Datsun GO+ Karatan : Pemilik Keluhkan Respon Datsun Indonesia

by  in Datsun&Mobil Baru&Nasional
Datsun GO+ Karatan : Pemilik Keluhkan Respon Datsun Indonesia
0  komentar

Mobil baru Datsun GO timbul karat di kaki-kaki nya berkaratJakarta, AutonetMagz – Pemilik Datsun GO+ Panca yang tergabung dalam Komunitas Datsun GO+ Indonesia (KDGI) mengeluhkan mobil mereka yang mudah sekali berkarat pada bagian kaki-kaki mobil mereka. Bahkan karat tersebut sudah ada pada saat delivery ke rumah konsumen sebelum mereka menikmati mobil mereka bersama keluarga.

Dari investigasi unit dan wawancara langsung AutonetMagz kepada pemilik Datsun GO+ Panca yang tergabung dalam KDGI, kami mendapatkan beberapa gambar lengkap dari salah satu pemilik Datsun GO Panca yang merupakan member KDGI, Komponen yang berkarat itu terdiri dari komponen kaki-kaki roda depan di bagian knuckle dan 2 buah bushing roda depan. Memang bagian berkarat ini sulit dilihat dengan mata telanjang jika kita tidak membuka ban atau mengintip balik velg roda depan, maka dari itu tidak semua pemilik menyadari bahwa Datsun GO+ Panca baru mereka ternyata memiliki karat di sektor kaki-kaki.

Bushing-Datsun-GO-Berkarat

Ketua KDGI, Bapak Rivai Kiantoro menyampaikan kepada AutonetMagz, “Seminggu setelah serah terima unit, saya hendak mengganti velg agar mobil ini terlihat lebih gagah, namun alangkah kagetnya ketika mengetahui bahwa kaki-kaki mobil baru saya ternyata berkarat.” Ujar pemiliki Datsun GO dengan plat nomor B 1518 BID. “Setelah itu saya tanya kepada teman-teman KDGI, ternyata setelah dicek, semua Datsun GO+ Panca anggota KDGI memiliki kaki-kaki yang berkarat tanpa terkecuali.”, tutur Rivai.

Rivai juga menambahkan, “Saya juga sangat kecewa dengan respon Datsun akan hal ini, ketika melakukan claim ke bengkel resmi, pihak SA (Service Advisor) bengkel resmi mengabarkan via email ke pihak management Nissan-Datsun, setelah menunggu selama 3 hari, ternyata Datsun tidak memberikan atau melakukan perbaikan apapun terhadap kaki-kaki mobil saya yang berkarat.”.

Datsun-GO-Berkarat

Nasib serupa juga menimpa Bapak Dede pemilik Datsun GO+ Panca B 1146 PRH, ia juga mendapat penolakan dari bengkel resmi Datsun terkait masalah karat, namun meskipun ia bersedia membayar ekstra untuk meminta mekanik Datsun membersihkan dan memberikan coating pada bagian kaki-kaki agar tidak berkarat, ternyata bengkel resmi Datsun juga enggan memberikan pelayanan tersebut meskipun konsumen mau membayarnya.

“Saya malas berdebat dengan Service Advisor, sehingga saya menerima saja alasan mereka yang mengatakan bahwa memang bagian tersebut tidak diberikan coating dari pabrik dan tidak termasuk ke dalam garansi 3 tahun yang diberikan Datsun. Namun saya sangat kecewa ketika bengkel resmi tidak mau membantu saya untuk menyelesaikan masalah karat ini meskipun saya sudah mengatakan mau membayar untuk jasa tersebut, saya hanya mau melakukan perbaikan ini di bengkel resmi, karena jika saya kerjakan di bengkel lain, saya takut garansi mobil saya hangus.” Ujar Dede kepada AutonetMagz.

KDGI-Jakarta

KDGI Jakarta

Pemilik Datsun lainnya, Sri Hartono juga ikut mengutarakan ke khawatirannya akan kaki-kaki Datsun yang berkarat ini, “Sebelumnya saya tidak pernah menemukan mobil baru yang berkarat, saya takut komponen berkarat ini akan menyebar dan mengurangi usia kendaraan.”, ujar pemilik Datsun GO Panca B 1893 TYQ.

Terakhir, Hartono juga menambahkan, “Salah satu alasan saya membeli Datsun GO+ Panca ini adalah harganya yang terjangkau dan memiliki kursi 3 baris, dibandingkan dengan membeli mobil bekas, saya membeli Datsun GO+ agar worry free dari segala kerusakan kendaraan karena masih baru, namun kenyataannya justru tidak, padahal keluarga saya senang dengan mobil ini karena suspensinya nyaman dan mesinnya cukup mumpuni.”.

Kekurangan-Datsun-GO-Indonesia

KDGI sendiri sebenarnya sudah meminta kepada Nissan Datsun Indonesia untuk melakukan perbaikan komponen yang berkarat, namun respon dari manajemen Nissan-Datsun tidak menanggapinya dengan serius, “Padahal permintaan kami sangat sederhana, kami hanya minta komponen berkarat tersebut dibersihkan dan diberi coating agar tidak berkarat, kami tidak meminta penggantian komponen ataupun penggantian unit baru sebagai solusi dari masalah ini.”, ujar Rivai, ketua KDGI yang ramah kepada wartawan AutonetMagz.

Read Prev:
Read Next:
  • Diani

    eeh,,,koq mobil baru karatan sih??
    ada yg gaberes nich

  • speedmaster

    Jadi inget motor cina, pertama kali keluar booming karena murah, setelah 2-3 tahun orang nggak mau beli lagi karena kualitasnya parah, paling datsun nggak lama nasibnya kaya motcin….

  • Hermawan – 4G92Mivec

    Bakal layu sebelum berkembang ni Datsun kalo ngga ditanggapin…

  • nugi

    Harusnya pihak nissan datsun segera melakukan hal2 yang dianggap perlu untuk menyelesaikan masalah karat tersebut guna menjaga reputasi dan nama besar nissan dan menjaga kepercayaan konsumen.

  • denny

    Ya namanya datsun go+ ya + karat dong berarti hi hi hi wah gmn nih nissan datsun masak buat mobil murah kog murahan gini

  • johgudel

    Parah datsun……jangan2 bikinan cina nih….

    Bravo Autonetmagz….Bravo KDGI….

  • iniparuk

    respon kudu cepet nich nissan-datsun, sebelum karatnya menjalar…

    Hidup KDGI…

  • Johan

    Jiah parah nih.. Mobil baru kok dah karatan! yah untung baca ini jadi bisa dipertimbangkan lebih matang untuk ambil datsun. Jangan-jangan mobil cina lagi atau partnya bekas dari mobil bekas diperbarui lagi kayak busway kemarin yang karatan 🙁

    Thanks autonetmagz

    • cibi

      mobil jepun karatan, terlalu ! kualitas kw di berikan ke negara berkembang macam india indonesia, giliran buat pasar jepang dikasih yang bagus.

    • aditya

      Bang saya mau minta solusi,
      Saya sdh berikan tanda jadi 2 jt ke sels dadsun sdh 1 bln gak ada etikad baik untuk proses bgmn cara biar uang saya kembali bang, Pa perlu saya ke media, terimakasih

  • dito

    Lapor ylki aja tuh, masa mobil baru karatan gitu. Merugikan konsumen bgt, mana ga ditanggepin hadeh.

    Thanks infonya autonetmagz

  • zahra

    Hidup karat,kayaknya komponen murahan tu.

  • slam

    Mdh2an segera ada tanggepan dari datsun. Baik recall atau silent recall untuk treatment parts yg berkarat.

  • godex’s

    Semoga pihak datsun melihat owner sebagai patner.
    bukan melihat owner sebagai pemasukan.
    (Jgn mau untungnya aja. Masalah karat harus ada recall all smua unit yg bermasalah bkn hanya d pihak atau daerah tertentu)
    Dari kita untuk kita. Maju terus KDGI.

  • zuliaindriady

    padahal bengkel datsun cukup coating aja dah beres permasalahan.nya..ga mahal kok, cuma sayangnya pihak datsun berlarut2 respon & penanganan.nya..payah datsun..

  • andri

    Tau pada karatan tapi hebatnya laku banget nih mobil… Marketingnya yg pinter apa pembelinya yg gak paham… ???

  • kabuli

    pihak NMI harus segera membeerikan klarifikasi dan jika benar harus di recall/atau perbaikan secara menyeluruh…

  • JOKO HARJONO

    Wah mobil saya belum dicek…. coba nanti dicek ke bengkel resmi benar ga berkarat.
    Komponen-komponen mobil Datsun import dari India sedangkan mesin Import utuh dari Thailand disini hanya Assembly saja….

    • Ridwan Hanif

      Kalau untuk parts kita harus konfirmasi lagi asalnya darimana, sebenarnya tidak ada masalah produk tersebut impor dari mana, karena dalam proses produksi ada proses Quality Control yang menyaring komponen layak pakai atau tidak. Jadi menurut saya tidak masalah jika komponennya berasal dari India atau Thailand asalkan sesuai standar yang ditetapkan

      • amir

        Si Hanif ini kerjanya selalu menyudutkan Datsun Go+, loe penulis bayaran, penulis murahan

  • gtrr35

    AFAIK, itu cuma tampilan luarnya saja memang berkarat karena bahan murni besi, bukan campuran atau alumunium seperti teknologi suspensi di mobil2 terkini.

    Bagian daging dalamnya yg kedap,sejauh ada lubrikasi (grease) biasanya tidak jadi masalah. mirip juga seperti blok mesin mobil2 lama yang masih bahan besi (bukan putih/alumunium seperti sekarang) tidak pernah jadi masalah sama sekali walopun luarnya “berkarat”.
    or liat hub roda dibalik/cungkil center-dop semua mobil biasanya berkarat tapi tidak jadi masalah koq.
    NB:di-coating memang lebi elok.

  • upit

    jiah… pada komneg nih tutup botol

  • Ade

    Ngeri sekali…. Tau2 copot abis tu dibilangnya kesalahan pengguna yang tidak merawat teratur. #jawabanstandar

  • accel

    tampilan fisiknya boleh aja karatan, walaupun bahan materialnya besi baja yang kuat.

    Namun bagaimanapun juga, yang namanya karat tetap aja harus diberantas, kalau tidak, tentu akan menular dan membuat besi lainnya ikut2an terkena karat. Kenapa gak di RECALL aja itu datsun go ?

  • bejo

    gak msalah itu komponen di impor dari cina sekalipun, asal QCnya bagus, ya bagus
    kalo barang china jelek, ngapain apel jauh2 produksi ipin dia disana, jangan sentimentil sama cina, dikit2 barang jelek, pasti cina disalahin, kualitas cina. ya memang soale kamu beli yang kw, coba km beli part made in china, tapi sudah di QC sama pihak resmi, dijamin bagus kualitasnya.
    back to topic, sepertinya pihak bengkel2nya yang belum dapet training mengenai isu ini, tapi lebih baiknya langsung bicara sama kabeng saja, daripada bicara sama SA, kadang bicara sama SA itu lama nanggepine.

  • Oki Syauqi

    Hati hati ya, datsun. Penjualanmu diluar negeri kurang menggembirakan. Jangan membuat hal itu akan terjadi disini. Cepat di recall, masalah beres.

  • xener

    Karat ini masalah serius, Apakah pihak riset Datsun tdk mengantisipasi Hal ini, ini sebuah kegagalan.
    Entah kenapa lcgc Yg lain unggul telak krn Hal ini

  • deddy

    ngak jadi ah beli datsun go sebab + karat sih

  • Angga Evin

    Yah sebanding lah dengan harga nya…. ada harga ya ada rupa… makanya karatan.

  • Diyka

    Wah bakal jadi kasus “aryo wira Part 2” versi rombongan nih kalau nissan datsun gak ada respon positif. Ayo belajar mengharagai konsumen lebih baik lagi nissan, contoh itu pelayanan auto2000.

  • bobby labonte

    gile itu yang ngomong “maklum lah orang indonesia lebih peduli fisik dan rupa ketimbang fungsi nya”

    ini mobil ya bos, bukan pagar rumah yang wajar kalo karatan yg penting kuat.
    masak iya loe samain mobil sama pager?

  • ugyz

    Untung gue gak jadi beli Datsun Go+…. Harusnya kualitasnya sama dgn Nissan lah…

  • fivestart

    untung gw udah pakenya Nissan march kgk ada msalah udah setahunan..gw sih percaya Nissan, walau Nissan jg gandeng Datsun, cmn gw ragu Datsun kualitasnya ini..

    • tim

      Kalo nissan mah beda kelasnya bang… xtrail gw udh 5 taon aman” aja kok… ya kalo datsun sih maklum lu mau ngarepin kualitas sebagus apa sih dri mobil lcgc? Mgkn wkt pas beli si pembeli udh ditanyain sama salesnya mw di anti karat sekalian ga, gua yakin 95% blg kaga ush… skrg klo udh gini nyalahin ATPM nya? Hrsnya liat diri msg” dlu dong, baru nyalahin org lain

  • tumbur tambunan

    Ayo autonetmagz cari lg kelemahan2 merk mobil lainnya..

  • johgudel

    Karat oh karat…..datsun mah budeg lebih baik merangkul dan menservis DGCI sebagai kepanjangan tangan buat melawan dan mengkonter yang teriak2 ttg karat dan oblak ketimbang mikirin gimana memuaskan pembeli datsun go+.

  • godex’s

    Makasih om johgudel.
    jd tau sekarang kl dgci yg bela datsun…. pantesan diem aja walau mobil nya karatan…..

  • priyambodo

    ada yg pro dan kontra, kalau saya yang namanya part otomotif pasti di dibuat untuk tahan karat lebih lama atau dikasih pelindung anti karat, nah kalau mobil baru aja sudah berkarat tentu umur pemakaiannya jadi lebih pendek. ini buat tambahan ilmu bagi kita semua untuk lebih selektif saat membeli produk murah tapi tidak murahan.

  • gtrr35

    Memang tidak berpengaruh pada kinerja koq, cuma tampilan.
    Rotor discbrake semua mobil juga karatan persis seperti foto rotor di atas, liat aja ke mobil masing2, sama sekali ga ngaruh di kekuatan rotor tersebut.

  • anak parung

    Walaupun suatu saat nanti produk Datsun sudah dibetulin, saya nggak akan beli Datsun kalau begini cara mereka memanjakan konsumen

  • telo

    Belum selesai masalah karat, eh diluar sana lagi di ekspos masalah uji tabrak datsun go(global NCAP). Nasib mu datsun, gak sesuai harapanmu, semoga gak mati suri lagi

  • johgudel

    yang dimanjaka Datsun adalah klub binaannya saja…..

  • johgudel

    baru kali ini terjadi di Indonesia bahkan mungkin di dunia bahwa garansi mobil baru pake bayar 100ribu buat coating karat……aneh dan lucu

  • antoni

    bahan bakunya bekas kali.
    mesin yang dipake juga udah usang katanya.

  • reader

    Disaat para pabrikan dunia rame-rame buka lapak di Indonesia, saatnya pula pemerintah bikin standar kualitas minimal produk yang bisa diedarkan. Sebab, sudah terang bahwa hampir semua mobil disini di spek down segalanya sama pabrikan.

  • effendy

    mobil jepang sekarang makin banyak yang karatan. payah makin menurun kualitasnya.

  • rudy

    Mirip kasus transjakarta ya…

  • amir

    si Ridwan Hanif ini kerjanya jelek2in Datsun Go+ terus, loe penulis murahan….

  • Pengemar LCGC

    Bagaimana pun juga, mestinya ya gak ada karat lah..
    Hak konsumen harus diutamakan, LCGC harganya tidak murah buat sebagian besar masyarakat, meskipun judulnya mobil murah, ya jangan murahan dech (untuk semua merk LCGC nih..)

  • agus

    3 bulan sudah pake Datsun tidak ada masalah. karatan sudah beres pada 1 bulan pertama, dianti karat, gratis di Datsun-nisan jl magelang km 10. aku beli karena cc dan bodi yang lbh oke dan besar dari yang lain. masalah jok, pelek, peredam kabin, di jogja tambah 1,7 utk jok, 5,4 jt utk pelek 15 dan 600rb utk peredam sudah beres. kalau ingin tambah kece cat, dengan coating hanya 1jt lagi. keseimbangan di ringroad sudah dicoba, waktu papas an dengan bis yang melaju kencang…ok. yang cc kecil dan bodi kecil gimana dong upgradenya???

    • saiful efendik

      Emang peredamnya parah sekali ya mas agus..
      Saya masih indent ini,seMinggu lagi baru dikirim.
      Saya kemarin tanya ke dealer,pemasangan peredam dalam dikerjakan dibengkel vendor,kl bngkel nissan sendiri lebih mahal katanya.
      Saya di mojokerto ini,harus ke surbya bngkel nissan nya.
      ANda dulu waktu pembelian salesnya ngomong gini ndak?
      “Kita ada garansi velg yang r17 pak,kalau yang kecil ini rusak,seandainya mau diganti langsung sekalian tidak apa” kbetulan masih saya simpen rekamanya,biar bisa jadi bahan argumen nanti kl mreka ngelak.

  • Maskirin

    Sy ada rencana mau ambil juga……. menurut penjelasan Marketingnya sih katanya sdh ada upgrade di kaki kaki dan pintu……. Pertimbangan budget terjangkau dan anak2 bisa kebawa masuk ssmua.
    Mungkin ada masuka. … ?

  • agus

    Mas Syaiful, sebenarnya peredam juga tdk parah banget, kerasanya kalo jalan tdk rata/aspal tipis…he…he…tp dg 600rb di bengkel datsun itu jd beres…kalo di web yg pernah saya baca yg perlu dipasang di atas roda saja..mgk cuma 250rb..cuma kan wira-wiri…kalo di datsun kan sekalian tune up…pasangnya di lantai, dan semua pintu…cek dulu via telp di datsun spare part….
    Utk mas Maskirin….saya dulu beli mobil krn pengin yg terjangkau dan dg itungan bentuk yg cukup aerodinamis mnrt saya he..he…serta itungan upgrade pokok….jatuh ke datsun…merek itu senengan kok…selamat memiliki mobil baru….Aaamiiin