Chery Shanghai-Wuhu Trip #1 : Intip Dominasi Chery di Auto Shanghai 2023

by  in  Auto Shanghai 2023 & AutonetTrip & Berita
Chery Shanghai-Wuhu Trip #1 : Intip Dominasi Chery di Auto Shanghai 2023
0  komentar

Shanghai, AutonetMagz.com – Tim AutonetMagz kembali mendapatkan kesempatan spesial dari Chery Sales Indonesia (CSI) untuk kembali terbang ke China bersama dengan mereka. Ini merupakan kali kedua tim AutonetMagz diundang secara resmi ke China oleh pihak CSI. Sebelumnya, kami juga sudah melihat langsung fasilitas milik Chery di Wuhu, Anhui pada bulan Februari silam. Kali ini, tim AutonetMagz yang diwakili oleh Penulis ( @satriatria ) berkesempatan untuk melipir ke Shanghai terlebih dahulu dan menyaksikan gelaran Auto Shanghai 2023. Yuk kita bahas.

Booth Chery Super Ramai

Hari pertama kami berada di Shanghai, tim Chery Sales Indonesia (CSI) langsung mengajak kami untuk menuju ke National Convention & Exhibition Center Shanghai. Kebetulan, hari pertama kami di Shanghai merupakan Press Day dari gelaran Shanghai International Automobile Industry Exhibition ke 20. Berhubung nama gelaran ini cukup panjang, mari kita sebut sebagai Auto Shanghai 2023 saja. FYI, gelaran ini berlangsung sejak tanggal 18 April hingga 27 April 2023 kemarin. Dan bagi kalian yang belum pernah ke ajang ini, maka bisa kami pastikan gelaran ini merupakan salah satu auto show terbesar di dunia.

Suasana Press Conference Chery di Auto Shanghai 2023

Sebagai gambaran, Auto Shanghai 2023 memiliki 4 hall utama yang masing-masing terbagi 2 dan setiap hall memiliki 2 lantai. Yap, 4 kali 2 kali 2 membuatnya setara dengan 16 hall. Sebuah ukuran yang sangat Wumbo Jumbo. Seorang kawan bahkan berceletuk bahwa ukuran Auto Shanghai 2023 setara 4 atau 5 kali gelaran GIIAS di Indonesia. Cukup untuk kekagumannya dengan Auto Shanghai 2023, kita kembali ke bahasan utama kita yaitu Chery.

Mr. Shawn Xu menjabarkan subbrand Omoda & Jaecoo

Sebagai salah satu pabrikan plat merah yang punya pangsa pasar yang besar, Chery Group tampil dengan booth yang juga besar yang berisikan sejumlah subbrand di bawah naungan Chery Group. Mulai dari Chery Tiggo series sendiri, Exeed, Jetour, Jaecoo, hingga iCar. Kami akan membedah setiap subbrand tersebut di artikel terpisah. Yang jelas, Chery nampak all out di Auto Shanghai 2023 karena ini merupakan momen yang dinantikan sejak pandemi COVID-19 silam.

Djauhari Oratmagun – Dubes RI untuk China (kiri), Mr. Shawn Xu – Presdir Chery Sales Indonesia (tengah), Deny W. Kurnia – Konjen RI di Shanghai (kanan)

Press Conference Dihadiri Dubes & Konjen Indonesia

Dalam gelaran ini, Chery menggelar press conference yang berdurasi selama sekitar 1 jam dan diikuti oleh seluruh kontingen Chery dari seluruh dunia. FYI, kami melirik booth lain dan menyadari bahwa booth Chery merupakan yang paling ramai, termasuk ramai dengan orang asing seperti kami. Dan faktanya, Chery memang brand China dengan ekspor tertinggi saat ini, mengalahkan seluruh brand China lain yang pernah kalian dengar.

Mr Shawn Xu (Tengah) menjelaskan teknologi elektrifikasi Chery pada Dubes RI dan Konsej RI

Dan di Auto Shanghai 2023, Chery mengundang seluruh perwakilan media dan diler dari negara-negara operasionalnya secara global. Total kontingennya bahkan melebihi 1000 orang. Belum lagi ratusan KOL yang telah bekerjasama dengan Chery yang ikut hadir di booth Chery. Nah, dalam acara ini, pihak Chery juga mengundang Duta Besar Indonesia untuk China yaitu Bapak Djauhari Oratmagun dan Konsulat Jenderal Indonesia di Shanghai, Bapak Deny W. Kurnia. Kehadiran mereka disambut oleh Shawn Xu, Vice President Chery International yang juga merupakan President PT Chery Sales Indonesia.

Bapak Djauhari Oratmagun (kiri) dan Mr. Shawn Xu di dalam Chery Omoda 5 e-QUA (BEV)

Chery International senang sekali bisa menerima kehadiran lima jurnalis dari Indonesia dan memperlihatkan pencapaian Chery secara global. Pada kesempatan Auto Shanghai 2023 ini kami ingin teman-teman media secara langsung melihat akselerasi dari perkembangan teknologi Chery yang terus beradaptasi dengan tren dan kebutuhan pasar,” ujar Shawn.

Gambaran Produk Masa Depan di Indonesia

Shawn juga menambahkan bahwa apa yang diperlihatkan oleh Chery Inernational pada Auto Shanghai 2023 ini juga merupakan masa depan dari produk-produk yang akan diperkenalkan di Indonesia. “Chery di Indonesia juga akan memiliki kemajuan teknologi otomotif yang sama dengan yang ada di China. Kami mempersiapkan Indonesia untuk mendapatkan pengalaman yang sama di waktu yang tepat,” tutup Shawn. Nah, dalam press conference ini, ada sebuah agenda terpenting yang dilakukan oleh Chery.

iCar Allroad, Mobil Konsep dari brand iCar milik Chery

Agenda tersebut adalah memperkenalkan pada publik 2 subbrand terbaru mereka yaitu OMODA dan JAECOO, atau kemudian kami panggil sebagai O&J. Dan keduanya punya 2 produk penting yaitu Omoda 5 e-QUA alias versi BEV dan Jaecoo 7. Kedua brand ini akan kami bahas di artikel terpisah. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: