Daihatsu Rocky, Ini Mobil Tercanggih Daihatsu di Indonesia!

0  komentar

AutonetMagz.com – Daihatsu memiliki citra di mata konsumen sebagai mobil yang irit, awet dan harganya ramah di kantong. Mobil-mobil seperti Daihatsu Taruna, Xenia, Zebra dan lain-lain menjadi contoh yang mudah sekali ditemui di mana-mana. Tradisi itu masih berlanjut hingga kini dengan mobil-mobil yang merakyat seperti GranMax, Luxio, Xenia, Ayla, Sigra dan Terios. Meski demikian, waktu terus berubah, mereka tak hanya bisa mengandalkan jurus lama.

Sekarang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemegang merek Daihatsu di Indonesia resmi meluncurkan Daihatsu Rocky bersamaan dengan kembarannya, Toyota Raize. Bisa dibilang, Daihatsu Rocky ini adalah mobil tercanggih Daihatsu yang pernah dijual di Indonesia. Selain pilihan mesin turbo dan non turbo, Daihatsu Rocky punya fitur keselamatan yang jamak ditemui di mobil yang harganya lebih mahal. Apa itu?

Fitur Keselamatan Aktif Daihatsu

Merek-merek Jepang yang dulu terkenal “kosongan” soal fitur, sekarang sudah mulai berbenah pelan-pelan. Jika Toyota punya Toyota Safety Sense, Honda punya Honda Sensing, Mazda punya i-Activsense dan Daihatsu punya Advance Safety Assist (ASA). Fitur ini sejenis dengan apa yang dimiliki oleh Perodua Ativa, kembaran Daihatsu Rocky di Malaysia. Bedanya, jika di Jepang dan Malaysia ada 12 fitur dalam satu paket ASA, di Indonesia hanya ada 6 fungsi.

Fitur ASA Daihatsu Rocky Indonesia meliputi Pre-Colliison Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention. Semua fitur itu berhubungan dengan pengereman, pencegahan mobil “lompat” kala gas diinjak secara tak sengaja dan mencegah mobil keluar lajur secara tidak sengaja. Belum secanggih versi Malaysia atau Jepang, tapi sebuah lompatan baik buat Daihatsu.

Mesin Turbo Baru!

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize akan dijual dengan pilihan mesin turbo maupun non turbo. Mesin 1.200 cc 3 silinder non turbo berkode WA-VE adalah mesin baru, bukan mesin yang sama dengan Ayla maupun Sigra. Mesin 1.200 cc ini bertenaga 86 hp dan torsinya 112 Nm, namun kami yakin konsumen akan lebih penasaran dengan mesin 1.000 cc 3 silinder turbo, karena ini adalah Daihatsu “normal” yang memakai mesin turbo setelah Charade Turbo dan kei car Copen.

Daihatsu sudah menguji mesin 1.000 cc 3 silinder turbo ini di Indonesia selama bertahun-tahun sebelum siap dijual. Mesin turbo berkode 1KR-VET ini bertenaga 98 PS dan 140 Nm, dan torsinya sudah terasa sejak 2.400 rpm. Daihatsu Rocky berpenggerak roda depan alias FWD, dan tersedia dalam pilihan transmisi manual atau CVT. Kalau harganya 200 jutaan lebih dikit, auto laris nih. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Untuk lebih jelasnya bagaimana plus minus Daihatsu Rocky, videonya bisa ditonton di bagian atas artikel ini

Read Prev:
Read Next: