerintah indonesia gak visioner !!!

  • r’dee

    Mungkin dibuat peraturan pajak khusus untuk mobil bertenaga listrik murni dari baterai berdasarkan kapasitas baterainya. Saya masih sangsi mobil ini sudah ‘pantas’ di Indonesia karena sekarang aja kita sedang menuju krisis energi kelistrikan dan Tesla belum pernah ujicoba daya tahan baterai & daya jelajah mobilnya di Indonesia yg bersuhu tropis. Bisa jadi daya jelajahnya menjadi setengahnya dalam kondisi tropis.

  • GTR

    Oh kirain Tesla Corp nya bro yg mau menggarap pasar RI. Ya wokehlah masbro2 importir mau kulakan mobil2 Tesla ya silaken aja lah. Kan ya sama aja toh kyk pdg kulakan jins dr shanghai lalu dilapak di RI. Tinggal pilih, bayar di mana kek Aus/Sing mungkin, kirim pk kapal lalu urusan bea cukai,
    lalu dagangannya digelar. Cm ya hrs buka tempat service itu lah minimal ya. Lah kl arti ‘kita’ di judul artkel ini adalah org2 kaya RI…ya pasti udh siap bro utk bayar Tesla ini..Tinggal masukin duit cash ke koper suruh sopir bawa ke showroom. Hehe.

  • doze

    Pastinya mobil tesla ini membidik kalangan atas dgn kocek tebal..org indonesia ydk masalah dgn harga mobil selangit..buktinya land cruiser berserakan,range rover berserakan…itu menandakan uang bukan mslh..

    yg jd mslh spare part dan perawatan..apalagi mobil listrik..pasti itu jd mslh org malas beli

    ada uang malah bikin pusing otak..lebih baik gak beli tesla..dijual seken pun mungkin gk ada hrganya nanti..beli 1M dijual cuma 100 jt

    • tim

      Mas, kalo org” berduit beli mobil mah udh kaga mikirin hrg jual lagi, beda sama kita” yg msh mikirin hrg jual balik

  • tim

    Pemerintahan jokowi hrs segera merubah aturan pajak kendaraan nih, jgn LCGC yg kualitas rombengan gitu dikasi intensif pajak, malah mobil ramah lingkungan spt ini dikenakan pajak besar sekali… makanya negara ini kaga maju”, wong pertamax di daerah” aja msh susah, apalagi tempat ngisi listrik… prestige autocars ini gambling juga ya, wong lampu msh nyala mati udh nekad import tesla…

  • asfin achfani nur

    yang pasti mobil tesla bukan untuk orang kebanyakan. harganya diatas di US yang paling murah adalah 69.000 USD. jadi sampe indonesia pasti diatas 1M. kemudian Tesla menggunakan Charger minimal berkekuatan 10KW. jadi rumah yang listriknya hanyapunya tenaga 900 atau 1300watt jg berharap punya mobil ini.

  • monk!!

    Tesla,, mobil listrik mau msuk indonesia??

    Listrik indonesia aja blum pda merata,, kadang2 mati,, daya listrik rendah!! Kog mau bawa tesla!!

    • otomoto

      mknya it mobil ini pelu msk indo.. buat gantiin genset d rmh lumayan.. ato bkin powerbnk aj it baterainya,,, bs charge hp st komplek… wkwkwkwkkw

  • tom

    Tesla masih terlalu canggih bagi Indonesia, Listrik disini masih byar pet dan tegangannya tidak stabil. Nonton pabriknya di AS melalui NGC sarat berteknologi tinggi dan sangat efisien