Datsun CROSS Resmi Meluncur, Punya Stability Control!

by  in Berita&Datsun&International
Datsun CROSS Resmi Meluncur, Punya Stability Control!
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya Datsun mengeluarkan produk yang baru, dan dengan ini para penggemar merk mobil murah asal Jepang ini bisa syukuran karena setelah dinanti – nantikan selama bertahun – tahun, akhirnya ada produk baru selain Datsu Go Panca dan Datsun Go+ Panca yang dijual di Indonesia, dan sekarang mari kita sambut sang pendatang baru tapi rasa lama, Datsun Cross, bukan Datsun Go Cross ya, karena bakal beda artinya.

Yap, yang kami maksud beda arti disini karena Datsu Go Panca dan Datsun Go+ Panca sangat lekat di ingatan kita dengan segmen LCGC, sebuah segmen mobil yang harganya murah, waktu dulu pertama kali dirilis di Indonesia. Oke, lalu apakah Datsun Cross masuk ke dalam skema LCGC, jawabannya adalah Tidak. Jadi bisa dikatakan bahwa Datsun Cross ini tak mendapatkan insentif terkait pajak, sehingga jelas tak ada kewajiban menaruh nama ‘Panca’ atau nama lain dengan kearifan lokal di nama mobil ini. Oke, cukup basa basinya, kita langsung menuju snag mobil, ada apa sih yang baru di Datsun Cross dan apa bedanya dengan Datsun Go? Let’s Check This Out

Secara tampilan, jelas Datsun Cross punya penampilah yang berbeda dengan Datsu Go atau Datsu Go+ Panca. Sekujur tubuh dari Datsun Cross ini diberikan body cladding yang membuat mobil ini terasa lebih proper karena bagian – bagian yang ditutupi body cladding ini memang terasa kopong di Datsun Go dan Go+ Panca. Belum cukup sampai disana, lampu utama dari Datsun Cross juga berbeda dengan saudaranya, jelas lebih keren yang ini. Lampunya sendiri menggunakan model proyektor, yang didampingi dengan LED DRL dan grille sarang lebah. Datsun Cross juga mendaptkan under body skid plate berwarna silver yang terlihat cukup oke. Geser ke sisi samping, Datsun Cross mendapatkan velg 15 inci berwarna silver yang lebih oke dari saudaranya dan juga side skirt yang meneguhkan kesan crossover look-nya.

Selain itu, di sisi atas dari mobil ini juga sudah terpasang roof rail yang dilabur dua warna , hitam dan silver. Belum selesai, ternyata lampu dari mobil ini juga memiliki sebuah ditur yang lumayan oke, yaitu fitur follow me home. Berpindah ke sisi belakang, satu yang ada di pikiran kami yaitu ‘Ini sih Datsun Go Banget’, dan memang benar seperti itu. Namun untuk buritan dari Datsun Cross ini jelas lebih oke dengan wiper belakang, rear upper spoiler sensor parkir, dan juga bumper yang lebih terlihat kokoh dengan nuansa yang sama dengan sisi depan. Oiya, di sisi belakang juga ada sebuah emblem bertuliskan’CVT’ yang ukurannya besar, seolah mau memamerkan jika mobil ini akhirnya menggunakan transmisi CVT, akhirnya.

Masuk ke sisi dalam, sebenarnya kami masih melihat proporsi yang sama dengan Datsun Go dan Go+ Panca, namun tentunya dengan improvement di beberapa bagian, kan sudah bukan LCGC. Dua kisi AC yang berbentuk bulat seperti mata kodok yang ada di kedua saudaranya sudah hilang, dan digantikan dengan kisi AC yang kelihatan lebih keren. Selain itu, konsol tengah dashboard-nya dibingkai ornamen silver, yang bentuknya mengingatkan kami pada milik Suzuki SX4 S-Cross. Sayangnya, knop AC dan panel instrumen masih sama saja dengan Datsun Go, pun begitu dengan setirnya. Hanya saja, di setir mobil ini kini mendapatkan ornamen silver. Head unit dari Datsun Cross sendiri sudah menggunakan layar sentuh yang terintegrasi. Belum berhenti sampai disana, di sebelah kanan ada sebuah tombol ajaib yang berguna untuk mematikan ESC, bersandingan dengan tombol electric mirror. Ha? ESC? Iya, mobil ini punya ESC.

Bahkan tak hanya ESC yang disebut VDC alias Vehicle Dynamic Control di mobil ini, Datsun Cross juga memiliki ABS, EBD, BA, Traction Control, dan juga Brake Limited Slip Differential, mayan juga. Untuk sektor mesin, mobil ini akan menggunakan mesin 1.200cc dengan tenaga 68 PS dan juga torsi 104 Nm, mesin yang masih sama dengan pendahulung. Bedanya, seperti yang kami singgu tadi, Datsun Cross akan dilengkapi dengan pilihan transmisi CVT yang menemani varian manual yang juga dijual.

Secara umum, mobil ini jelas hadir dengan sejumlah kelebihan yang menjadi kritik atas saudaranya yang sudah ada terlebih dahulu. Namun dengan sejumlah fitur dan keluarnya mobil ini dari segmen LCGC, jelas harga sang mobil akan naik. Berapa harganya? Tunggu di artikel berikutnya.

Berikut tanggapan netizen tentang kehadiran Datsun Cross ini

Read Prev:
Read Next: