Charging Station Di Inggris Kini Lebih Banyak Daripada SPBU

by  in Berita&International
Charging Station Di Inggris Kini Lebih Banyak Daripada SPBU
0  komentar

AutonetMagz.com – Pergerakan elektrifikasi kendaraan bermotor secara global saat ini memang sudah dan sedang berlangsung. Beberapa Negara berkembang, termasuk Indonesia tengah mempersiapkan jalan untuk kendaraan ramah lingkungan yang mengandalkan tenaga listrik sebagai tenaga penggerak utamanya. Nah, hal yang berbeda terjadi di Inggris, dimana negeri ini nampak sudah settle dan siap untuk menerima lebih banyak kendaraan listrik.

Mengutip dari laman Carscoops, Inggris lebih dari siap untuk menjadi ekosistem bagi kendaraan ramah lingkungan, karena pada dasarnya mereka sudah memiliki charging station dengan jumlah yang memadai. Bahkan, jumlah charging station di Inggris kini telah mengalahkan jumlah Pompa Bensin alias SPBU. The Three Lions telah memiliki sebanyak 9.300 charging station yang tersebar di seluruh wilayah Inggris, dimana 1.600 unit diantaranya merupakan charging station dengan kemampuan fast charging. Angka ini melonjak drastis dalam tempo beberapa tahun terakhir ini.

Jika mengacu pada data tahun 2011, jumlah charging station di Inggris hanya ratusan unit saja, dan 8 tahun berlalu angka tersebut bertumbuh dengan positif. Di lain pihak, jumlah SPBU yang ada di Inggris malah berkurang. Kini, di Inggris hanya ada 8.400 unit SPBU yang beroperasi, dan angka tersebut sudah turun sebanyak 80% dibandingkan dengan tahun 1970 silam. Nah, publik Inggris sendiri mulai menunjukkan minat yang positif terhadap kendaraan – kendaraan listrik. Walau marketshare mobil listrik masih ada di angka 1,4% saja, namun permintaan akan mobil listrik sudah melonjak sebanyak 158% bulan ini.

Salah satu yang cukup berpengaruh adalah penetapan London sebagai Zona Ultra-Low Emission. Penetapan ini membuat publik di Ibukota Inggris ini beralih ke kendaraan listrik untuk mereka gunakan sehari – hari. Managing Director Nissan UK, Kalyana Sivagnanam menyebutkan bahwa pihaknya turut bergerak mengikuti perkembangan pasar dengan menghadirkan produk yang memiliki jarak tempuh lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Menurutnya, pekerjaan rumah berikutnya adalah memastikan jumlah charging station bisa terus menyesuaikan dengan pertumbuhan mobil listrik di Inggris.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Kami juga berharap Indonesia suatu hari kelak bakal berada di posisi yang sama dengan UK hari ini. Apalagi Perpres mengenai Kendaraan Bermotor Listrik juga sudah disah-kan dan siap menjadi gerbang menuju era elektrifikasi.

Read Prev:
Read Next: