Daimler dan Volvo Kolaborasi Kembangkan Bus dan Truk Hidrogen

Daimler dan Volvo Kolaborasi Kembangkan Bus dan Truk Hidrogen
0  komentar

AutonetMagz.com – Truk dan bus memiliki teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, bahkan kadang lebih canggih daripada kemajuan teknologi mobil biasa. Contoh di GIICOMVEC 2020 kemarin, ada truk listrik e-Canter dari Mitsubishi, truk baru daru UD Trucks, Scania dan masih banyak lagi. Kabar terbaru adalah Daimler dan Volvo baru saja berkolaborasi dengan porsi kerjasama 50:50 untuk mengembangkan truk dan bus bermesin hidrogen.

Jadi, titik beratnya ada di pengembangan mesin hidrogen, dan ini akan menjadi “Pembangunan dan produksi berskala besar untuk pemakaian di kendaraan berat dan contoh penggunaan lain,” menurut informasi yang dirilis. Volvo akan mengakuisisi 50 persen di perusahaan patungan dengan Daimler ini untuk nilai 652.000 Dollar AS atau setara 10,16 M Rupiah.

Supaya truk sanggup membawa beban berat dan berjalan jauh, hidrogen adalah satu jawaban penting dan teknologi yang sudah didalami secara ahli oleh Daimler melalui unit fuel cell di Mercedes-Benz selama 2 dekade terakhir. Inisiatif bersama dengan Volvo Group ini merupakan tonggak penting dalam membawa truk dan bus bertenaga hidrogen ke jalanan,” kata Martin Daum, anggota dewan manajemen Daimler.

Perusahaan baru hasil kolaborasi Volvo dan Daimler akan beroperasi sebagai perusahaan mandiri, sementara merek pesaing Daimler dan Volvo bergerak di bidang bisnis lainnya. Kerjasama baru harus menciptakan sinergi dan mengurangi biaya pengembangan sistem mesin hidrogen untuk pemakaian kerja berat untuk truk dan bus. “Dalam konteks krisis ekonomi saat ini, kerjasama menjadi semakin penting,” Daimler menegaskan.

Kesepakatan akhir antara kedua belah pihak diharapkan akan ditandatangani pada kuartal ketiga tahun ini. Perusahaan hasil kerjasama ini akan bermarkas di Jerman dengan fasilitas produksi di Jerman dan Kanada. Memang, truk-truk Daimler dan Volvo sendiri sebenarnya sudah sangat canggih di fitur-fiturnya, namun teknologi mesin baru nampaknya akan jadi babak teranyar dalam perkembangan truk dan bus. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: