ORA R1, City Car Listrik China Ala Smart ForFour

ORA R1, City Car Listrik China Ala Smart ForFour
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Great Wall Motors sebenarnya pernah terdengar sesaat di Indonesia, mereka sempat menjual double cabin bermuka aneh yang lampu depannya mirip kepunyaan VW Golf Mk5. Kalau di negara asalnya, di China, Great Wall termasuk pemain besar. Manuver terakhir mereka baru-baru ini adalah merilis city car listrik yang digadang-gadang sebagai flagship mereka di bawah sub-brand ORA. Hm, namanya mirip bahasa Jawa ya.

Sudahlah, mari kita lihat mobil lucu bernama ORA R1 ini. Meski namanya mirip sebuah motor sport fairing Yamaha yang sangar, R1 dari China ini tidak ada sangar-sangarnya. Lihat saja bentuknya, imut dengan wajah polos dan paduan warna cerah seperti biru-putih ini mudah menarik perhatian. Desainnya sepintas mirip dengan Smart ForFour atau Renault Twingo, tapi ketahuilah kalau ORA R1 ini adalah mobil listrik.

Menariknya, imej mobil listrik yang biasanya berat karena menggendong baterai dan motor listrik yang juga berat tidak terjadi di sini. ORA R1 ini hanya berbobot 990 kg, atau kurang lebih setara sebuah Suzuki Swift. Rahasia bobot ringannya adalah ia pakai motor listrik kecil, hanya berdaya 35 kW dan itu amat kecil buat sebuah mobil. Sebagai komparasi, motor listrik Zero punya daya di kisaran 25 kW sampai 52 kW.

Perbedaan mencolok antara ORA R1 versi konsep dan produksi massal hanya di desain pelek, selebihnya keduanya cenderung mirip. Interiornya sendiri tidaklah buruk, bahkan elemen desain lingkaran seperti di setir, panel instrumen, kisi AC, persneling dan spionnya malah menguatkan kesan imut mobil ini. Setirnya sendiri ada kemiripan dengan beberapa mobil kecil dari Renault atau Smart, tapi layar sentuh ala tablet di tengah interiornya nampak keren.

Kami sudah bilang bahwa ORA R1 ini dayanya kecil, hanya 35 kW, jadi tak heran kalau top speed mobil ini mentok di 100 km/jam. Sudah ketebak memang, toh city car tidak menjual top speed, sebab Great Wall mengklaim kalau jarak tempuh ORA R1 ini bisa menempuh jarak hampir 240 km menurut siklus WLTP, itu berkat motor listrik kecilnya dan baterai 33 kWh yang diusungnya.

Sesuai kodrat city car yang memang diperuntukkan bagi rakyat kebanyakan, Great Wall mematok harga yang cenderung murah untuk ORA R1 ini. Kisaran harganya adalah 61.800 Yuan hingga 75.800 Yuan, alias kisaran 129,4 juta hingga 158,8 juta Rupiah, sudah termasuk subsidi pemerintah dan garansi 3 tahun/120.000 km untuk seluruh mobilnya dan 8 tahun/150.000 km untuk suku cadang intinya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: