Changhe Beidouxing II 2018, Sisa Jejak Suzuki di China

Changhe Beidouxing II 2018, Sisa Jejak Suzuki di China
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian dengan hadirnya kabar bahwa Suzuki menyerah dengan operasional mereka di China? Yap, kabar tersebut memang sempat menjadi berita panas beberapa waktu lalu, apalagi jikalau merujuk pada status pasar otomotif China yang saat ini menjadi pasar paling besar secara global, tentunya bukan sebuah keputusan yang main – main yang diambil oleh Suzuki. Lalu, pasca cabut dari China, bagaimana nasib dari JV mereka? Ya tetap berjalan, karena JV Suzuki di China juga masing – masing sudah memiliki produk dan merk sendiri.  

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu eks rekan Suzuki di China, yaitu Changhe. Selain Changhe, pihak Suzuki juga membangun rekanan dengan Changan, dan jikalau dibandingkan, sejatinya prestasi dari Changan Suzuki lebih oke jikalau dibandingkan dengan Changhe Suzuki. Namun ada sebuah produk dari Changhe Suzuki yang menarik perhatian kami. Jikalau kalian punya ingatan yang kuat, sejatinya kami sempat membahas mengenai mobil ini sekitar 1 tahun 4 hari yang lalu. Yap, mobil ini adalah Changhe Beidouxing seri 2 yang disebut sebagai Changhe Beidouxing II 2018. Namun memang kala itu kami masih sedikit saja membahas mengenai mobil ini, karena memang mobil tersebut masih belum dirilis resmi kala itu. Saat ini, Changhe Beidouxing II 2018 sendiri sudah dirilis resmi, dan jikalau kalian perhatikan, Changhe Beidouxing II 2018 inilah perwujudan nyata dari Suzuki Karimun Wagon R long wheelbase.

Yap, kita sudah disuguhi sosok dari Karimun Wagon R 7 Seater Concept beberapa tahun lalu, namun hingga saat ini pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih belum merilisnya. Malahan pihak Maruti Suzuki-lah yang terlihat serius dengan mobil ini. Namun menurut kami, pihak SIS pun memang harus timbang menimbang untuk merilis Karimun berpenumpang 7 orang, atau setidaknya 5 + 2 orang. Mengapa? Karena lawannya sudah berat, yaitu duet LCGC 7 seater Astra dan juga Datsun Go+ Panca, jadi sejatinya Karimun 7 Seater sudah lewat momennya. Kembali ke Changhe Beidouxing II 2018, Tampang depan dari mobil ini sangat amat Suzuki Karimun Wagon R GS banget, apalagi jikalau melihat lampunya. Tampangnya jauh dari kata cakep, apalagi jikalau melirik ke sisi samping mobil ini. Yap, sisi sampingnya terkesan kaku dan maksa.

Panjang dari Changhe Beidouxing II 2018 sendiri nampaknya hanya melar sedikit jika dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R, dan hal ini juga yang nampaknya menjadi alasan pihak Changhe untuk menawarkan varian 5 seater saja. Namun untuk urusan mesin, pihak Changhe sedikit lebih unggul dengan opsi mesin berkubikasi 1.400cc yang bertenaga 101 hp dan bertorsi 135 Nm, mirip – mirip dengan spek mesin K15B di All New Suzuki Ertiga walaupun kalah 100cc. Untuk transmisi sendiri, pihak Changhe hanya memberikan varian transmisi manual 5 percepatan. Ada 3 trim di Changhe Beidouxing II 2018 ini, yaitu Premium sebagai varian termurah, Comfort sebagai trim tengah dan Deluxe sebagai trim termahal. Untuk varian Premium, Changhe Beidouxing II 2018 dibekalai fitur ABS, EBD, EPS, dan sistem infotainment dengan layar sentuh 7 inci. Sedangkan varian comfort mendapatkan seluruh fitur di trim bawahnya ditambah airbag di sisi pengemudi.

Cuma airbag? Tentu tidak, ada juga sensor mundur, cruise control, defogger belakang, velg alloywiper belakang, dan lampu kabut depan. Di varian Comfort ini juga hadir LED DRL sebagai opsional. Sedangkan untuk tipe Deluxe akan mendapatkan semua hal di tiper Comfort, ditambah dengan TPMS, airbag untuk penumpang depan, kamera mundur, dan LED DRL. Nah, untuk varian terendah dibanderol dengan harga mulai 108 jutaan Rupiah, tipe tengah dengan harga 117 jutaan Rupiah, dan tipe termahal dengan harga 124 jutaan Rupiah. Nah, bagaimana menurut kalian?

Sumber Gambar : Autohome China

Read Prev:
Read Next: