Catat! Mulai 2027, Pabrik BMW di Munich Hanya Akan Produksi EV!

by  in  Berita & BMW & BMW
Catat! Mulai 2027, Pabrik BMW di Munich Hanya Akan Produksi EV!
0  komentar

AutonetMagz.com – BMW telah menginvestasikan jutaan dolar ke pabrik utamanya di Munich untuk persiapan menghadapi era full-electric di masa depan. BMW mengatakan pabrik di Munich hanya akan memproduksi kendaraan listrik mulai akhir tahun 2027, dan menghabiskan €650 juta (sekitar Rp 11 triliun) untuk persiapan peralihan tersebut. Sebagai informasi, pabrik andalan tersebut sudah berusia 100 tahun tahun dan pernah memproduksi mesin pesawat terbang dan sepeda motor.

Sudah Mulai Persiapan

Pabrik tersebut mulai memproduksi mobil pada tahun 1952, dan saat ini menjadi rumah bagi backbone penjualan BMW seperti Seri 3. Namun disana mereka juga memproduksi i4 listrik, model tahun lalu menyumbang seperempat dari sekitar 1.000 unit per hari dari produksi keseluruhan pabrik. Model listrik kini menyumbang 15% dari penjualan global BMW dan permintaannya meningkat sebesar 74,4% pada 2023. Diperkirakan, permintaannya akan meningkat lagi ketika BMW Neue Klasse mulai diproduksi.

Menurut perkiraan BMW, kendaraan listrik akan menyumbang 30% dari seluruh penjualan pada tahun 2026. Di tahun tersebut, kabarnya Neue Klasse pertama dan SUV listrik seukuran BMW X3 akan memulai debutnya. BMW juga telah mengosongkan ruang di lokasi Munich untuk membangun SUV dan juga Seri 3 versi listrik yang akan berbagi platform dan powertrain dengan Neue Klasse. Kabarnya, mobil ini aakan diluncurkan setahun kemudian.

Rencana Kedepannya

BMW diperkirakan akan meluncurkan Seri 3 versi internal combustion generasi setelahnya setelah Seri 3 versi listrik hadir yang mengambil basis dari versi terbaru platform CLAR saat ini. Kurang lebih ia akan menggunakan strategi yang sama seperti saat mereka meluncurkan Seri 5. Mengenai di mana tepatnya mobil tersebut akan dibangun masih belum jelas. Namun, salah satu pilihannya adalah pabrik San Luis Potosi di Meksiko, yang telah memproduksi sedan Seri 3 untuk pasar Amerika Utara.

Awalnya, lini produk EV baru tersebut (Neue Klasse) akan dibuat bersamaan dengan model bermesin internal combustion yang ada saat ini di Munich. Untuk memberikan ruang lebih bagi lini model EV baru, BMW telah memindahkan operasi pembuatan mesinnya ke plant Hams-Hall di Inggris dan Steyr di Austria. Mereka juga membangun empat gedung baru di Munich, termasuk jalur perakitan dan bengkel baru.

Read Prev:
Read Next: