Ferrari FF Segera Dapat Menu Facelift, Tetap Pertahankan Mesin V12 Tanpa Downsizing

Ferrari FF Segera Dapat Menu Facelift, Tetap Pertahankan Mesin V12 Tanpa Downsizing
0  komentar
ferrari ff

AutonetMagz.com – Kami hampir lupa kalau Ferrari punya FF, soalnya yang kami ingat dari Ferrari baru-baru ini paling hanya California T, 488 GTB, F12 Berlinetta dan LaFerrari. Satu-satunya supercar Ferrari yang pakai penggerak AWD ini kini usianya sudah 4 tahun, dan Ferrari memikirkan kalau sudah saatnya FF diberikan kosmetik baru untuk alasan anti-aging, alias facelift. Menu facelift-nya tidak macam-macam, yang simpel-simpel saja.

Ferrari akan mengubah wajah FF dengan headlamp baru yang diklaim bakal berbentuk mirip dengan Ferrari lainnya, gril yang didesain khusus untuk FF dan bumper depan baru. Untuk bagian belakangnya, Ferrari tak mau bicara banyak. Model keseluruhan FF tetap dipertahankan, yang artinya tetap bisa memuat 4 orang dengan baik dan punya bagasi yang lebih besar dari Renault Scenic (meski tetap saja modelnya aneh bagi saya).

ferrari ff rear

Lain cerita di balik kap mesin. Jika California T dan 488 GTB kini ikut tren downsizing plus turbo, FF tidak akan ikut-ikutan, karena mesin naturally aspirated 6.300 cc V12-nya bakal dipompa hingga menyentuh 700 hp, alias setara Lamborghini Aventador. Transmisi DCT-nya bakal ditambah jumlah giginya, yang tadinya 7 gigi nanti jadi 8 gigi.

ferrari ff interior

Sekedar info, Ferrari FF adalah Ferrari yang unik (atau aneh), terutama di sistem AWD-nya. Karena Ferrari tidak mau meniru sistem AWD dari mobil lain semisal Bentley, maka Ferrari merancang AWD-nya sendiri dengan 2 girboks di depan dan belakang. Girboks bagian depan ukurannya sangat kecil dan hanya bisa menahan 20% output mesin, ia pun hanya bisa dipakai sampai gigi 4 saja. Kalau sudah masuk gigi 5, girboks depannya mati total, sehingga ia berubah dari AWD menjadi RWD.

ferrari ff front

Ferrari FF facelift akan dijadwalkan untuk pamer perdana di sebuah pameran besar tahun depan, akan tetapi baru akan dijual setahun setelahnya sebagai model year 2017. Seaneh-anehnya FF, sebuah Ferrari pasti dapat citra spesial baik dari konsumen maupun penggemarnya. Bagaimana opinimu tentang Ferrari FF? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • farid

    Mungkin mimin bilang aneh karena desainnya agak ke hatchback hatchback’an gak kaya ferarri umumnya yg berbentuk coupe dan convertible.tapi ferarri FF ini berjenis shoting brake

  • Enrile Indro Prasetyo

    Untuk orang-orang kaya yang mau tampil low profile, walau tetep kelihatan kaya karena mengendarai Ferrari..

    • Levi

      Logo kudanya diganti Daihatsu biar ttp low profile …

  • otomoto

    baca artikel ini, ttg gearbox nya ferrari kya ga niat aj bkin awd nya..

  • borju

    ferrari yang paling gw suka. bisa ajak sekeluarga ngerasain tenaga v12