Charge Smartphone di Motor Bikin Aki Soak? Perhatikan Hal Ini!

by  in Berita&Merek Motor&Regional
Charge Smartphone di Motor Bikin Aki Soak? Perhatikan Hal Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Seiring dengan makin cepatnya mobilitas manusia di jaman sekarang, maka kebutuhan akan transportasi dan komunikasi menjadi hal yang wajib setiap harinya. Dan salah satu momok menakutkan bagi mereka yang mobilisasinya tinggi adalah kehabisan daya di gadget atau smartphone mereka. Thank God sekarang sudah ada teknologi pengisian daya di kendaraan, termasuk di motor. Namun, konon kabarnya pengisian daya di motor rentan membuat aki soak. Lantas, bagaimana tips atau cara menghindari hal tersebut?

Jangan Charge Saat Motor Berhenti

Memahami bahwa kebutuhan pengisian daya adalah hal yang esensial di jaman sekarang, Yamaha Jatim alias PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara memberikan kiat bagi pengendara sepeda motor yang ingin melakukan pengisian daya pada ponsel agar aki kendaraan tidak cepat tekor. Perlu diketahui, sejumlah besar motor yang dijual oleh Yamaha saat ini telah dibekali Electric Power Socket atau port pengisian daya smartphone. Khususnya untuk motor yang diandalkan sebagai commuter harian seperti jajaran matik Yamaha maupun Maxi Yamaha. Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart Yamaha STSJ menjelaskan sejumlah kiat supaya penggunaan fitur ini tidak membebani aki motor, bahkan hingga tekor atau soak.

Fitur ini membutuhkan tenaga utama listrik yang dihasilkan oleh aki. Ketika motor dalam keadaan tidak menyala atau kontak hanya on saja, maka aki tidak mendapat listrik pengisian dari regulator rectifier/kiprok, sehingga bisa jadi menciptakan aki yang tekor,” tuturnya. Hal utama yang harus diperhatikan bagi pengendara yang ingin mengisi daya ponselnya melalui electric power socket yaitu pastikan mesin motor dalam keadaan menyala sehingga fungsi dan daya aki tetap optimal. Ketika mesin dalam kondisi mati, fitur ini tentu akan menguras daya dari aki sehingga berpotensi membuat aki tekor. Oleh karenanya, Yamaha menghimbau penggunaan fitur ini akan lebih baik dalam kondisi motor menyala atau sedang berjalan. Pada dasarnya, fitur ini memberikan kemudahan bagi penggunaan kendaraan roda 2. Namun tetap harus digunakan dengan bijak agar kondisi kendaraan tetap prima

Gunakan Dengan Bijak

Oiya, Pastikan hanya ada satu ponsel yang sedang diisi baterainya menggunakan fitur ini. Ketika pengendara mengisi baterai lebih dari satu ponsel, hal ini menyebabkan aki bekerja lebih keras dan ada kemungkinan akan menimbulkan masalah. Yap, fitur ini sementara memang disiapkan untuk pengisian daya satu unit ponsel saja, bukan berjamaah. Kalau mau charge rame – rame, lebih baik lakukan di rumah saja sambil mabar. Selain itu, pastikan tidak mengoperasikan ponsel ketika sedang mengisi daya agar pengisian daya lebih efektif. Selanjutnya, gunakan charger yang sesuai dengan ponsel anda guna menghindari adanya arus pendek dan potensi ponsel rusak. Untuk saat ini Yamaha telah menyematkan electric power socket kepada beberapa motor keluaran terbaru Yamaha seperti Fazzio, Gear 125, All New NMAX, All New Aerox, Lexi, dan Xmax.

Jadi, bagaimana menurut kalian??

Read Prev:
Read Next: