Chevrolet Camaro ZL1 Hadir Dengan Racikan Ganas 640 HP

Chevrolet Camaro ZL1 Hadir Dengan Racikan Ganas 640 HP
0  komentar
Chevrolet-Camaro-ZL1-2016-front

AutonetMagz.com – Dan yang saya pikirkan akhirnya terjadi juga, General Motors bakal jadi totalitas di saat-saat sekarang. Saya masih ingat ketika GM meluncurkan Chevy Camaro ZL1 versi lama dengan raihan tenaga 580 hp, buas? ya memang buas kok… Setelah itu barulah Ford mengeluarkan Shelby Mustang GT350 dengan tenaga 520 hp, masih santai… Tapi suatu hari FCA membombardir dunia muscle car dengan Dodge Challenger SRT Hellcat dan Dodge Charger SRT Hellcat yang tenaganya 707 hp.

Mungkin di benak GM adalah versi SRT Hellcat saja sudah bermain di 707 hp, bagaimana dengan Ford? meski mereka masih sibuk dengan keuangan, tapi Shelby Mustang baru bermain di GT350 saja. Siapa tahu Ford khilaf dengan bermain di GT500, tidak mustahil kan? So mereka tidak mau ambil resiko dengan membenamkan mesin Corvette Z06 terbaru “plek-plek” ke dalam Camaro. Seperti di judul, yup inilah Camaro terbaru dengan tenaga ter-badass saat ini.

Chevrolet-Camaro-ZL1-2016-rear

Saya agak tidak sabar untuk bermain angka, jadi begini… mesin Corvette Z06 sejatinya adalah berkode LT4 dengan kapasitas 6.2-liter supercharger V8 dengan sedikit kerekan sehingga bertambah 640 hp dan torsi 868 Nm. Belum puas, GM melakukan diet ketat terhadap Camaro sehingga berhasil membuang lemak besi seberat badan saya, 91 kg dibanding yang lama. Setelah itu update juga terjadi di bagian transmisi dengan mengaplikasi automatic 10-speed plus paddle shift. Oh ya rupanya meski mereka saling bersaing, transmisi yang satu ini justru di-develop bareng-bareng Ford, lucu juga ya.

Hasilnya akselerasi 0 – 60mph (96 km/jam) dapat mencetak waktu 4.0 detik untuk manual dan 3.9 detik untuk auto 10-speed ini. Topspeed mereka dapat diraih di 290 km/jam untuk manual dan 296 km/jam untuk auto 10-speed. Hem sekencang-kencangnya muscle car mereka masih kurang agile kalau berbicara soal pengendalian di track. Oleh karena itu GM menyematkan piranti seperti Magnetic Ride suspension, Performance Traction Management, electronic limited-slip differential, Custom Launch Control dan Driver Mode Selector. Velgnya sekarang menggunakan 20-inchi forged alloy dikombinasikan rem brembo 6 piston di depan dan 4 piston di belakang. Entah apakah perubahan ini sudah cukup maksimal atau belum… yeah time will tell

Chevrolet-Camaro-ZL1-2016-interior

Walau pembahasan artikelnya terbalik, tak apa lah karena saya agak kebelet menyampaikan soal mesinnya. Sekarang mari kita bicara eksterior… secara tampilan model ini menggunakan basis Camaro terbaru yang terlihat lebih sipit. Demi memaksimalkan pendinginan dan superchargernya maka grillenya nampak dibuat lebih besar. Kap mesin dibuat lebih wide dengan penambahan carbon fiber dan heat extractor. Front fender dibuat lebih besar plus spoiler belakang diberikan demi menunjang aerodinamika. Oh ya berbicara soal aerodinamika, maka mobil ini telah di tes desain di terowongan angin selama 100 jam.

Sedangkan untuk masalah interior, mobil dengang konfigurasi penumpang 2+2 ini dibekali jok Recaro di bagian depan. Ditambah dengan sentuhan kulit yang lunak di bagian setir dan tuas perseneling. Oh ya GM juga menyematkan Performance Data Recorder bagi yang senang track day di sirkuit. Mobil ini akan segera unjuk gigi pada New York Auto Show 2016 dan dijual akhir tahun ini. Bagaimana menurut anda? Monggo berikan corat-coretnya di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: