Suzuki Ingin Jadikan Pasar Indonesia Terbesar Ketiga Setelah India & Jepang

Suzuki Ingin Jadikan Pasar Indonesia Terbesar Ketiga Setelah India & Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Seperti yang kita tahu bahwa Suzuki memang menjadi salah satu merk yang cukup dikenal di Indonesia, baik mobil penumpangnya maupun mobil niaganya yang sangat mudah kita temui di jalanan Indonesia. Namun dengan basisnya yang ada saat ini, Suzuki di Indonesia masih belum menjadi salah satu pasar yang besar untuk pabrikan berlogo S asal Jepang ini.

Dan oleh karena itu, pihak Suzuki Motor Corporation (SMC) memiliki tekad untuk memperbesar pasar Indonesia. Bahkan tak hanya itu, pihak SMC pun berniat untuk menjadikan pasar Indonesia menjadi pasar terbesar ketiga dari Suzuki. Ketiga? Kok nggak pertama? Ya, jelas masih ada pasar Jepang dan Pasar India yang lebih masif penjualannya. Seperti yang kita tahu, penjualan mobil di Jepang hampir 5 kali dari penjualan mobil di sini, dan di India sendiri Suzuki bersama Maruti sudah menjadi raksasa yang sangat dominan, jadi posisi ketiga cukup masuk akal.

Namun untuk menjadikan pasar Indonesia berada di posisi tiga besar, tentunya tak mudah. Selain ada tantangan perihal pengembangan produk dan juga karakter pasar, masih ada juga pesaing terdekat Indonesia yaitu Thailand. Pasar Thailand seperti yang kita tahu juga cukup berkembang dalam hal otomotif. Namun GM Suzuki untuk Indonesia dan Thailand, Shatosi Shimizu mengatakan kepada Kompas bahwa menurutnya pasar Indonesia lebih unggul dibandingkan dengan Thailand. Karena menurutnya potensi terbesar di Thailand cukup terbatas pada segmen pickup, sedangkan di Indonesia lebih luas.

Dari data SMC sendiri, penjualan retail dari Suzuki di paruh pertama fiskal 2017 telah naik 29% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun fiskal 2016. Dan melihat rapor tahun fiskal 2016 yang menunjukkan ada 80 ribu unit kendaraan Suzuki yang terjual di Indonesia, maka pihak SMC sendiri berani mematok target hingga 120 ribu unit di tahun fiskal 2017 alias naik 50% dari tahun sebelumnya. Namun salah satu kelemahan Suzuki di Indonesia menurut Shimizu-san adalah perkara varias produk yang minim produk baru.

Dan oleh karena itu, tak usah kaget jika di tahun 2017 ini Suzuki cukup rajin melakukan update pada produknya, sejauh ini pada tahun 2017 ini sudah ada Suzuki Ertiga Diesel yang berjalan tanpa lawan, Suzuki Ignis, Suzuki Baleno Hatchback, Suzuki Jimny, dan yang terbaru adalah rumor kehadiran Suzuki SX4 S-Cross facelift. Shimizu-san sendiri berjanji akan memboyong produk – produk baru dari Suzuki untuk pasar Indonesia, akankah Suzuki Vitara Brezza? atau malah Hustler? Swift terbaru? Kita nantikan saja ya. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: