GIIAS 2017 : VW Golf Mk7 Facelift Diam-Diam Merayap!

GIIAS 2017 : VW Golf Mk7 Facelift Diam-Diam Merayap!
0  komentar

AutonetMagz.com – Maaf jika judulnya seperti lagu anak kecil, tapi sepertinya itu yang paling pas untuk menggambarkan kehadiran VW Golf Mk7 faceliftdi Indonesia. Karena kami fokus dengan VW Tiguan baru yang muncul pada hari pertama GIIAS 2017, tak disangka bahwa VW Golf Mk7 facelift yang menjadi basis VW Tiguan juga merapat diam-diam ke lantai pameran di ICE BSD ini. Tidak ada seremonial khusus untuk peluncuran Golf.

Bahkan jika VW Tiguan sudah berani menampilkan harganya via stiker di pintu (585 juta Rupiah off the road), VW Golf belum berani, tapi kemungkinan besar harganya bisa sampai 600 juta Rupiah OTR Jakarta. Dibandingkan VW Golf Mk7 sebelum facelift, versi facelift ini punya LED DRL yang lebih membulat serta desain bumper yang simpel. Tatanan lampu belakang turut diubah dengan model LED bar, hanya saja aksen knalpot palsunya itu agak mengganggu.

Menurut Volkswagen, warna kuning yang mirip mustard itu mereka ambil dari salah satu opsi cat dari Lamborghini. Ingin percaya sih, tapi kami lebih melihat warna ini mirip dengan warnanya VW Arteon. Interior VW Golf Mk7 facelift ini cenderung sebelas-dua belas dengan sebelumnya, hanya saja sistem head unitnya dirombak total jadi lebih jernih, responsif dan fasilitasnya kian komplit. Kepraktisannya juga masih tetap bagus.

Bagi VW Golf Mk7 versi luar negeri, VW menghadirkan mesin 1.500 cc 4 silinder turbo bertajuk TSI Evo untuk menggantikan mesin 1.400 cc 4 silinder TSI yang lama, dengan tenaga & torsi yang lebih baik serta efisiensi yang meningkat. Namun sayang seribu sayang, kita tidak dapat mesin TSI Evo itu di Indonesia. Kita harus tetap berkutat dengan mesin 1.400 cc turbo lama yang bertenaga 150 hp dan torsi 250 Nm.

Ada beberapa alasan kuat kenala VW Golf Mk7 facelift Indonesia tidak pakai mesin baru. Pertama, bisa jadi karena mesin TSI Evo punya standar emisi yang terlampau tinggi daripada yang kita anut, lalu kedua adalah dikhawatirkan harga Golf jadi tidak masuk akal dan orang malah langsung lari ke Tiguan. Hm, ia meluncur berbarengan dengan Audi A3, jadi mending mana? Audi A3 1.200 cc 110 hp 180 Nm atau VW Golf 1.400 cc 150 hp 250 Nm? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: