First Impression Review Mitsubishi All New Pajero Sport Indonesia, Part 1 : Eksterior

First Impression Review Mitsubishi All New Pajero Sport Indonesia, Part 1 : Eksterior
0  komentar
_Pajero Sport baru

AutonetMagz.com – Sebelum peluncuran resminya akhir bulan ini, PT. KTB Mitsubishi Motors Indonesia memberikan izin kepada kami untuk mengeksplorasi All New Mitsubishi Pajero Sport, dan kami pun bisa menceritakan bagaimana sebenarnya mobil ini kepada anda sekalian. Berhubung banyak detail yang harus dibahas, artikel kami bagi menjadi 2 bagian supaya tidak kepanjangan. Di bagian pertama ini kita akan membahas eksteriornya dulu, baru di bagian kedua kita bahas interiornya.

Jika kita tahu pada generasi sebelumnya, Pajero Sport masih satu basis dengan Mitsubishi Triton , bahkan tampilan maupun interiornya mirip dengan versi pick-upnya, di generasi kedua ini, kesan tersebut benar-benar hilang, karena di generasi ini tidak ada mirip-miripnya antara Pajero Sport dengan Triton. Ini merupakan pengembangan yang baik, karena bisa mengaburkan jauh-jauh kesan “Pick up di-SUV-in” seperti yang terdahulu.

2016 Mitsubishi All New Pajero Sport front fascia depan

Wajah Mitsubishi Pajero Sport baru kini sudah mengadopsi gaya desain anyar dari Mitsubishi yang dinamai Dynamic Shield. Lampu depannya berdesain menyipit, lengkap dengan LED DRL serta lampu xenon di dalam projector lens-nya. Di varian Dakar yang kami simak ini, masih ada headlamp washer seperti pada Pajero Sport Dakar lawas yang ditempatkan di bawah lampu depan. Tinggal pencet tombol washer di kabin, noda di lampu depan hilang meski tanpa kekuatan mencuci 10 tangan.

Washer lamp Mitsubishi Pajero Sport 2016 baru versi Indonesia

Desain headlamp kanan-kirinya dihubungkan oleh gril chrome dan logo Mitsubishi di tengahnya. Detail berupa garis chrome di dalam headlamp yang menyatu dengan garis desain grilnya cukup ciamik dan kami suka. Di bawah lampu depannya, aksen chrome berbentuk huruf C masih berlanjut hingga ke bagian atas foglamp. Pada bumper depan bagian bawah, trim silver melengkapi keseluruhan tampilan depan, dan jumlah chrome yang disematkan di muka yang beraura dinamis ini hasilnya lumayan juga.

Projector headlight lampu Pajero Sport baru dan grill

Meski wajahnya tergolong oke, tapi kalau dilihat lebih detail, masih ada celah yang menganga antara kap mesin dan gril, tapi katanya itu bukan gara-gara build quality yang jelek, melainkan memang begitu desainnya. Seperti Lexus LFA saja ya? Tapi kami penasaran bagaimana jika Mitsubishi meneruskan gaya Dynamic Shield ini ke mobilnya yang lain, tapi jangan seperti Outlander Sport facelift yang desain inverted slent ala Lancer Evo X lamanya dijejali muka Dynamic Shield. Bukannya bagus, malah maksa.

Tampak samping Pajero Sport baru 2016

Dari samping, kami kaget karena ukuran wheel arch Pajero Sport baru ini tergolong tinggi dan lebar. Memang, generasi sebelumnya juga punya wheel arch yang tinggi, tapi yang ini kelihatannya sedikit lebih lebar dan bagian dalamnya tidak diberi lapisan penutup atau pelindung. Maka dari itu, kita masih bisa mengintip sebagian dari sasisnya, termasuk bagian mekanikal lain di sekitarnya.

Suspensi belakang Mitsubishi All New Pajero Sport baru 2016

Untuk tipe Dakar, ada side step berbahan logam yang dibungkus dengan plastik, sangat berguna bagi kemudahan akses keluar-masuk dari SUV dengan ground clearance 218 mm ini. Spionnya sudah dilapis chrome dan ada lampu seinnya, handle pintunya juga sudah chrome dan ada tombol untuk keyless entry. Di sektor jendela, ada chrome (lagi) yang dipasang hingga ke pilar D.

All New Pajero Sport baru 2016 versi Indonesia tampak belakang

Jika melihat mobil ini agak serong dari belakang, mobil ini kelihatan gagah, tinggi dan ada kesan seperti hasil pahatan di struktur bodinya. Pajero Sport baru punya ban tebal dengan ukuran 265/60 untuk membungkus pelek 18 incinya yang mengaplikasikan two tone blade style finishing, seperti mobil-mobil zaman sekarang.

Rem belakang cakram Mitsubishi All New Pajero Sport baru 2016

Nah, sekarang giliran kita menyimak bagian belakangnya yang katanya kontroversial. Sebenarnya aslinya tidak buruk-buruk amat, tapi desain lampu belakangnya seolah mengacaukan proporsi desainnya. Perhatikan baik-baik lampu belakangnya, seolah ada kemiripan dengan desain lampu Honda Jazz GK5 bukan? Hanya saja posisinya dibalik, karena jika di Jazz lampu remnya ada di bagian atas, maka di mobil yang biasa disebut Pasport ini lampu remnya diletakkan di bawah, seraya menciptakan kesan seperti tetesan air mata. Melihat desain seperti ini memang bikin air mata bercucuran.
Lampu belakang Pajero Sport baru All New 2016

Hal bagusnya, teknologi LED sudah hadir di lampu Pasport, baik itu untuk lampu rem atau untuk positioning lamp-nya. Tipe LED-nya adalah LED bar, jadi ada rasa-rasa bak mobil Eropa di saat semua lampunya menyala.

Satu hal lagi yang ingin kami perlihatkan adalah, bagian atas dari buntut mobil ini terlalu gundul dan terkesan mengotak. Mungkin ada bagusnya kalau Mitsubishi memasangkan roof spoiler di bagian atasnya agar sedikit mengaburkan kesan jangkungnya. Sayangnya, meski postur belakangnya tinggi dan pintu bagasinya besar, kaca belakangnya cukup kecil, dan ini bisa mengganggu visibilitas ke belakang.

All New Mitsubishi Pajero Sport 2016 Indonesia tampak belakang

Hal lain yang patut dihargai dari Pasport baru ini adalah, terlepas dari penggunaan lampu berdesain tetesan air mata tadi, pengaplikasian chrome di sektor buritan sama sekali tidak berlebihan, tidak seperti Suzuki Ertiga Dreza. Mitsubishi merasa cukup dengan batang chrome di antara lampu belakang, aksen silver di bawah bumper belakang serta emblem “Pajero Sport” dan “Dakar”. Kerja bagus, Mitsubishi, soalnya kami sudah mual melihat terlalu banyak chrome belakangan ini.

Mitsubishi Pajero Sport baru 2016

Jika anda adalah die hard fans mobil 4WD atau suka melibas medan off-road dengan mobil anda, anda pasti suka dengan overhang mobil ini, belum lagi approach & departure angle dari Pajero Sport baru ini. Penataan approach & departure angle-nya didesain dengan baik untuk bisa melahap medan-medan berat yang susah dilalui mobil biasa, cocok untuk mengantar bos melihat lokasi proyek di daerah-daerah.

All New Mitsubishi Pajero Sport baru 2016 versi Indonesia tampak depan

Jadi, kesimpulan dari desain luarnya adalah… Fifty-fifty, soalnya wajah depan All New Pajero Sport dengan bahasa desain Dynamic Shield ini bisa dibilang ganteng, bahkan cukup merefleksikan penampilan mobil masa kini, tapi bagian belakangnya itu, terutama di lampu belakangnya yang terlalu futuristik. Saking futuristiknya, rasanya butuh ratusan gulung tisu untuk mengelap air mata orang yang melihat desain lampu belakang bergaya air matanya itu. Apa desainernya juga lagi sedih atau nangis ya waktu mendesain buntut Pajero Sport baru ini? Ah, sudahlah, kami kembalikan pada anda selaku calon konsumen untuk menilainya sesuai selera dan kepercayaan masing-masing.

Jadi, bagaimana dengan interiornya? Tunggu bagian kedua dari First Impression Review All New Mitsubishi Pajero Sport Indonesia dan sampaikan opinimu di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Aku Mah Apa Atuh

    Kalo lampu belakangnya diganti sama fortuner baru punya = GANTENG MAKSIMAL!

    • Shark Owner

      Jadi krisis identitas atuh jadinya, udahlah diganti sama rear lampnya Outlander beneran FL aja udah guanteng puol

      • ryo

        maap OOT, tapi ini mata gw yg siwer aja apa gimana ya pertama kali bgt liat gambar si outlander yg gambar pertama langsung bilang “loh Mobilio?” Mirip bgt mobilio versi suv gitu wkwk

  • Gengsi Mau Bilang Suka

    Gw ngga yakin bahasa design ext macam gini bisa dibilang mewah atau sporty. Ini sih cenderung bland. Lampu belakang yg lg nge trend kan bentuknya horizontal. Lampu belakang Pajero Sport yg lama sudah cukup oke. Tp kenapa yang all new jadi balik ke masa lalu model vertikal?
    Dan tentu saja sebagai mobil SUV jd pertanyaan besar utk apa chrome di hidung sebanyak itu?

    • C5W

      hahaha..selera sih yah chrome segitu, cuman kalo liat aslinya, gagah kok mobilnya, gede, tinggi and kuat kesannya, cman buntunya doang yg yah begitulah….

  • otomoto

    dr depan gagah bgt, pas kbelakng kya flashback gt mikirin penjualan mitsu d amrik,, #galau .
    ini sdh ada panoramic sunroof nya ?

    • C5W

      sunroof aja masbro, gak ada panoramic sunroofnya…

  • ap88

    Cuma dua hal yg saya suka dari eksterior pajero sport baru ini,tampilan depan dan ban standarnya yg pake merek Toyo,betul2 bergengsi banget pake ban toyo

    • C5W

      iya, ban-nya bagus tuh, masih pake Toyo, tau deh, setelah beberapa tahun kemudian didowngrade kaganya….

    • pake toyota dari dulu bukannya?

      • blacky2198

        Ane unit awal 2009 dikasih bridgestone…

  • rs

    Desain depannya keren abis untuk sebuah high suv (sama kerennya dgn santa fe)……akhirnya sunroof pun masih dipertahankan untuk tipe dakar…….tapi ketika lihat ke belakang……agak kurang sedap dipandang tapi masih batas wajar….kalau diganti lampu belakangnya sama yg santa fe/fortuner/everest bisa lebih keren lagi…..lama lama gak sabar nunggu artikel tentang interiornya….sama kualitasnya

  • embercor

    Ibarat orang pasport ini mukanya cantik tapi pantatnya tepos…???

  • Farrel

    Menurutku desainnya sih keren banget karena terlihat gagah seperti sebelumnya juga futuristis terutama bagian depannya.

  • Levy Pillar

    Buntutnya kok bikin ni mobil kurang gagah ya

  • farid

    pajero sport ini sebenarnya bisa dibilang overchrome,tapi saya suka aksen chrome nya dan ditambah desain dynamic shield yg menurut saya sangat ganteng dan wajah dynamic shield mitsubishi ini sangat cocok kalau pake chrome,soalnya gak norak dan tentu saja gak mirip wajah badut dari mpv terbaru merek “s”

  • Cak Dri

    Senang lihat mobil kayak gini… recommended to buy…

  • Gingham Check

    Saya kok ngeliat pajero baru kayak Jazz SUV.
    Headlamp sama, stop lamp dibalik doang.

  • Oki Ngew

    Sayangnya interiornya kenapa harus kayu2an begini. Tapi exteriornya overall keren lah

    • dik

      Waduh iya saya juga liat review otomotifnet gambar interiornya ada kayu” begitu buat versi jepang. Buat di indo samain kaya thai kek pake piano black

      • C5W

        tunggu review interiornya yah, lagi digodok nih….

      • Soni Hermawan

        Itu interior sama dengan yg punya indo kok ada aksen kayu nya juga. Kmarin liat ulasan nya di media lain

      • cek ig kita sis… ada yang lebih lengkap… hehehe

        • dik

          Waduh saya cowo bung hanif bukan sis

  • M Qaidi Barak

    Ternyata gak seburuk yang dibayangkan. Lumayan ah belakangnya, not the best tapi nanti juga kebiasa. Depannya itu lho, aje gile keren banget! Udah ah, skrg duduk manis tunggu first impression interior nya dan transmisi 8 percepatannya. Moga2 tahun ini bisa kebeli mobil full suv, seru pertarungannya (everest-fortuner-pasport).

  • dik

    Bung hilsat ke jepang? Ini pengetesan yang di jepang kah?

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Kagak bro, di indo… Ini media2 di undang sama PT. KTB…

    • ap88

      Tuh di latar belakangnya ada gedung ijo salah satu merk rokok indo

      • dik

        Oiya bener di indo kirain di jepang wkwk

  • dik

    Untuk review interior nya coba dijelasin build quality dasbornya ya walaupun udh tau pasti dasbornya full plastik tp coba gimana tebel apa ringkih, secara ngeliat yg di thai dasbornya full plastik sih.. oiya satu lagi kalo ngeliat pasport dakar skrg kan gaada ac baris kedua karna ada sunroof, ac nya cuman ada di baris ketiga doang, nah pasport dakar yg baru ada ac baris keduanya ga walaupun ada sunroof?

    • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

      Build quality full plastik di dashboard dan door panel… Yg soft touch paling lapisan kulit di trim pintu doang. (liat web sebelah)

      • dik

        Menurut saya plastik gapapa sih asal build quality nya oke

        • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

          Ah plin plan nih… Yg namanya bahan soft touch lebih bagus dr pada plastik keras… Ingat harganya bro!! Masa kalah sama mazda 2?!!! Giliran ANKI, yaris, vios, dan mobil2 toyota yg gk pake soft touch, dibilang TAM pgn untung aja…. Gk mutu ATPMnya!! Giliran PS ini gk pake soft touch, gk apa2 yg penting build qualitynya oke… Klo gitu ANKI, yaris, vios, etios, avanza, dll kan build qualitynya jg bagus… Gapnya rapet2 semua. Tpi giliran ANF pake soft touch, gk terlalu penting… Berarti dr komentar anda, Alphard-Velfire, Land Cruiser, Camry, Corolla Altis, Prius dan mobil mahal toyota lain gk pake bahan soft touch gk apa2 gitu!!??? Kan yg penting build qualitynya jempolan… Gitu?????

  • SemuaSukaTurbo

    Sayang sekali desain buritan PaSport tidak seganteng depannya. Bisa jadi dealbreaker calon-calon konsumen dan beralih ke Fortie. Padahal mesin dan transmisi varian Dakar termasuk advanced untuk sebuah mobil diesel.

  • Sundaruu

    Bagian depan so far okelah,tapi begitu liat tarikan design buritan ya ampun jd aneh perpaduan nya, at least i’ve must vote for all new fortuner

  • Oki Ngew

    Liat punya otodriver lengkap banget lho..

  • loki

    Ga ada bocoran harga nih?

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Cepetan bang yg part 2..! Menunggu yg part 2… Oh ya interiornya sama seperti gen sebelum ini, ada wood panel di center console dan trim pintu… Warna kayunya sama persis dgn yg lama, coklat terang bukan gelap kyk sorento. HU aftermarket

  • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

    Untuk harganya dr tipe glx sampe dakar 4×4 berapa yah?? Penasaran

  • prosciutto

    Gw handsdown pilih ini. Minus panel kayu2annya aja sih. Lain2nya oke bgt.

  • wowkeren (new)

    modelnya sih bagus juga, walaupun agak nyeleneh di belakang. tapi denger-denger fiturnya ga sebanyak fortuner ya?

  • nandi

    Sekedar saran buat Mitsubishi, coba tambahin spoiler dibagian belakangnya. pasti belakangnya gak sedatar skg desainnya..

    • Hamid Rosyidi

      Biasanya ada genuine accessories. Mayan buat tambahan

  • metzh

    sebenernya new pajero sport ini juga overchrome kayak ertiga drezza. bahkan area chromenya bisa jadi lebih luas yang ini.. tapi desainernya sukses bikin ni mobil keliatan ganteng, bukan malah norak kayak merek sebelah..

    btw imo lampu belakang mobil ini kayak lampu belakang new crv yang dibalik

    • AutonetMagz

      jhahahaha…bisa aja :v

    • wkwkwk

    • Shark Owner

      Lebih mirip punya Jazz GK Gan, sama2 ada LED Bar melelehnya wkwkwk

  • afat srikandi

    indent all new pajero sport 2016 , hubungi marketing executive pt.srikandi diamond motors.
    hp : 082122261879 / 081908705902.

  • panameraboy

    dari samping antara pilar C dan D nya kok kayak gemuk gitu ya. gara2 garis kaca ketiganya yang naik ke atas

    • metzh

      iya tuh, bisa banget buat bikin asesoris yg nutupin lampu belakang dr bagian putihnya sampe ke garis belahan bumper

    • Soni Hermawan

      Mungkin buat nutupin lampu yg meleleh itu eh lampu tangisan air mata nya scotlight bisa jadi jawaban..haha

  • 4×4

    btw antenanya mana yaa? apa uda sharkfin?

    • C5W

      kalo gak salah antennanya printed glass kok modelnya

      • Mas Bejo Wakwaw (penerus Bejo)

        Sayang bgt gan, klo model shark fin kyknya bagus tuh

  • dik

    Kayanya gaada sensor parkir depan ya? Ga kaya di thai, sama yg di sini gada antena ya? atau emg di sembunyiin?

    • C5W

      seinget ane gak ada deh, rear parking sensor en kamera aja…

  • Soni Hermawan

    Entah kenapa ngeliat depan nya klo logo nya diganti huruf H kyk nya cocok,soalnya sekilas mirip crv ,brv gitu.

  • Djayo Anggoro

    Sebenarnya nih mobil cakep dan gagah, tapiii begitu liat belakangnya malah agak “tepos” gitu, di tambah lagi lampu remnya yang jatuh kebawah bak air mata 🙁 jadi inget lampu belakang bus jetbus2 seriesnya adiputro~.

    Masih gagahan everest baru sama fortie baru kalo liat dari belakang…

    • Ahli Sasis

      Setuju Djayo, jauh lebih gagah dan ganteng Gran Max angkot bersasis monokok punya ente itu.

      • Djayo Anggoro

        yaelah masih aja diungkit2 -__-

  • orrtix

    suka banget desainnya! tapi sayang saya ga kepikiran mobil gede kayak gini. Selama ini pake MPV aja buat dalam kota.

  • putra

    Depannya juwaraaaaa.. Chromenya banyak tapi berkat designnya jadinya apik!!!! Justru jelek kayanya kalo bukan chrome.
    Belakangnya no comment deh ya hehe . Udh cukup terwakili dengan comment2 diatas .

  • Dewa Yudhi

    Cakep (depannya). Warnya coklatnya cocok bgt. Tapi ya belakangnya itu. Tapi kayanya lama kelamaan juga bakal bisa diterima. Sama kaya mpv baru dari merek sebelah (walaupun sampe saat ini masih agak susah mencerna design belakangnya)

  • Roby Mitsubishi

    Dealer Resmi Mitsubishi Center Jakarta
    ROBI: 0821 1434 0707
    —————————————————–
    SALAM MITSUBISHI…
    Kami dealer resmi mitsubishi jakarta memberikan layanan dan servis yang terbaik bagi para customer setia mitsubishi

    Bagi bapak/ibu sekalian yang sedang berencana untuk membeli mobil unit baru merek MITSUBISHI, coba cek harga disini

    HARGA PAJERO SPORT JAKARTA :
    1. PAJERO SPORT DAKAR 4X2 A/T : 496.000.000
    2. PAJERO SPORT DAKAR 4X4 A/T : 623.000.000
    3. PAJERO SPORT EXCEED 4×2 A/T : 446.000.000
    4. PAJERO SPORT GLX 4X4 M/T : 495.000.000

    MIRAGE
    *Mirage Exceed Rp. 184.000.000
    *Mirage Gls Sport Rp. 179.000.000
    *Mirage Gls Rp. 173.000.000
    *Mirage Glx Rp. 162.000.000

    OTR DELICA
    -DELICA 2.0 AT Rp.424.000.000
    -DELICA ROYAL 2.0 AT Rp.450.000.000

    Showroom Terbesar Di Jakarta
    Melayani Juga Penjualan :

    # Strada Triton
    # Colt Diesel
    # L300
    # T120ss
    # FUSO

    Dapatkan Informasi Harga, Promo dan Paket Kredit Terbaru dari Kami………………..
    Kredit bisa s/d 6 tahun dengan Dp ringan…….
    Untuk Penawaran Kredit Bisa Hubungi Sales Mitsubishi Dengan Nomor Di bawah ini.
    —————————————————–

    Informasi Call :
    Robi mitsubishi
    Hp. 0821 1434 0707

  • Jin Pepeng

    Jelek dan buruk bagian exterior belakangnya….pas liat depan ganteng…begitu liat belakang ancur abis designnya….sdh bagus pajero sport lama…sempurna lampu belakangnya ….kalah cerdas dg design fortuner….ciamik lampu belakangnya

  • Afat Mitsubishi

    interior dan exterior kembali kepada selera agan agan semua, tapi untuk dapur pacu dan lelebihan fitur all new pajero sport lebih unggul.

    yang mau test drive all new pajero sport, simulasi kredit, promo terbaik bisa call afat aj gan di 082122261879 / 081908705902.

    salam sukses otomotife indonesia.