Susul Thailand, GAC Aion Akan Dirakit Lokal di Indonesia

by  in  Berita & GAC Aion & Merek Mobil
Susul Thailand, GAC Aion Akan Dirakit Lokal di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Gempuran pabrikan mobil asal Tiongkok nampaknya akan terus mewarnai industri otomotif di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Dan kini, kami mendapat informasi yang menarik mengenai rencana GAC Aion untuk merakit lokal produknya di Indonesia. Nantinya, pabrik perakitan di Indonesia menjadi yang kedua di ASEAN setelah sebelumnya GAC juga memutuskan untuk merakit lokal mobil mereka di Thailand. Yuk kita bahas.

Gandeng Indomobil di Indonesia

Kalau kalian ingat, beberapa waktu lalu GAC Aion New Energi Automobile dan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk telah menandatangani perjanjian kerjasama. Dan kerjasama keduanya adalah untuk menghadirkan brand GAC Aion di Indonesia beserta dengan operasional perakitan lokal lewat PT. Indomobil Energi Baru. Yap, mobil-mobil listrik GAC Aion akan dirakit lokal di Indonesia, dan berpeluang untuk mendapatkan sejumlah benefit seperti insentif BEV asal dengan TKDN di angka tertentu. Selain itu, konsumen di Indonesia tidak perlu menunggu terlalu lama jikalau berminat dengan produk GAC Aion.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini memang ada beberapa pabrikan asal China yang menjual BEV di Indonesia. Hanya saja, untuk pabrikan yang mengandalkan produk CBU seperti BYD memiliki keterbatasan dalam hal supply. Berbeda dengan pabrikan yang merakit lokal produknya seperti Wuling, Seres, Chery, hingga NETA. Dengan hadirnya pabrik perakitan, GAC Aion juga tentunya membuka peluang kerja bagi anak bangsa di Indonesia, bukan sekedar menjual produk semata. Tentunya, kita tunggu saja gebrakan dari GAC Aion di Indonesia beserta dengan produk-produknya nanti.

Prestasi GAC di Pasar Global

Untuk kalian yang masih asing dengan nama GAC Aion, sebenarnya GAC sendiri adalah sebuah perusahaan yang merupakan bagian dari Guangzhou Automobile Industry Group. Sedangkan Aion merupakan divisi mobil listrik dari merk GAC. Aion sendiri merupakan singkatan dari AI dan ON, dimana AI merujuk pada artificial intelligence sedangkan ON merujuk pada bahasa inggris “Menyala” atau “Hidup”. Secara harafiah, Aion berarti AI yang selalu ON, yang merujuk pada spirit GAC Aion yaitu menghadirkan”pertemanan yang lebih cerdas” antara pengguna dengan mobilnya.

GAC Aion sendiri telah bertumbuh dengan total penjualan global sebanyak 1 juta unit hanya dalam waktu 4 tahun 8 bulan pada akhir Desember 2023. Di Asia Tenggara, GAC Aion telah menjual produknya di sejumlah negara seperti Thailand, Malaysia, Singapur, Kamboja, Vietnam dan Filipina. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: