Gaikindo International Automotive Conference Fokus Bahas Pemanfaatan Energi Terbarukan

Gaikindo International Automotive Conference Fokus Bahas Pemanfaatan Energi Terbarukan
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada setiap pelaksanaan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), GAIKINDO mengadakan acara seminar internasional yaitu GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC). Dengan tema ‘Towards Net Zero Emission Now’, GAIKINDO melihat hal tersebut begitu penting untuk industri otomotif di Indonesia demi mencegah kerusakan lingkungan. hal ini sejalan dengan tema GIIAS yang mengusung tema Future Now untuk menunjukkan Green Future Technology

Dihadiri oleh Basuki Tjahaja Purnama

Pada pelaksanaan The 17th GIAC dihadiri oleh Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama sebagai keynote speaker. Dalam sambutannya, Basuki menyampaikan rasa bangganya kepada industri otomotif atas pencapaian ekspor di tahun 2022. ”Industri otomotif sangat tahu apa yang diinginkan masyarakat. Kami sangat bangga terhadap industri otomotif atas capaian ekspor yang mencapai hampir 500.000 dan hanya mengimpor sebanyak 80.000 dari yang kendaraan yang diproduksi sejumlah 1,2 juta,” tutur Basuki.

Di akhir sambutannya, Basuki mengajak para pelaku industri otomotif untuk bekerjasama membuat negara Indonesia semakin besar. ”Pada kesempatan hari ini, mari kita bersama-sama industri otomotif melakukan pekerjaan kita untuk dapat membuat negara ini menjadi lebih besar,” tutup Basuki.

Pemanfaatan Teknologi Ramah Lingkungan

Dalam pelaksanaan GIAC yang ke-17 kali ini, Agricultural Attache Embassy of Brazil, Bruno Breitenbach, menjelaskan bahwa di Brazil sudah berjalan pemanfaatan ethanol sebagai bahan bakar. Namun, untuk Indonesia, diperkirakan akan menghadapi tantangan besar dalam pemenuhan bahan bakar ethanol. Dari sisi industri otomotif di Indonesia, Toyota misalnya sudah siap dengan ragam solusi untuk mencapai program emisi karbon rendah

Direktur Production Logistic Control & Technical Directorate, Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Widjanarko menegaskan ”Contoh paling konkrit yang saat ini dilakukan bukan hanya produksi ragam kendaraan dengan berbagai platform, namun juga pemanfaatan energi yang minim menggunakan energi dari pembangkit. Melainkan penggunaan pola aliran yang natural seperti gaya gravitasi, sehingga bisa menghemat penggunaan energi yang besar di pabrik Kami,”

Read Prev:
Read Next: