Dendrobium, Supercar Elektrik Pertama Buatan Singapura

by  in International
Dendrobium, Supercar Elektrik Pertama Buatan Singapura
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai negara yang aturannya sangat memberatkan bagi orang yang ingin punya mobil, rupanya Singapura diam-diam berminat juga dengan industri mobil. Ya, soalnya ada sebuah perusahaan Singapura bernama Vanda Electrics yang belum lama ini mengumumkan konsep mobil pertama mereka. Kalau melihat nama perusahaannya, sepertinya aslinya bukan berdiri dari awal sebagai merek mobil ya?

Perusahaan itu telah merilis konsep supercar elektrik bernama Dendrobium. Nama yang agak aneh, tapi itu ada maknanya, karena nama itu berasal dari sebuah bunga anggrek, yang menginspirasi sistem bukaan atap dan pintu Dendrobium yang diklaim mudah saat dipakai untuk akses keluar-masuk. Berat Dendrobium sendiri diperkirakan sekitar 1.750 kilogram, berarti seberat Honda NSX atau Nissan GT-R.

dendrobium-concept

Seperti supercar pada umumnya, Dendrobium hanya punya 2 tempat duduk. Karena ini supercar listrik, tidak ada mesin V8, V10, V12 atau W16, yang ada hanya 4 motor listrik buatan Yasa yang bertugas menggerakkan masing-masing roda, mirip sistem pada Mitsubishi Lancer Evolution MIEV atau Mercedes Benz SLS AMG Electric Drive. Output mesin listrik itu luar biasa, karena bisa menghasilkan 1.500 hp dan 4.000 Nm.

Jelas, itu angka yang membuat mobil ini mengancam teritorial milik Bugatti dan Koenigsegg. Lari dari 0-100 km/jam, Dendrobium ini hanya butuh 2,5 detik saja dengan kecepatan maksimal diklaim melebihi 400 km/jam. Dengan teknologi baterai ala Formula E dengan kapasitas 90-100 kWh, jarak tempuh dari baterai penuh hingga habis ada di kisaran 400 km. Mobil ini akan mejeng di Geneva Motor Show tahun depan, dan akan dirakit di pabrik Williams di Inggris.

Larissa Tan, CEO Vanda Electrics bilang bahwa mereka hanya akan membuat sekitar 10-20 unit Dendrobium saja untuk seluruh dunia, dan semuanya setir kanan. Mengenai banderol, ia hanya bilang kalau harganya akan mencapai jutaan dollar. Calon mainan eksklusif baru sih ini namanya. Apa opinimu mengenai mobil ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: