Dongfeng Fengon 580C : Versi Bensin Glory E3, Masuk Indo?

by  in Berita&DFSK&International
Dongfeng Fengon 580C : Versi Bensin Glory E3, Masuk Indo?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian masih ingat dengan DFSK Glory E3? Yap, mobil tersebut adalah sebuah crossover bertenaga listrik yang sempat menjadi pusat perhatian di booth DFSK selama GIIAS 2019 silam. Nah, kali ini kami akan membahas saudara dekat mobil tersebut di China yang menggunakan teknologi lebih ‘merakyat’ yaitu mesin ICE. Mobil ini sendiri sementara akan kita kenal dengan nama Dongfeng Fengon 580C. Mari kita bahas.

Mengutip informasi via AutoHome, Kementerian Perindustrian dan Teknologi China baru – baru ini mengunggah foto dari Dongfeng Fengon 580C. FYI, kalian yang merasa familiar dengan mobil ini, maka bisa dipastikan kalian sudah mengenal DFSK Glory E3 yang sempat mejeng di GIIAS 2019 lalu. Dan memang benar, basisnya memang sama, hanya saja Dongfeng Fengon 580C mengandalkan mesin SFG15A 1.500cc. Tenaga maksimalnya mencapai 115 hp dan diklaim memiliki rata – rata konsumsi BBM di angka 15,6 km/literm, wow. Kalau kita perhatikan, mesin ini nampaknya mesin naturally aspirated biasa, karena tidak ada huruf ‘T’ seperti mesin SFG15T-A milik DFSK Glory 560.

Kalau diperhatikan, ada beberapa perbedaan eksterior antara Dongfeng Fengon 580C dengan DFSK glory E3, selain aksen biru dan colokan listrik tentunya. Pertama, ada di grille depan yang jauh lebih besar dibandingkan Glory E3 walaupun masih sama menggunakan ornamen bilah horisontal. Bedanya, di Dongfeng Fengon 580C dilabur warna hitam dengan bingkai silver. Karena grille-nya berubah, tentu bumper depannya juga ikut berubah. Tidak ada lagi list silver di bawah grille yang memanjang, dan bumper sisi kiri dan kanannya nampak dihiasi dengan LED DRL model stripe. Lampunya nampak sama dengan GLory E3, namun di varian bervelg silver.

Ada varian lain yang lampunya terdiri dari dua buah proyektor mengotak, nampaknya varian tersebut yang menggunakan velg lebih besar dan berwarna gun metal. Eits, jadi ingat velg DFSK Glory i-Auto, tapi beda kok. Untuk sisi sampind dan buritan juga masih sama saja dengan DFSK Glory E3, hanya saja kami kepo, mengapa ada list berwarna biru di buritan Dongfeng Fengon 580C. Oiya, dari gambar terlampir juga terlihat bahwa Dongfeng Fengon 580C akan ditawarkan dalam 3 opsi. Pertama yang menggunakan lampu ala Glory E3, velg silver 16 inch, dan tanpa atap kaca. Kedua, yang menggunakan velg gunmetal 17 inch, lampu dual projector, dan atap sunroof, serta roof rail.

Varian ketiga mendapatkan panoramic sunroof yang jelas lebih besar. Mau tau dimensi mobil ini? Dongfeng Fengon 580C memiliki panjang 4,3 meter, lebar 1,8 meter dan tinggi 1,6 meter serta wheelbase 2,6 meter. Artinya, Dongfeng Fengon 580C adalah rival paling pas untuk Honda HR-V 1.500cc. Oiya, penggunaan nama 580C juga menurut kami unik, karena 580 tentu identik dengan Fengguang / Glory 580. Apakah ‘C’ berarti Compact? Bisa saja. Apakah nantinya Dongfeng Fengon 580C akan masuk ke Indonesia? Sayup – sayup kami mendengar kabar tersebut, tapi lebih baik kita tunggu saja kepastiannya. Kalau masuk Indonesia, cocoknya pakai nama apa ya? 540 atau 520? atau malah 570?

Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini?

Read Prev:
Read Next: