Chevrolet Camaro 2016 Muncul Sebagai American Muscle Bertabur Teknologi Canggih

Chevrolet Camaro 2016 Muncul Sebagai American Muscle Bertabur Teknologi Canggih
0  komentar
chevrolet-camaro-ss

AutonetMagz.comAmerican Muscle yang menjadi robot Bumblebee di film Transformers ini akhirnya mendapatkan generasi terbarunya. Camaro generasi keenam ini hadir untuk meladeni Ford Mustang yang merupakan rival abadinya selama 50 tahun lebih. Meski bentuknya mirip-mirip dengan Camaro sebelumnya, tapi ketahuilah kalau mobil ini benar-benar dibuat baru dari nol. Common parts dengan Camaro generasi kelima hanyalah emblem Chevrolet dan SS di belakang.

Para engineer General Motors begitu berkonsentrasi saat membuat mobil ini. Sekitar 70 % komponen arsitektur didesain khusus untuk Camaro, bukan common parts dengan mobil lain dan rigiditasnya meningkat hingga 28 %. Mereka bahkan menjadikan pengurangan bobot sebagai salah satu tujuan utama perancangan Camaro baru.

chevrolet-camaro-side

Caranya, para engineer memakai rangka panel instrumen dari aluminium yang lebih ringan 4,2 kg. Link suspensi depan juga berbahan aluminium dengan lubang di beberapa bagiannya, jadi beratnya 12 kg lebih enteng. Totalkan seluruh program diet yang dijalani Camaro, maka Camaro baru bisa lebih ringan 90 kg lebih daripada Camaro lama.

Rasa berkendara Camaro baru ini sangat berbeda. Anda akan langsung merasakan betapa lincah dan ringannya Camaro ini. Semakin anda mengendarainya lebih kencang, anda akan merasakan betapa pakem remnya, betapa gesit beloknya dan betapa kencang akselerasinya,” demikian kata Aaron Link, lead development engineer Chevrolet Camaro.

kabin-chevrolet-camaro

Interior Camaro baru sangat futuristik, komplit dan modern, namun ada beberapa hal yang tidak kami sukai. Pertama, kenapa ventilasi AC tengahnya harus diletakkan dekat tuas transmisi? Kedua, rem parkir elektronik yang mengurangi kesenangan saat ingin melakukan sejumlah stunt yang umumnya bisa dilakukan dengan rem tangan konvensional.

Itu saja yang tidak kami suka, sementara sisanya sangat menggiurkan. Camaro baru punya layar di antara takometer dan spidometernya yang bisa menampilkan data performa mobil, navigasi dan berbagai info kendaraan. Di center cluster, ada monitor 8 inci yang sudah terpasang dengan sistem terbaru Chevrolet MyLink.

spidometer-chevrolet-camaro

Sistem suspensi MacPherson strut baru sudah didesain khusus untuk Camaro untuk kendali lebih presisi dan meningkatkan feeling berkendara, berikut five-link suspension di belakang yang bisa mencegah Camaro ini mendongak bak mau wheelie saat akselerasi spontan. Sistem Magnetic Ride Control untuk pertama kalinya hadir di Camaro SS.

rem-chevrolet-camaro

Semua Camaro baru sudah pakai rem Brembo. Ukurannya 345 mm di rotor depan dan 338 mm di rotor belakang, dan kaliber rem 4 piston adalah standar pada Camaro SS, sedangkan LT punya ukuran 320 mm di rotor depan dengan kaliper 4 piston dan 315 mm di rotor belakang dengan kaliper single piston sliding. Pelek 18 inci merupakan standar pada tipe LT, sedangkan SS mendapat pelek 20 inci.

pilihan-mesin-chevrolet-camaro

Pilihan mesin Camaro baru ternyata cukup banyak. Pertama, ada mesin 2.000 cc turbo yang punya 275 hp dan 400 Nm yang bisa membawa Camaro dari 0-96 km/jam dalam waktu kurang dari 6 detik dan konsumsi BBM-nya dirancang agar bisa irit untuk mobil seukuran Camaro LT. Ini bisa jadi pilihan bijak kalau anda ingin gaya dengan muscle car tapi masih cukup pelit untuk mengeluarkan uang demi membelikan si bongsor ini bensin oktan tinggi sebagai makanan pokoknya.

Berikutnya adalah mesin 3.600 cc V6 baru yang tersedia di Camaro LT dengan 335 hp dan 385 Nm. Ada 3 teknologi pendukung performa dan efisiensi yang disematkan di mesin ini, yakni sistem direct injection, variable valve timing dan Active Fuel Management cylinder deactivation.

Chevrolet-camaro-blue

Fitur yang terakhir disebut bisa mematikan 2 dari 6 silinder yang ada saat berakselerasi halus agar BBM yang terpakai lebih sedikit. Rasanya seperti punya 2 mesin dalam 1 mobil, yakni mesin 4 silinder dan 6 silinder. Sebagai info, fitur ini juga ada di Corvette C7 Stingray.

chevrolet-camaro-grey

Baik versi 2.000 cc turbo maupun 3.600 cc V6, keduanya hadir dengan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis baru 8 percepatan Hydra-Matic 8L45 yang merupakan transmisi 8L90 dengan beberapa penyesuaian agar cocok dipakai di mesin kecil. GM mengklaim, transmisi ini 5 % lebih efisien daripada transmisi otomatis sejenis yang hanya 6 percepatan.

Jika anda anti dengan mesin kecil dan ingin Camaro yang sangar di tampang dan larinya, maka pilihlah Camaro SS bermesin LT1 6.200 cc V8 bertenaga 455 hp dan torsi 617 Nm. Mesin ini sama dengan milik Corvette C7 Stingray, tapi 20 % arsitektur komponen sudah dirancang ulang khusus untuk Camaro.

chevrolet-camaro-rear

Sama seperti versi V6, ia juga punya sistem direct injection, variable valve timing dan Active Fuel Management cylinder deactivation. Pilihan transmisinya masih sama, manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 8 percepatan Hydra-Matic 8L90.

Apalah artinya muscle car tanpa suara menggelegar? Makannya, Chevrolet juga fokus menggarap suara Camaro baru. Di versi 2.000 cc turbo ada sistem active noise cancellation yang bisa mengeliminasi suara bising agar tak masuk ke kabin, dan sistem audio Bosenya sudah lengkap dengan suara mesin palsu untuk membuat kita terjaga. Jika anda tak suka suara mesin palsunya, sistem ini bisa dimatikan kok.

varian-chevrolet-camaro

Sementara di versi V6 dan V8, ada mechanical sound enhancers berupa resonator yang menyalurkan suara pembakaran dari ruang mesin ke kabin. Ada juga katup exhaust yang bisa dikontrol secara elektronik, jadi suaranya bisa dipilih antara kalem atau sangar, demikian juga performanya, mau halus atau serius. Keren ya?

Chevrolet Camaro 2016 akan segera diproduksi di pabrik GM di Michigan dan mulai dijual di akhir 2015. Rencana ekspansi ke beberapa negara juga sudah ada, tapi kini terbatas untuk negara dengan mobil setir kiri saja. Chevrolet belum berpikir untuk membuat Camaro versi setir kanan karena mereka sedang menghemat anggaran. Yah, jadi belum tentu masuk ke Indonesia dalam waktu dekat dong?

Bagaimana menurut anda Camaro baru ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Joni

    Tetep bakal ngibrit klo ketemu Dodge Hellcat 707 hp. Raja diraja muscle car.

    • alfian

      Gimana kalau Ini 2015 Dodge Viper SRT ACR or Aventador SV 750-4

    • ap88

      apa yg bisa dibanggakan dari hellcat? 707hp tapi berat nya 2 ton,coba aja lawan dulu dgn viper ACR,aventador SV,laferrari,p1,918,agera,regera,veyron,venom,lawan huracan dan 650s aja mungkin hellcat kalah

      • Jose FR

        Bro ap88 tanding lah sama avanza yang beratnya 1,2 ton tpi jarak dekat

        • ap88

          kalo avanza di swap mesin 2jz supra terus ditambah turbo dgn hasil 550hp sampe 600hp,avanza menang dari hellcat dgn jarak lumayan krn bobot ringan dan tenaga besar

          • Jose FR

            Betull lawan bugatty veyron pasti menang cuman sayangnya rakyat indo belom mau mencobanya

          • Jose FR

            Engine swap pake twin turbo intake semua yang mesin sampe kolong di ganti semua saya yakin bisa 700 bhp lebih malahan

    • ap88

      apa yg bisa dibanggakan dari hellcat? 707hp tapi berat nya 2 ton,coba aja lawan dulu dgn viper ACR,aventador SV,laferrari,p1,918,agera,regera,veyron,venom,lawan huracan dan 650s aja mungkin hellcat kalah

    • Jose FR

      Setau saya sih camaro itu rajanya american muscle car karena dah terbukti

  • HR-V

    Mau dibawa kemana mobil se kenceng ini? Jakarta aja busyet dah ampun macet nya. Yang ada malah gosong mesin nya kejebak macet, hehe

    • Hillarius Satrio

      yang bisa beli mobil ginian ga cuman di jakarta doang kok

  • tom

    Itu ventilasi AC emg sengaja rendah soalnya mnrt info sekalian jd kenop pengaturnya, trus buat nyiptain dasbor yang rendah shg dgn desain atap yang rendah jg, visibilitas tetep bagus..