BYD Tang EV600 : SUV Listrik Cakep Dengan Tenaga 720 hp & 990 Nm Asal China

by  in Berita&BYD&International
BYD Tang EV600 : SUV Listrik Cakep Dengan Tenaga 720 hp & 990 Nm Asal China
0  komentar

AutonetMagz.com – Sudah cukup lama sejak terakhir kali kami membahas mobil milik BYD yang usianya masih baru. Yap, terakhir kali kami membahas BYD Qin Hybrid dan BYD Song Max Hybrid yang punya spesifikasi yang overkill, kalau unit armada Bluebird bukan mobil yang sepenuhnya baru ya karena BYD e6 sudah cukup berumur. Nah, kali ini kami akan membahas satu buah SUV listrik murni yang tak hanya mengusung spesifikasi dewa, namun juga punya tampang yang rupawan. Inilah BYD Tang EV600.

Jika BYQ Qin adalah sebuah Sedan, dan BYD Song Max adalah sebuah MPV, kali ini BYD Tang adalah sebuah SUV. Bentuk dari BYD Tang EV600 masih meneruskan desain khas BYD yang diberi nama ‘Dragon Face’. Lampu depannya sipit dengan LED DRL berbentuk huruf C dan 3 buah lampu protektor. Sedangkan grille BYD Tang EV600 bentuknya cukup besar dengan aksen ala 3D dan bentuk ala grille Hyundai. Oiya, ada aksen ala solid wing face Honda di wajah mobil ini, namun lebih tipis dan berlabur krom yang sejatinya terlihat manis. Aksen ini memanjang hingga ke sudut terluat lampu, bak alis Naga.

Bumper depannya sporty dan cenderung minimalis dengan aksen berkelir hitam dan silver tanpa adanya lampu kabut. Skid plate berkelir silver juga ada di sisi depan mobil ini, menemani kap mesin yang punya lekuk tegas. Pindah ke samping, kami bak melihat sosok SUV Mazda yang diberi sentuhan ala Lexus, dan Audi. Dan menariknya, velg yang digunakan oleh BYD Tang EV600 ini ukurannya pas, tak seperti mobil China lainnya yang agak kurang besar. Di sisi samping, BYD Tang EV600 menggunakan spion yang kami rasa agak kebesara, namun sudah dilengkapi lampu sein LED.

Nah, di sisi samping inilah terlihat ada banyak aksen krom, di sisi atas dan bawah garis jendela, di side skirt, dan juga di ujung bumper belakang. Agak over, namun masih cukup oke. Pindah ke belakang, lampu belakang dari BYD Tang EV600 ini sangat mirip milik Audi Q8. Lampu ini mendapatkan lekuk-lekuk dan detail yang cukup baik sehingga terasa modern dan premium. Oiya, slogan BYD yaitu ‘Build Your Dreams‘ berbentuk emblem diposisikan di bawah lampu belakangnya. Bumper belakangnya simpel saja, dan ada rear spoiler, shark fin antenna, dan roof rail.

Masuk ke dalam, mata kita akan langsung tertuju pada sebuah layar sistem infotainment besar di sisi tengah dan juga layar panel instrumen digital yang ukurannya juga jumbo. Setirnya menggunakan model flat bottom dengan bentuk palang 3 dan berlapis kulit, dan secara umum dashboard-nya minimalis dan agak kaku dengan perpaduan warna abu – abu dan silver. Konsol tengahnya minimalis, tak ada controller AC yang kami curiga dipindahkan ke layar segede gaban itu. Tuas persnelingnya futuristis khas mobil ramah lingkungan, dan menariknya, layar besar di sisi tengah bisa diputar menjadi posisi potrait.

Masih di sisi interior, bangku supir sudah elektrik dengan pengarutan di door trim khas mobil Jerman, sudah ada sunroof berukuran jumbo, ada juga kisi AC untuk bangku baris kedua, kursinya sudah berlapis kulit, dan karena body bongsor dan konfigurasi 5-Seater, mobil ini memiliki bagasi yang sangat luas. Lalu, untuk urusan dapur pacu, BYD Tang EV600 mengandalkan motor elektrik sebanyak 2 buah dengan spesifikasi yang berbeda. Motor pertama bertenaga 240 hp dengan torsi 330 Nm, dan motor kedua memiliki tenaga maksimal 480 hp dengan torsi 660 Nm. Kalau dijumlah, power sharing BYD Tang EV600 bertenaga 720 hp dengan torsi 990 Nm, edan.

Jadi, bagaimana menurut kalian sosok electric beast asal Tiongkok ini?? Yuk sampaikan pendapat kalian. Oiya, kalian juga bisa baca mengenai BYD Song Max, sang adik dengan tenaga 446 hp dan torsi 740 Nm disini ya.

Sumber : Autohome China

Read Prev:
Read Next: