Generasi Ke 4 KIA Sportage Akhirnya Datang Juga!

by  in Berita&Kia&Merek Mobil
Generasi Ke 4 KIA Sportage Akhirnya Datang Juga!
0  komentar

AutonetMagz – Pada acara buka puasa bersama dan media gathering PT KIA Mobil Indonesia kemarin, rupanya KIA Indonesia benar-benar menghayati esensi dari tagline mereka, “The Power To Surprise“, karena di acara tersebut, mereka memperlihatkan SUV terbaru mereka yang akan dipamerkan dan mulai dijual di GIIAS 2016 Agustus nanti, yaitu generasi ke 4 KIA Sportage.

Unit yang dibawa ke Indonesia sendiri merupakan KIA GT-Line, yang merupakan flagship dari Sportage saat ini, untuk desainnya, KIA Sportage generasi ke 4 ini meninggalkan desain tegas seperti di generasi ke-3 dan menggantinya dengan desain yang lebih elegan, sedikit Porsche wannabe sih kalau menurut saya.

KIA-All-New_Sportage-Samping

Bagian depan sekarang menggunakan lampu model baru, dengan LED projector headlights, LED 4 titik fog lamp, ‘Tiger Nose’ grill khas KIA, dan aksen satin krom di bagian bawah. jika melihat ke samping, maka tarikan garis pinggul mobil dan Pilar-C masih mirip dengan Sportage gen-3, tapi dengan desain velg 19-inchi yang baru dan beberapa aksen krom,

KIA-All-New_Sportage-Lampu-Depan

Di bagian belakang, barulah styling tangan dingin Peter Schreyer terlihat, karena bagian belakang benar-benar enak dilihat, terutama karena redesain lampu belakang yang jika dilihat sekilas mirip dengan model lampu BR-V namun lebih tipis, namun ketika dinyalakan, malah terlihat seperti lampu-lampu BMW baru, karena mengaplikasikan LED bar styling.

KIA-All-New_Sportage-Lampu-Belakang

Di dalam, interior berubah total, lupakan plastik keras dan finishing yang kurang rapi di generasi ketiga, karena di Sportage baru ini, desain dashboard menjadi seperti mobil Eropa, dengan dashboard driver-oriented asimetris, material soft touch, build quality dan detail yang menggagumkan, tapi sayang head unit masih menggunakan model standard tanpa layar touch screen. Ini bisa menjadi PR untuk KIA Indonesia untuk mengganti head unitnya dengan model Touch screen dan tambahan rear parking camera untuk meningkatkan value mobil ini di mata orang awam.

KIA-All-New_Sportage-Interior

Untuk kabin, Sportage baru terasa lebih luas, mungkin karena garis jendela yang lebih rendah, dan pengaplikasian jok berwarna cerah dengan 3 campuran warna dan aksen jahitan kontras. Moga-moga di versi final nanti, kombinasi ini tetap dipertahankan.

KIA-All-New_Sportage-Lampu-Belakang

Untuk mesin, KIA Sportage generasi ke-4 masih menggunakan mesin 2000 cc Nu, yang menghasilkan 158 Hp, sayang sekali mesin 1.6 liter GDI 174 Hp-nya tidak jadi dibawa ke Indonesia. KIA Mobil Indonesia berkata bahwa akan ada beberapa varian untuk Sportage terbaru ini, dengan kisaran harga mulai dari 350 juta-an dari varian basic sampai mungkin di atas 400 juta-an untuk varian GT-Line ini.

KIA-All-New_Sportage-Generasi-4

Untuk lebih jelasnya, mereka akan merilis secara resmi KIA Sportage terbaru ini di GIIAS 2016 Agustus nanti, dan akan membawa satu mobil baru lagi untuk ditampilkan di sana, mobil apakah itu? nanti di artikel terpisah yah.

Read Prev:
Read Next:
  • Lol

    Gw kurang sreg sma desain interiornya, kok agak mengotak ya? Desainnya cenderung konvensional?. Tapi eksteriornya ganteng bgt dah?

    • Indra

      Lebih gak sreg sama permainan warna interiornya, bagusan full black aja daripada two-tone, apalagi bangku di mobil itu juga pake warna krem

      • Penggemar Otomotif

        Ini interiornya mirip2 mobil eropa banyak softouchnya ya kan tau sendiri desainernya Kia exx Audi

        • Indra

          Sentuhan desainer Eropa itu buat Hyundai-KIA jd grup merek mobil yg maju saat ini, mampu bersaing di negara barat dgn merek Eropa dan Amerika terutama

  • Indra

    Gak sekalian bikin First impressionnya nih mumpung belum launching resmi nih, masih kurang penjabarannya terutama dari fiturnya. Tapi kalau dilihat dari fitur yg akan dipakai yg dijabarkan oleh media lain keliatannya ini jauh lebih value dari saudara tuanya yg harganya 380 jutaan, satu tipe saja, dan minim fitur dari CR-V dkk bahkan HR-V prestige 1.8 sekalipun.

    Tipenya ada LX, EX, dan SX Line, yg dua pertama pake mesin 2.400 cc 181 dk, tapi katanya di media lain yg tipe GT pake mesin turbo nih?

  • Penggemar Otomotif

    Menurut media sebelah ada yg pakai 2.0 turbo ya tenaga 241 dk dgn audio harman kardon menurut saya kemungkinan kecil ga bakal dimasukin kia soalnya kemahalan itu tenaganya setara dgn lexus nx200t/rx200t

    • Indra

      Apalagi media sebelah itu juga menyertakan beberapa fitur safety canggih di Sportage baru ini macam AEB, LDWS, Bi-LED (kalau yg ini boleh percaya lah),dll terus juga tiap tipe punya layar HU yg berbeda (paling rendah 5 inci dan paling tinggi 8 inci-semuanya touchscreen) + konektivitas macam carplay, pandora, android auto, dll padahal layar HU Sportage ini ga ada apa-apanya dari X-Trail yg kecil itu, dan punya 2 mesin yg beda, salah satunya mesin 2.4 tenaga 181 dk itu nih, jd bingung

      • Dewa Yudhi

        Copas spec dari luar negeri kali tuh, which is lebih lengkap dari yg bakal diluncirkan disini. Dan utk meyakinkan mereka buat judul “Daftar Fitur New Sprotage DI INDONESIA”. Mungkin media itu pengen jadi yg terdepan dalam memberitakan info terkini haha

  • bluesdevil

    Sorento yang baru gak dikenalin juga?

    • Indra

      Carnival yg baru gak dikenalin juga?

  • Levi

    Luarnya cakep, ada aura Porsche Macan menurut gw,

    Tp begitu masuk ke dalem rasanya kayak lihat mobil tahun 2012’an, kalo KIA mau serius ambil pasar mobil hobby di Indonesia, plg nggak desain dashboardnya dibuat cakep dong

    • Indra

      Yg bikin interiornya agak lemah:
      1.HUnya gak touchscreen, udah double DIN sih tapi kerasa gak pantes aja yg harganya mau 400 juta, sama kyk saudara tuanya, di Malaysia yg duluan launching HUnya punya layar yg lebih lebar dari versi lokal
      2.Pilihan warnanya harusnya warna hitam semua bukan two-tone gini, atas hitam bawah krem, bangkunya jg warna krem

      • Rockmeo

        Mungkin ini yg tipe standar yg setara Tucson GLS kemarin
        Yg flagship mudah2n berubah setidaknya kayak gen sblmnya ada HU touch monitor dan ada headrest monitor

        • Dewa Yudhi

          Sayangnya ini model flagshipnya om (GT Line)

          • Rockmeo

            Mudah2n itu HU ny diganti setidak ny pake yg HU gen lama jg gpp plus monitor head rest

          • Krisna

            Ya betul, itu sangat mempengaruhi keputusan beli.

          • Krisna

            Masa Kia udah segitu lama di Indonesia masih gak tahu selera pasar, kalau masih HU begini ya siap siap gak laku.

          • Dewa Yudhi

            Soal selera pasar tiap produsen pasti tau lah. Mungkin mereka mau control harga. Maklum lah CBU jadi terpaksa sunat sana sini biar harganya gak kemahalan

  • bukansales

    Luarnya sih keren parah
    Tapi begitu masuk kedalem nya liat interior nya langsung pengen nyetel lagu mengheningkan cipta

    • Lol

      Stuju bgt

  • Zoeli Irwan

    Setelah Tucson dengan design baru dikenalka di IIMS dan Sportage akan diluncurkan di GIIAS, menunjukkan taring mobil Korea di pasar otomotif Indonesia. Design Sportage menarik dan terlihat agresif utk young spirited driver sedangkan Tucson terlihat cool elegant dan mature. Semoga saja kehadiran keduanya menyegarkan pasar mid SUV stlh CRV dan CX5 sdh ckp lama beredar di jalanan nusantara.

  • Brabusbus

    Secara kesuluruhan improvement, tapi sayangnya lebih kelihatan kalau cuma facelift dari pada major change, apalagi kalau dilihat dr samping. Dan sorry to say, tampangnya maksa bgt.

    IMHO, agak pesimis sih sama sportage dan tucson, secara dimensi dan harga serba nanggung antara Crossover atau medium suv.

    Walaupun di Eropa mbl ini di pasanginnya di kelas crv/xtrail dll tp dari segi dimensi dan bentuk mbl ini lebih pas masuk ke crossover.

    • Indra

      Harga oleh duo Korea ini sengaja set di angka di bawah 400 jutaan supaya bisa dianggap termurah di kelasnya (kalau dilihat dari CR-V dkk yg harganya udah 430 juta keatas semua), makanya karena sama-sama CBU Korea yg bea masuknya beda dgn AFTA, fiturnya banyak disunat dan akibatnya mobilnya jd “biasa-biasa saja” ga ada spesialnya dibanding mobil jepang, walaupun mobilnya ganteng pun, sehingga duo Korea sulit utk dapat perhatian lebih dari orang sini.

      Soal duo Korea yg dianggap lebih cocok masuk kelas Crossover, mungkin karena mesinnya 2.000 cc ya, tenaganya setara dgn Outlander Sport misalkan, sedangkan CR-V dkk meskipun punya varian 2.0, orang banyak beli yg 2.400/2.500 cc karena dianggap punya tenaga yg lebih besar dari 2.0.

      • Brabusbus

        Menurut artikel sih harganya kisaran 350-400 jutaan, yang dimana memang sudah paling murah dibanding mid suv lainnya, tapi….

        Selain mesinnya yang hanya 2.000cc kata bro Indra bilang, tetapi juga dimensinya juga lebih pas masuk dikelasnya Outlander dan Qashqai. Meskipun X-trail dan CR-V ada yang 2.000cc tapi dimensinnya nggak bohong.

    • CT HardCore

      Di eropa saingannya nissan qashqai

      • Brabusbus

        Nah memang harusnya di set nya untuk lawan Qashqai & Outlander, tapi reviewer2 diiluar banyak yang masukin Sportage/Tucson dikelas midsize SUV yang isinya CR-V, Rav-4, Ford Kuga dll karena Santa Fe masuknya udah dikelas Murano, Highlander (Kluger) dll.

        Kalo di Indo, mid SUV diadunya sama Santa-fe yang seharusnya beda kelas. Pas nya sih ini mbl masuknya dikelas B (ingung)-SUV.

  • Bonni Gari Leksmana

    Panoramic sunroof yakk?

  • 911

    Depannya, wassalam deh, mending sportage lama dah. Kalau milih antara tucson atau sportage secara tampilan… pilih tucson. Lebih balance desainnya, normal, dan kerasa major changenya dibandingkan ini. Semoga pas facelift kia tobat dengan tampang depannya

    • Masih kecil

      Betul mas…………………..

  • Jeem

    Hmm satu lagi apa ya? All new sorento? Atau Sedona?

    • M.U.Fathurrohman

      Menurut gw sih mending masukin cerato atau ceed aja, biar ada sedan kia di indo. Sama mending masukin carens lagi, asal jangan sunat masal

      • Indra

        Boleh sih, tapi pasar mobil kayak gini yg gak ramah sama sedan mendingan jgn jual buat konsumen pribadi, kayak cerato buat taksi dan Elantra jd mobil polisi

      • Sporky

        sedan kia di indo udah ada optima dan rio sedan yg dijadikan taksi.

      • The Icon

        cerato bukannya deh masuk yah 2012 kmrn tp buat taksi

    • Adamgus

      sepertinya Sorento. Di malay sportage-sorento keluarnya bareng malahan.
      Sorento oke sih, walau desain masih lebih oke si Santa Fe Sport. Setidaknya mesin sama dan kencang, dan mungkin kabin lebih luas (?) dibanding Santa Fe Sport.

      Opsi lain Ya Carnival.

      Tp lebih vote buat kia Soul sih haha

  • gaps

    Makin suka sm perkembangan mobil Korea sekarang. Makin Eropa dan punya karakter. Dibanding Jepang yg mayoritas menurut saya bgtu2 aja..
    Cm kalo boleh jujur masih lebih suka gen 3,lebih orisinil dan masih kliatan European looknya. Kalo gen 4 ini terutama di bagian depannya agak2 terinspirasi Macan jdinya. Terus warna interiornya lebih baik dikasih full black sm aksen piano black. Kalopun ada unsur warna terang dibikin lebih soft. Sayang dasbor bagus kayak gtu dikasih warna terang nyala gtu kesan mewahnya malah jd hilang..
    Sm satu lg. Masukin mesin dieselnya dong! Yakin bgt bakal jd volume-maker seandainya masuk varian dieselnya. Semoga ada varian three-pedals juga. Jangan matic doang kayak Tucson.
    Overall,keren!

  • SupraX150

    Mobil korea mah bgitu, fiturnya selalu banyak yg disunat, tetapi dibayar dengan build quality kelas wahid

  • Ale

    Tampang moncongnya aneh dah

  • Putra

    Kata2 “dashboard ala eropa” dari si penulis udh bikin ekspektasi tinggi. Ehhhh pas liat fotonya ._. Astagfirullah

  • M.U.Fathurrohman

    Kayanya sengaja dipajang warna item jadi gak begitu keliatan wujudnya

    • Indra

      Karena bukbernya abis dealer meeting KIA, biasa acara gitu suka dikasih lihat mobil yg akan launching

  • rs

    Desainnya Keren sih…(jelas karena yg nge desainnya peter schryer) tapi masih lebih keren tucson…interiornya harusnya kalau GT line hitam saja, tapi keren kok…kayak versi malaysia…mesinnya yah masih pakai yg lama…sedih gak pakai yg baru..tapi saran buat kia Indonesia, jangan banyak sunatan fiturnya plus hadirkan carens lagi, sama all new sorento dan carnival…

    • Indra

      Di Malaysia jg pake mesin lama kok, dan ga ada panoramic sunroof kayak versi lokal

    • Krisna

      Kalau mesin lama ya gak menarik lah…

  • Blank200

    ada yg tau ini mobil apaa??

    • Shark Owner

      Yg bawah Honda Edix

      • Blank200

        yang bawah sih honda f-rv tapi cari di wiki gak ada tuh… btw di eropa byk sportage bro..

        • Brabusbus

          F-RV dan Edix itu sama bro, hanya penamaan sesuai regional aja.

  • Adamgus

    dashboard emang harus jadiin full black sih, tp kalo untuk bangku dikasih wara non-black untuk membantu agar tidak menimbulkan kesan sempit.

    HU unit mestinya udah touch screen, ada rear camera, fitur esc wajib sih. TC, HSA, HDC bisa jadiin optional.

    Ya keluarin beberapa tipe deh, jgn 1 atau 2. Biar pasarnya tambah luas.

    ====
    anw bangku udah kulit? Baris kedua lega?

    • Indra

      Sepertinya HSA dan HDC udah standar di Sportage baru, plus sama Drive modenya.

      Sudah pake kulit kok

      • Adamgus

        anw pas liat dashboard nya dari gambar di otodriver terlihat bagus kok, selera sih, tp gambarnya emang lebih baik dibanding gambar diatas.

        oh iya, diesel sportage ini masih yg lama atau yg baru? Wajib dex?

        • Rafi M. P.

          Sportage Diesel gak dipasarin lagi sama KMI karena kurangnya minat, abis varian Diesel fiturnya dikit sih

    • Krisna

      Setuju banget soal dashboard. Soal keluarin bbrp tipe juga setuju, ada yg mau full option dan mesin canggih walau mahal, ada yg mau mesin kuno spec rendah asal murah.

  • Masih kecil

    bagusss…………….

  • agus

    ternyata dounspec di interior….. sayang sekali……

    • Krisna

      Wah kalau kaya gambar diatas cakep ya, kalau HU kecil kok kunoooo banget

  • Dewa Yudhi

    Ini GT Line udh fix kah? Lumayan nih fiturnya, semoga gak ada sunatan lagi. Kalo cara jualannya kaya gini bagus nih, nyediain dari trim terbawah sampe trim paling atas yg fiturnya (lumayan) lengkap. Jadi customer punya banyak pilihan. Semoga bisa diaplikasikan hyundai utk new tucson. Kasian design cakep tapi cuma jual 1 trim & fitur banyak disunat

    • Rockmeo

      Info ny belum fix masi bakal ada penyesuaian lagi

  • Brotoseno

    Kia dealernya ga jelas. Harga jual terlalu hancur..

    Kapok dah miara kia

  • Masih kecil

    Masih mending ini daripada hyundai tucson

  • Ronny Rasdyantoro

    luar biasanya cakepnya! duh! harganya belum pas di kantong :l

  • Indra

    Coming soon…
    all new Sportage… (Sudah ada iklannya di koran)

  • Krisna

    Serba salah, kalau mau bagus seperti di luar negeri harag jadi mahal, orang pilih beli merk lain dgn harga sama atau nambah sedikit, kalau spec diturunin orang gak nafsu. Pusing …

  • Krisna

    Kalau lihat Kia sportage bensin turbo seperti yg di you tube sih bagus sekali, Mesin bagus, interior bagus, fitur lengkap. Namun kalau harganya 500jt an apa orang gak pindah ke CRV/CX5? Sedangkan jika mau di harga 350jt sd 400jt an spec jadi jelek

  • Bonni Gari Leksmana

    Aduh head unitnya… Knapa KIA slalu nanggung siy? Kecewa pas Carens dan Optima dikasih head unit abal2. Harga udah segitu loh…

  • Maserati Levante

    Wah mahal banget yah, mending beli Captiva deh