BYD SongMPV, MPV Rupawan Cina Penantang Toyota Innova

BYD SongMPV, MPV Rupawan Cina Penantang Toyota Innova
0  komentar

AutonetMagz.com – Di gelaran Shanghai Auto Show 2017 lalu, hadir banyak pabrikan roda empat dengan membawa jagoan baru masing – masing guna dipertontonkan ke publik. Namun, tentu yang cukup menarik adalah ragam mobil asli negeri Tiongkok, karena disana adalah lahan domestik mereka untuk berkarya dan memberikan model sebaik mungkin yang bisa mereka buat. Dan benar saja, para pabrikan lokal Cina tak berpangku tangan melihat pabrikan asing membawa mobil baru, mereka pun turut memperkenalkan mobil baru mereka. Dan yang cukup menarik mata adalah sebuah MPV milik BYD, yaitu BYD SongMPV.

Jika anda melihatnya dari depan, mungkin anda akan setuju bahwa mobil ini cocok menjadi seteru dari Toyota Innova. Secara dimensi, dan juga keagresifan desainnya pun bisa disandingkan dengan MPV jagoan Toyota tersebut. Sosok desainer tentu punya peran besar di belakang mobil ini, dan benar saja, Wolfgang Egger, mantan desainer SEAT dan Alfa Romeo-lah yang mengepalai divisi desain untuk mobil ini.

Sebenarnya mobil ini sudah diberitakan sejak akhir tahun lalu, dan menyandang nama BYD M5, namun di peluncurannya mobil ini mendapatkan nama BYD SongMPV. Anda mungkin mengira kami typo pada penulisan nama mobil ini dengan tidak adanya jarak antara kata “Song” dan “MPV”, namun tidak, mobil ini memang bernama SongMPV, bukan Song MPV.

Mari kita lihat detail dari MPV yang rupawan ini. Dari sisi depan, penggunaan lampu yang meruncing dengan garis yang tegas tentu memberikan kesan yang agresif untuk sebuah MPV. Selain itu, lampu depannya terlihat sudah mengadopsi model LED, dan bentuknya sekilas saja memiliki sedikit kemiripan bentuk dengan Toyota Innova. Selain itu, bilah grill bagian atas miliknya menyambung hingga ke sisi atas lampu depan seperti Honda Civic Turbo dan Toyota Altis facelift. Sedang secara keseluruhan, bentuk grill trapezoidal milik BYD SongMPV sekali lagi mengingatkan kita pada grill milik Toyota Innova.

Dari sisi samping, mobil dengan panjang 4,860 meter ini terlihat cukup cantik pula. Menggunakan velg dengan model multi-spoke dan spion yang sudah dilengkapi dengan lampu penunjuk arah, serta pilar B hingga pilar D yang diberikan warna hitam. Sedangkan di sisi belakang, MPV ini mendapatkan chrome yang memanjang di atas lampu belakangnya. Ada pula sensor parkir 4 titik, antena model shark fin, dan juga kamera mundur. Bumper belakang mobil ini juga terlihat cukup rapi dengan warna hitam dan dua mata kucing serta sedikit lis chrome.

Di sisi dalam, mobil ini menawarkan konfigurasi penumpang 2 + 3 + 2, jadi totalnya adalah 7 penumpang, standar saja. Namun yang menyita perhatian tentunya adalah layar di konsol tengah yang cukup besar. Namun belum ada rilis resmi terkait berapa ukuran dari sang layar head unit miliknya. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan jok kulit sebagai standar.

Mobil ini akan menggendong mesin 1.500 cc turbo dengan tenaga 154 hp yang akan diberikan dua buah pilihan pada transmisinya, yaitu 6 percepatan manual, dan 6 percepatan DCT, pilihan yang menarik. Selain mesin turbonya, BYD juga memberikan kabar bahwa akan ada mesin hybrid dengan tenaga hampir dua kali lipat versi standarnya, yaitu 303 hp yang akan diperkenalkan tahun 2018. Mobil ini sendiri siap untuk dijual di pasar negeri tirai bambu pada paruh kedua tahun ini.

Jadi, kini pabrikan Cina telah berinovasi, tak hanya sekedar meniru mentah – mentah seperti yang sempat beredar, namun juga mulai mencetak jagoan mereka sendiri. BYD SongMPV adalah lawan yang cukup pantas bagi sang legenda Toyota Innova. Bagaimana menurut kalian? komentar di bawah ya.

Read Prev:
Read Next: