Indonesia Semangat Rajai Shell Eco Marathon Asia 2017

by  in Nasional
Indonesia Semangat Rajai Shell Eco Marathon Asia 2017
0  komentar

AutonetMagz.com – Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2017 akan digelar di Changi Exhibition Center, Singapura pada 16 – 19 Maret 2017 mendatang.  Untuk pertama kalinya,  kompetisi unik yang menantang para tim mahasiswa dari berbagai negara di Asia Pasifik dan Timur Tengah untuk berkompetisi dalam mendesain, membangun, dan mengendarai kendaraan paling hemat energi di dunia ini akan berlangsung di Singapura. Sebelumnya, ajang kompetisi ini telah  diselenggarakan di Malaysia  (2010 – 2013) dan Filipina (2014 -2016).

Untuk tahun ini, lebih dari 120 tim mahasiswa dari kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah akan menguji kendaraan hemat bahan bakar karya mereka di lintasan buatan di ajang kompetisi SEM Asia pada tahun ke delapan.  Tim-tim mahasiswa dari Indonesia adalah tim-tim yang telah hadir sejak kompetisi  SEM Asia diadakan untuk pertama kalinya pada 2010. Tahun ini, terdapat 26 tim mahasiswa Indonesia dari 19 perguruan tinggi di 8 propinsi yang akan mewakili Indonesia di ajang SEM Asia 2017.

Mereka adalah tim-tim yang telah berkompetisi di SEM Asia pada tahun-tahun sebelumnya yaitu tim Nakoela/Sadewa dari Universitas Indonesia (UI) serta Tim Bumi Siliwangi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang menjadi juara pada SEM Asia Manila 2016 dan tim Batavia Gasoline dan Batavia Generation dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Norman Koch, General Manager, Shell Eco-marathon menambahkan,“Dengan hadirnya Shell Eco-marathon Asia di Singapura dan menjadi bagian dari festival Make the Future yang lebih besar, kami berharap ajang ini dapat menginspirasi lebih banyak anak muda berbakat untuk berkontribusi dalam menciptakan teknologi canggih di bidang mobilitas dan energi. Melalui Shell Eco-marathon Asia, kami ingin membantu dunia memenuhi kebutuhan energi dalam cara yang bertanggung jawab melalui kerjasama dengan pelajar/mahasiswa, mitra dan pemangku kepentingan lainnya,”

Untuk pertama kali dalam sejarah kompetisi ini, tim-tim terbaik Shell Eco-marathon Asia 2017 akan bertanding di Drivers’ World Championship – Asia Regional Final pada 19 Maret 2017. Para tim mahasiswa terbaik dengan penggunaan energi paling efisien di Asia akan ditantang berkompetisi di ajang ini untuk menentukan pengemudi kendaraan hemat energi yang paling cepat. Pemenang akan mewakili Asia di ajang Driver’s World Championship Global Final di London pada Mei 2017.

Tahun 2016 lalu, Tim Bumi Siliwangi dari UPI Bandung, Tim Sadewa dari UI dan Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sebagai pemenang SEM Asia Manila menjadi tiga tim mahasiswa Indonesia yang terpilih menjadi wakil Asia di ajang Shell Eco-marathon Drivers’ World Championship London pada Juli 2016. Tim Bumi Siliwangi Team 4 dari UPI, Bandung berhasil menjadi pemenang untuk ajang SEM DWC dan mendapatkan hadiah kemenangan berupa perjalanan selama seminggu ke Maranello, Italia untuk berinteraksi secara langsung dengan tim Scuderia Ferrari di pada Desember 2016 lalu.

Read Prev:
Read Next: