Daihatsu Raih Marketshare 19,7% di Kuartal 1 2022, Naik Dari Tahun Lalu!

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Daihatsu Raih Marketshare 19,7% di Kuartal 1 2022, Naik Dari Tahun Lalu!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2022 ini memang menjadi tahun yang penuh harapan bagi insan otomotif di Indonesia. Pulihnya Bumi Pertiwi dari efek pandemi dan mulai bergeraknya roda ekonomi menjadi dasar yang kuat untuk pertumbuhan segmen otomotif. Dan ternyata ini telah terbukti pada kuartal pertama tahun 2022 ini, dimana Daihatsu Indonesia mencatatkan hasil yang positif. Yap, sesuai dengan judul di atas, Daihatsu mencatatkan marketshare sebesar 19,7% alias naik dari tahun sebelumnya. Yuk kita bahas.

Marketshare Naik 2,7%

Penjualan ritel Astra Daihatsu Motor (ADM) hingga Kuartal I tahun 2022 berada di posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan sekitar 46 ribu unit. Angka tersebut menandai adanya kenaikan market share Daihatsu menjadi 19,7%, atau naik sebesar 2,7% dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu. FYI, tahun 2021 silam, Daihatsu berhasil menjual mobil sebanyak 30 ribu unit dengan market share 17% di kuartal pertama tahun 2021. Selain meningkat secara tahunan, penjualan Daihatsu Indonesia juga meningkat secara bulanan (Maret 2022 dengan Februari 2022), dimana penjualan Daihatsu mengalami kenaikan sekitar 24%. Sebuah catatan yang jelas sangat positif untuk pabrikan asal Jepang ini.

Daihatsu bersyukur, dapat menutup penjualan Kuartal I 2022 dengan raihan positif. Capaian ini juga semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi Covid-19. Semoga raihan baik ini dapat terus berlangsung, dan penjualan otomotif nasional bisa terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). Secara tidak langsung, penjualan Daihatsu di bulan Maret 2022 silam juga terbantu karena adanya 2 event otomotif seperti GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 dan juga Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Kedua event ini disertai dengan masa akhir relaksasi PPnBM untuk kendaraan non LCGC menjadi katalis terhadap penjualan Daihatsu di Indonesia.

Penjualan Terios & Xenia Naik Tajam

Nah, kalau kita breakdown, kontributor tertinggi untuk penjualan Daihatsu di Q1 2022 ini adalah Daihatsu Sigra dengan penjualan sebesar 11.865 unit. Sedangkan Daihatsu GranMax Pickup ada di posisi kedua dengan 10.453 unit. Kedua mobil ini memang secara konsisten terus menyumbangkan angka yang masif dan menjadi backbone bagi Daihatsu di Tanah Air. Oiya, ada sebuah fakta menarik, dimana pada bulan Maret 2022 ini penjualan Daihatsu Terios dan Daihatsu Xenia meningkat sangat tajam. Daihatsu Terios mengalami peningkatan penjualan sebesar 218% pada bulan Maret kalau dibandingkan bulan Februari 2022. Sedangkan Daihatsu Xenia mengalami peningkatan penjualan sebesar 175% pada periode yang sama. Selain itu, hampir semua line up Daihatsu mengalami peningkatan penjualan di atas 100%, kecuali Daihatsu Sigra.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: